Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Deposito, Tabungan Dan Giro Serta Kredit Rekening Koran

Pembahasan kali ini ialah perihal produk-produk perbankan, baik berupa simpanan maupun derma (kredit). Sekaligus dijelaskan perihal bentuk-bentuk simpanan, pengertian giro, pengertian tabungan, pengertian deposito dan bentuk-bentuk kredit.

Produk-Produk Perbankan

Sebagai forum mediator antara masyarakat yang membutuhkan dana (kelompok peminjam) dengan masyarakat yang mempunyai kelebihan dana, produk utama perbankan adalah kredit dan simpanan.

Lembaga perbankan juga mempunyai produk-produk yang bervariasi demi memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat akan jasa keuangan.

Produk-produk perbankan secara umum ialah sebagai berikut.

1) Simpanan

Setiap hari kau mungkin mendapat uang saku dari orang tuamu. Sebagai siswa yang cendekia berhemat, kau niscaya menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung.

Dengan menabung, kau telah mempunyai cadangan uang untuk kebutuhan pada masa depan atau kebutuhan mendadak. Kamu sanggup menabung dengan membuka rekening salah satu bank di daerahmu.

Bentuk-bentuk simpanan

Bentuk-bentuk simpanan di bank umum sebagai berikut.

a) Giro

Giro merupakan simpanan dari nasabah yang sanggup ditarik setiap ketika dan sanggup dipakai sebagai alat pembayaran. Pengambilan uang oleh nasabah dilakukan dengan menuliskan cek atau bilyet giro.

b) Tabungan

Tabungan merupakan simpanan nasabah yang sanggup diambil setiap saat. Dengan teknologi ATM, tabungan sanggup diambil dalam waktu 24 jam.

c) Tabungan Berjangka (Deposito)

Tabungan berjangka merupakan bentuk simpanan yang jangka waktu penarikannya telah ditentukan, contohnya setiap satu bulan, tiga bulan, enam bulan, satu tahun, atau dua tahun.

Jika nasabah ingin mengambil sebelum jatuh tempo, bunga yang sudah menjadi haknya akan hilang.
Pembahasan kali ini ialah perihal produk Pengertian Deposito, Tabungan dan Giro serta Kredit Rekening Koran
Ilustrasi Deposito

2) Kredit

Dana yang dihimpun oleh bank tentu tidak hanya disimpan atau didiamkan. Dana tersebut akan disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit atau derma yang berupa ibarat berikut.

a) Kredit Rekening Koran

Kredit rekening koran ialah kredit yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jaminan dari kredit ini ialah surat-surat berharga dan barang-barang bergerak (harta tetap).

b) Kredit Surat-Surat Berharga

Kredit yang diberikan bank kepada nasabah untuk membeli surat-surat berharga. Jaminannya ialah surat-surat berharga yang dipegang oleh bank.

c) Kredit Reimburs (Letter of Credit)

Kredit reimburs ialah derma yang diberikan suatu bank kepada nasabah dengan cara membayar harga pembelian suatu barang. Ini dilakukan sehabis penjual menawarkan bukti pengiriman barang. Biasanya dilakukan dalam transaksi internasional.

d) Kredit Aksep

Aksep ialah surat yang menyatakan baiklah atau sepakat untuk membayar utang yang ditandatangani debitur (peminjam). Jadi, kredit aksep ialah kredit yang diberikan bank dengan cara menandatangani aksep yang ditarik kepada nasabah.

e) Kredit Dokumenter

Kredit yang diberikan bank atas jaminan dokumen yang diserahkan bank. Biasanya dokumen yang diberi kredit ialah surat pengiriman barang yang telah disetujui oleh kapten kapal pengangkut.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Deposito, Tabungan Dan Giro Serta Kredit Rekening Koran"