Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Kamu telah memahami peranan forum keuangan, terutama lembaga perbankan dalam perekonomian. Lembaga perbankan menyediakan jasa-jasa keuangan yang mendukung dan mempermudah banyak sekali transaksi ekonomi, termasuk acara perdagangan internasional.

Saat ini hampir tidak ada transaksi perdagangan internasional yang tidak menggunakan jasa perbankan.

Pada pembelajaran berikut ini kau akan memahami lebih jauh mengenai perdagangan internasional.

Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan proses pertukaran barang dan jasa antara negara yang satu dengan negara yang lain.

Perdagangan internasional lebih rumit dibandingkan perdagangan dalam negeri alasannya ialah melintasi batas-batas negara dan berafiliasi dengan pemerintah negara lain.

Mengapa suatu negara perlu melaksanakan perdagangan internasional dengan negara lain? Faktor-faktor pendorongnya sebagai berikut.

a. Perbedaan Harga

Setiap negara memiliki perbedaan tingkat kemampuan produksi baik secara kuantitas, kualitas, maupun jenis produksinya. Hal ini akan mengakibatkan perbedaan harga.

Misalnya, negara A bisa memproduksi lebih murah daripada negara B sehingga bisa menjual produknya ke negara B. Dengan demikian, akan terjadi transaksi perdagangan antara negara A dan negara B.

b. Perbedaan Kondisi Geografis

Perbedaan kondisi geografis sanggup berupa perbedaan suhu, kelembapan, kesuburan tanah, dan curah hujan yang akan menghipnotis jenis produk yang dihasilkan.

Perdagangan internasional memungkinkan terjadinya pertukaran barang-barang yang tidak bisa dihasilkan di negara sendiri alasannya ialah adanya perbedaan letak geografis.
jasa keuangan yang mendukung dan mempermudah banyak sekali transaksi ekonomi Pengertian Dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional

c. Perbedaan Teknologi

Teknologi terkait dengan cara-cara mengkombinasikan banyak sekali faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Teknologi yang lebih canggih atau lebih maju akan menghasilkan barang dan jasa secara lebih efisien.

Akan tetapi, perkembangan teknologi tidak sama antarsatu negara dengan negara lainnya. Negara-negara maju menyerupai Amerika Serikat dan negara-negara Eropa umumnya telah mencapai tingkat perkembangan teknologi yang tinggi.

Negara-negara berkembang, termasuk negara kita masih tertinggal sehingga perlu mengadakan perdagangan untuk memperoleh manfaat dari kemajuan teknologi.

d. Perbedaan Selera

Selera sanggup memainkan peranan penting dalam memilih undangan terhadap suatu barang di banyak sekali negara.

Contohnya sangat gampang ditemukan di masyarakat perkotaan, yaitu saat mereka menggunakan baju, tas, atau sepatu bermerek internasional.

Selera mereka telah bergeser dari produk-produk lokal ke produk-produk buatan luar negeri sehingga undangan terhadap produk impor meningkat.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Faktor Pendorong Perdagangan Internasional"