Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Rumus Gaya Berat Beserta Rujukan Soal Gaya Berat

Pada pembahasan sebelumnya telah dikupas tuntas tetang gaya gesek, mulai dari pengertian gaya gesek, rumus gaya gesek hingga pada contoh soal gaya gesek. Kali ini akan dijelaskan perihal pengertian gaya berat, rumus gaya berat dan pola soal gaya berat.

Pengertia Gaya Berat

Pada ketika kau menimbang sesuatu benda, apa yang kau ukur, berat benda atau massa benda? Apa yang dimaksud dengan berat benda? Bagaimana relasi antara berat sebuah benda dengan massanya?

Gravitasi bumi mengakibatkan setiap benda akan selalu jatuh ke bumi selama masih berada dalam medan gravitasi bumi. Jadi, berat benda yakni gaya gravitasi yang dialami benda itu. Samakah berat benda di setiap daerah di bumi?

Makin besar massa benda, makin besar juga beratnya. Massa benda di mana pun berada selalu tetap, sedangkan berat benda sebanding dengan massa benda dan percepatan gravitasi yang di dalamnya.
Pada pembahasan sebelumnya telah dikupas tuntas tetang gaya gesek Pengertian dan Rumus Gaya Berat beserta Contoh Soal Gaya Berat
Gambar: Gaya Berat

Rumus Gaya Berat

Secara matematis sanggup dituliskan sebagai berikut.
w = m g
Keterangan:
w = berat benda (N)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi (m/s2)

Contoh Soal Gaya Berat

Benda bervolume 20 cm3, massa 160 g, g di khatulistiwa = 9,8 m/s2, dan di kutub g = 10 m/s2. Berapakah berat benda di khatulistiwa dan di kutub?

Pembahasan

Diketahui:
m = 160 g = 0,16 kg
V = 20 cm3 = 2 x 10-5 m3
gkhatulistiwa = 9,8 m/s2
gkutub = 10 m/s2

Ditanya :
w di khatulistiwa dan w di kutub = ...?

Jawab:
wkhatulistiwa = m gkhatulistiwa
= 0,16 x 9,8
= 1,568 N

wkutub = m gkutub
= 0,16 x 10
= 1,6 N

Demikian pembahasan singkat perihal pengertian gaya berat, rumus gaya berat dan pola soal gaya bearat beserta pemahasannya, supaya bermanfaat.

Baca juga: Pengertian dan rumus gaya gesek
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Rumus Gaya Berat Beserta Rujukan Soal Gaya Berat"