Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Fungsi Lambung


Pada peluang ini, saya akan mengulas sedikit ihwal ventrikulus atau lebih kita kenal dengan nama “lambung” yang ialah salah satu alat pencernaan masakan pada manusia. Kira-kira dimana ya letak lambung pada manusia? Untuk menjawaban pertanyaan itu mari kita bercermin sejenak.  Kemudian coba teman erat perhatikan bab kiri dari rongga perut teman dekat,tepatnya sebelah kiri di bawah sekat rongga badan. Disitulah letak dan posisinya lambung, Lambung ini terbagi lagi menjadi 4 bagian,yaitu:

  • Pada bab atas ada kardia yang ialah pintu masuk masakan dari kerongkongan
  • Kemudian di baagian tengah terdapat fundus yang bentuknya membulat Lalu setelah bab fundus terdapat badan lambung 
  • Dan Pada bab bawah terdapat pilorus yaitu kawasan yang berafiliasi dengan usus halus (duodenum).


      Untuk mengetahui bagaimana letak pada bagian-bagian lambung tersebut silahkan teman erat lihat gambar di bawah ini.

      Letak bagian-bagian Lambung


      Makanan yang masuk dari mulut, dikala hingga di lambung pribadi dicerna secara kimiawi (prosesnya berlangsung selama beberapa jam). Terdapat dua klep (sfinger) di kedua ujung lambung yang berfungsi menjaga masakan supaya tetap berada di dalam lambung. Dinding lambung tersusun dari tiga lapisan otot, yakni otot melingkar, memanjang, dan menyerong. Kontraksi dari ketiga gerak otot tersebut menjadikan terjadinya gerak peristaltik (gerak menggelombang). Lalu apa dong fungsinya otot-otot pada dinding lambung ini? Mungkin itu yakni salah satu pertanyaan yang tersirat di dalam benak teman dekat. Baiklah, saya akan menerangkannya, Otot-otot yang menyusun dinding lambung akan memamenolong memecahh masakan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi, kemudian dikala ketiganya berkontraksi dan terjadi gerak pristaltik, masakan akan diaduk-aduk sehingga bercampur dengan getah lambung yang disekresikan oleh dinding lambung. Nah lho, darimana hadirnya getah lambung ini? Tenang aja teman dekat, getah lambung ini tidak muncul begitu saja, Getah lambung ini dihasilkan oleh jaenteng epitel yang menyusun lambung, dan sifat getah ini sangat asam (pH = 2). Getah lambung terdiri dari :
      Air
      Asam Lambung yang berperan sebagai pembunuh mikroorganisme dan mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin.
      Enzim Pepsin yang berfungsi menghidrolisis protein menjadi molekul-molekul peptida.
      Enzim Renin yang berfungsi mengubah keseinogen menjadi kasein.
      Enzim Lipase yang berfungsi mengubah trigliserida menjadi asam lemak dan protein.
      Artikel Penunjang : Pengertian, Sifat, Fungsi dan Macam Macam Enzim

        Masih penamasukan kah teman erat apa dampak dari kerja enzim-enzim tersebut? Atau bagaimana cara bagian-bagian lambung ini bekerja, dan berapa usang mereka bekerja? Jika rasa penamasukan itu benar adanya, maka silahkan terus baca postingan ini, tingga sedikit lagi kok J.

        Makanan yang hadir tadi akan berubah menajdi bubur di dalam lambung, tidakboleh resah teman dekat, ini terjadi alasannya yakni hasil dari kerja enzim dan pelumatan oleh otot lambung, masakan yang sudah menjadi bubur ini disebut Chyme (kim). Sekarang yang berperan untuk melanjutkan proses pencernaan itu yakni bab pilorus yang mengatur pengeluaran kim bertahap ke dalam duodenum. Tekniknya, otot pilorus yang mengarah ke lambung akan relaksasi (mengendur) jikalau tersentuh kim yang bersifat asam. Sebaliknya, otot pilorus yang mengarah ke doudenum akan berkontraksi (mengerut) jikalau tersentuh kim. melaluiataubersamaini cara ini masakan melewati pilorus segumpal demi segumpal meuju ke duodenum sehingga makan sanggup tercerna secara efektif. Sesudah hingga 2 hingga 5 jam, lambung kembali kosong, dan memulai prosesnya kembali dikala kita juga mengisi perut kembali (makan maksudnya).
                 
        Nah bagi teman erat yang lapar gara-gara membaca postingan ini, silahkan makan dulu supaya lambung kalian ikut bekerja. Sehingga kalian masih betah baca postingan di Atap Ilmu.blogspot.com ini, walaupun masih banyak belum sempurnanya di blog ini sih. Tapi apa salahnya untuk sekedar membaca supaya ilmu pengetahuan kita bertambah, mungkin disinlah kalian menemukan pengetahuan yang berguna. Jika ada pertanyaan atau masukan yang berafiliasi dengan postingan kali ini silahkan isikan di kolom komentar, supaya kita sanggup diskusi di sini.

        Sumber https://www.softilmu.com

        Post a Comment for "Pengertian Dan Fungsi Lambung"