Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Teladan Soal Pangkat Tak Sebenarnya

Berikut ini yakni pembahasan ihwal pangkat tak bersama-sama yang mencakup pangkat tak sebenarnya, pengertian pangkat tak sebenarnya, pola pangkat tak sebenarnya, pola soal pangkat tak sebenarnya, soal pangkat tak sebenarnya.

Pada awal SMP, kau telah mempelajari bilangan berpangkat positif. Pada pembahasan ini, bahan tersebut akan dibahas lebih dalam dan dikembangkan hingga dengan bilangan berpangkat negatif, nol, dan pecahan.

Dalam kehidupan sehari-hari, perhitungan bilangan berpangkat banyak digunakan. Contohnya sebagai berikut. Frekuensi gelombang televisi 1056 putaran per detik. Jika besar frekuensi sinar X 10.000 kali frekuensi gelombang televisi, berapa besar frekuensi sinar X?

Untuk menjawabnya, kau sanggup memakai alat pengukur besar frekuensi suatu gelombang, yaitu osiloskop. Secara matematis, besar frekuensi sinar X sanggup ditentukan memakai sifat perkalian bilangan berpangkat yang akan dibahas pada pembahasan ini. Oleh alasannya itu, pelajarilah bahan ini dengan baik.

Pengertian Pangkat Tak Sebenarnya

Istilah bilangan berpangkat mungkit kita sering mendengarnya, namun bagaimana dengan pangkat tak sebenarnya? Apakah yang dimaksud dengan pangkat tak sebenarnya?
Pangkat Tak Sebenarnya adalah bilangan berpangkat dengan pangkat yang berupa bilangan negatif, nol dan pecahan.

Macam-macam Contoh Pangkat Tak Sebenarnya

Sebagaimana definisi di atas ihwal pangkat tak bersama-sama disebutkan bahwa yang termasuk pankat tak bersama-sama yakni pangkat negatif, pangkat nol dan pangkat pecahan.

1. Pangkat Negatif

Bilangan berpangkat negatif yakni bilangan yang memiliki nilai pangkat negatif dan untuk mengubah pangkat negatif menjadi konkret maka akan berkembang menjadi satu per dari bilangan itu.
Contohnya;
  • 5-2 = 1/52 = 1/25
  • 7-2 = 1/72 = 1/25

2. Pangkat Nol

Bilangan berpangkat nol yakni bilangan yang memiliki nilai pangkat nol, dan setiap bilangan yang dipangkatkan 0 (nol) jadinya yakni 1 (satu).
Contohnya;
  • 50 = 1
  • 80 = 1

3. Pangakt Pecahan

Bilangan berpangkat pecahan yakni bilangan yang memiliki nilai pangkat potongan dan bentuk pangkat potongan itu sama artinya dengan bentuk akar.
Contohnya;
Berikut ini yakni pembahasan ihwal pangkat tak bersama-sama yang mencakup pangkat tak seb Pengertian dan Contoh Soal Pangkat Tak Sebenarnya


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Teladan Soal Pangkat Tak Sebenarnya"