Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Modernisasi Berdasarkan Para Ahli

Masyarakat yang mengalami perubahan menuju modernisasi akan ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan baru. Manusia mempunyai kemampuan yang semakin meningkat dalam memahami rahasia-rahasia alam dan sanggup menerapkan pengetahuan ini dalam banyak sekali kegiatannya.

Masyarakat yang modern tolong-menolong juga merupakan hasil kekerabatan antara majunya tingkat rasionalitas dalam mengkaji kebudayaan.

Beberapa Pendapat Mengenai Modernisasi

Untuk menghindari kesimpangsiuran pengertian dan kekeliruan dalam menafsirkan istilah modernisasi, beberapa hebat mencoba mendefinisikan pengertian modernisasi sebagai berikut.
menuju modernisasi akan ditandai dengan berkembangnya ilmu pengetahuan gres Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli
Modernisasi

a. Astrid S. Susanto

Modernisasi adalah proses pembangunan kesempatan yang diberikan oleh perubahan demi kemajuan.

b. Widjojo Nitisastro

Modernisasi mencakup suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi, serta organisasi sosial ke arah pola-pola hemat dan politis.

c. Soerjono Soekanto

Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya merupakan perubahan sosial yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasa disebut dengan social planning.

d. Louis Irving Horowitz

Modernisasi yang nonideologis intinya merupakan suatu istilah teknologi, bukan istilah penilaian. Ia menyangkut penggantian tenaga kerja insan oleh mesin-mesin. Modernisasi berkaitan dengan komunikasi info dalam tempo cepat, pemindahan orang dan barang dengan cepat, dan lain-lain.

e. Harold Rosenberg

Modernisasi mengacu pada urbanisasi atau hingga sejauh mana dan bagaimana erosi sifat-sifat pedesaan suatu masyarakat akan berlangsung.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Modernisasi Berdasarkan Para Ahli"