Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Resonansi Suara Dan Misalnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan perihal arti resonansi, resonansi gelombang bunyi, pengertian resonansi, resonansi bunyi, pola resonansi, kejadian resonansi, percobaan resonansi bunyi, garbu tala, dan resonansi suara.

Pengertian Resonansi

Pernahkah kau memerhatikan beling jendela yang bergetar saat ada bunyi petir, padahal beling jendela yang lain tidak bergetar? Gejala ikut bergetarnya suatu benda sebab getaran benda lain disebut resonansi.

Dalam kehidupan sehari-hari, resonansi memegang peranan sangat penting. Suara dawai gitar dan beruk (sejenis kera) terdengar keras sebab adanya kejadian resonansi.

Resonansi sebuah benda akan terjadi jikalau benda tersebut mempunyai frekuensi sama dengan benda yang sedang bergetar. Misalnya, pada garpu tala.

1. Resonansi udara

Coba dengarkan bunyi garpu tala yang digetarkan di atas tabung udara? Jika getaran yang didengar lebih kuat, ini menawarkan adanya resonansi dari udara di dalam tabung. Mari kita lakukan acara berikut ini.

1. Isi gelas pengukur dengan air sampai tinggi kolom udara kira-kira 30 cm dari atas lisan gelas.

2. Getarkan garpu tala di atas gelas ukur. Dengarkan dengung garpu tala. Sambil menggetarkan garpu tala, isi gelas ukur dengan air sedikit demi sedikit. 

Cari kedudukan air dalam gelas ukur di mana dengung garpu tala terdengar paling keras (berarti udara dalam gelas ukur beresonansi dengan garpu tala). Ukur panjang udara dalam gelas ukur.

3. Ulangi beberapa kali sehingga terdengar dengung paling berpengaruh lagi. Ukur panjang udara dalam gelas ukur.

Dari hasil percobaan yang teliti diketahui bahwa resonansi terjadi jikalau tinggi kolom udara di dalam tabung merupakan kelipatan ganjil dari ¼ panjang gelombang.

Jadi, syarat supaya terjadi resonansi I yaitu panjang kolom udara = ¼ λ, syarat supaya terjadi resonansi II yaitu panjang kolom udara = ¾ λ, syarat supaya terjadi resonansi III yaitu panjang kolom udara = 1 ¼ λ dan seterusnya.

2. Resonansi selaput tipis

Bagian yang sangat penting pada indera pendengaran kita dalah gendang pendengaran. Bagaimana jikalau gendang pendengaran kita rusak?

Selaput gendang sangat gampang beresonansi. Jika ada bunyi dari luar yang masuk lewat lubang indera pendengaran maka selaput gendang pendengaran akan bergetar.

Dengan adanya getaran ini, terjadilah resonansi. Akibat resonansi, kita sanggup mendengar bunyi-bunyi di sekitar kita.

Dari uraian di atas, sanggup disimpulkan bahwa syarat terjadinya resonansi adalah

a. frekuensinya sama;

b. ada selaput tipis;

c. ada ruang udara yang panjangnya sama dengan bilangan ganjil ¼  kali panjang gelombang.

3. Resonansi sanggup memperkuat bunyi asli

Bunyi yang dihasilkan garpu tala bahu-membahu tidak terlalu keras. Namun, saat terjadi resonansi dengan kolom udara, bunyi garpu tala menjadi cukup nyaring terdengar.

Di sekitar selaput bunyi insan terdapat udara. Ketika selaput bunyi bergetar, udara ini akan ikut bergetar. Getaran udara ini akan menimbulkan bunyi insan terdengar nyaring.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal arti resonansi Pengertian Resonansi Bunyi dan Contohnya Lengkap
Gambar: Alat-alat yang Bekerja Berdasar Prinsip Resonansi

Robert Moog

Robert Moog lahir di New York, 1934. Pada masa kecilnya, beliau diarahkan sang ayah untuk menggali dunia elektronik dengan mempelajari piano. Semasa remaja, Moog sudah tertarik dengan alat musik elektronik. 

Moog yaitu penemu papan tuts yang secara elektronik sanggup menjiplak beraneka ragam bunyi musik, termasuk terompet dan dawai. Alat ini dikenalkan kepada publik pada tahun 1964 dengan nama synthesizers. Pada usia 71 tahun, Moog meninggal dunia di Asheville.

4. Kerugian jawaban resonansi

Tidak selamanya resonansi menguntungkan. Bunyi ledakan bom yang sangat keras sanggup menimbulkan getaran yang sanggup meruntuhkan gedung-gedung.

Getaran kereta api yang lewat mengakibatkan bagian-bagian rumah yang ada di pinggir rel ikut bergetar. Jika hal ini terjadi terus-menerus dan dalam waktu yang usang maka rumah akan cepat rusak.

Baca juga: Bunyi Hukum Pemantulan Bunyi
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Resonansi Suara Dan Misalnya Lengkap"