Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fasilitas Dan Misalnya Lengkap

Berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat menuntut adanya penyesuaian. Bentuk dari penyesuaian yang sanggup dilakukan oleh warga masyarakat dalam menghadapi perubahan sosial diantaranya yakni dengan asimilasi dan akomodasi.

Pengertian Akomodasi

Berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat menuntut adanya pembiasaan Pengertian Akomodasi dan Contohnya Lengkap
Akomodasi
Menurut Soerjono Soekanto, istilah akomodasi digunakan dalam dua arti, yaitu sebagai suatu keadaan dan proses.

Sebagai suatu keadaan, kemudahan diartikan sebagai kenyataan adanya suatu keseimbangan kekerabatan antarindividu atau kelompok dalam berinteraksi.

Sebagai suatu proses, kemudahan dimaksudkan sebagai perjuangan insan untuk meredakan atau menghindari konflik dalam rangka mencapai kestabilan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, akomodasi adalah pembiasaan sosial dalam interaksi antara langsung dan kelompok insan untuk meredakan pertentangan.

Dalam arus perubahan sosial yang sangat deras, muncul tuntutan dan penyesuaian-penyesuaian baru. Apabila tuntutan dan pembiasaan gres itu kurang atau bahkan tidak sanggup diterima dan tidak dilakukan, akan menjadikan guncangan sosial dalam masyarakat.

Guncangan-guncangan tersebut membawa potensi bagi munculnya disintegrasi. Proses kemudahan bergotong-royong merupakan upaya untuk mencari terobosan terhadap banyaknya tuntutan dan kontradiksi dalam masyarakat.

Secara sosiologis, kemudahan sebagai upaya penyelesaian konflik mempunyai tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dihadapi, contohnya untuk mengurangi konflik antarindividu atau kelompok sebagai akhir perbedaan paham, untuk mencegah meledaknya konflik untuk sementara waktu, dan semoga terjadi kolaborasi antarkelompok sosial yang saling terpisah akhir faktor sosial psikologis.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Fasilitas Dan Misalnya Lengkap"