Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Rumus Cepat Rambat Suara Di Udara Serta Pola Soal Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Berikuti ini merupakan pembahasan perihal pengertian cepat rambat bunyi, rumus cepat rambat suara di udara, pola soal cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang, rumus panjang gelombang, gelombang bunyi, rumus frekuensi gelombang, rumus memcari cepat rambat gelombang, sifat sifat bunyi, rumus gelombang bunyi, resonansi suara dan rumus kecepatan rambat gelombang.

Pengertian Cepat Rambat Bunyi

Apakah suara memerlukan waktu untuk perambatannya? Bunyi akan merambat melalui udara dengan kecepatan tertentu sehingga suara memerlukan waktu untuk sanggup hingga ke pengamat.

Rambatan suara di udara ialah rambatan gelombang. Seperti halnya gelombang, suara juga merambat di udara dengan laju tertentu. Cepat rambat bunyi ialah jarak yang ditempuh oleh suara tiap satuan waktu.
V = s : t
Keterangan:
v = cepat rambat suara (m/s)
s = jarak yang ditempuh (m)
t = waktu tempuh (s)
Berikuti ini merupakan pembahasan perihal pengertian cepat rambat suara Pengertian dan Rumus Cepat Rambat Bunyi di Udara serta Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang Bunyi
Gambar: Rumus Cepat Rambat Bunyi

Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Ledakan petasan terdengar 4 sekon sesudah terlihat percikan api. Berapa laju rambat suara di udara ketika itu jikalau jarak antara petasan dengan pengamat 1,2 km? (laju rambat cahaya di udara diabaikan)

Pembahasan

Diketahui: rambatan suara petasan di udara
t = 4 s
s = 1,2 km = 1.200 m

Ditanya: v = ...?
V = s : t
    = 1.200 m : 4 s
    = 300 m/s
Jadi, laju rambat suara di udara ketika itu ialah 300 m/s.

Laju rambat suara di udara berbeda-beda pada suhu yang berbedabeda. Moll dan Van Beek menyelidiki laju suara di udara dengan cara berikut.

Di atas dua bukit yang berjarak 17 km ditempatkan sebuah meriam. Percobaan dilakukan pada malam hari supaya terlihat nyala api yang keluar dari verbal meriam sewaktu ditembakkan.

Dengan mencatat selisih waktu antara nyala api yang terlihat dan suara yang terdengar, orang sanggup memilih waktu yang diharapkan suara untuk merambat dari satu bukit ke bukit yang lain. Menurut pengamatan, selisih waktu itu 50 detik.

Dengan memakai rumus berikut ini.
V = s : t
Maka
V = 17.000 m : 50 s
    = 340 m/s

Waktu yang dipakai cahaya untuk merambat dari satu bukit ke bukit lain sanggup diabaikan alasannya laju cahaya jauh lebih besar daripada laju bunyi. Samakah laju suara di udara pada aneka macam suhu? Berdasarkan penyelidikan, tiap kenaikan suhu 1oC, laju suara di udara bertambah 0,6 m/s.

Jadi, laju suara terhadap suhu sanggup dirumuskan sebagai berikut.

vt = v0 + 0,6 t
vt = laju pada toC
v0 = laju pada 0oC

Baca juga: Karakteristik Gelombang Bunyi
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Rumus Cepat Rambat Suara Di Udara Serta Pola Soal Cepat Rambat Gelombang Bunyi"