Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri, Dan Macam - Macam Pantun

Salamat hadir di Softilmu, blog yang menyebarkan pengetahuan dengan penuh keikhlasan.
Pada peluang kali ini, kami akan membagikan ilmu tentang PANTUN, beberapa point penting yang akan kami bahas yaitu Pengertian Pantun, Ciri – Ciri Pantun, dan Macam - Macam Pantun. Langsung saja ya.. 

A. PENGERTIAN PANTUN
Pantun ialah puisi melayu usang orisinil indonesia yang terdiri dari sampiran dan isi dengan rima a-b-a-b. Kata “Pantun” berasal dari bahasa jawa kuno yaitu tuntun, yang berarti mengatur atau menyusun. Pantun yaitu sebuah karya yang tidak spesialuntuk mempunyai rima dan irama yang indah, namun juga mempunyai makna yang penting. Pantun awalnya ialah karya sastra indonesia usang yang diungkapkan secara lisan, namun seiring berkembangnya zaman kini pantun mulai diungkapkan tertulis.
Artikel Penunjang : Pengertian, Unsur,Ciri – Ciri Puisi
Pantun ialah karya yang sanggup menghibur sekaligus mendidik dan menegur. Pantun ialah ungkapan perasaan dan pikiran, alasannya yaitu ungkapan tersebut disusun dengan kata-kata hingga sedemikian rupa sehingga sangat menarikdanunik untuk didengar atau dibaca. Pantun menawarkan bahwa indonesia mempunyai ciri khas tersendiri untuk mendidik dan memberikan hal yang bermanfaa.
SUMBER GAMBAR KLIK DISINI

B. CIRI –CIRI PANTUN
  • Pantun Memiliki Bait, setiap bait pantun disusun oleh baris – baris. Satu bait terdiri dari 4  baris.
  • Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
  • Setiap baris terdiri dari 4 – 6 kata.  
  • Setiap bait pantun terdiri atas sampiran dan isi. Baris pertama dan kedua ialah sampiran, baris ketiga dan keempat ialah isi. (Walaupun sampiran tidak bekerjasama pribadi dengan isi, namun lebih baik apabila kata – kata pada sampiran ialah cerminan dari isi yang hendak disampaikan)
  • Pantun Bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b atau sajak lain)

Penting : Ciri – ciri pantun ialah yang ada di atas, kita harus mengenali ciri – ciri pantun semoga sanggup membedakannya dengan puisi usang yang lain. contohnya ada yang menyampaikan bahwa terdapat pantun 2 baris, dan itu ialah pendapat yang keliru, alasannya yaitu yang dua baris tersebut yaitu karya puisi usang yang disebut Gurindam.
Artikel Penunjang : Pengertian,Unsur, Struktur, dan Jenis – Jenis Kalimat
C. MACAM – MACAM PANTUN
1. Berdasarkan Siklus Kehidupan (usia)  :
  • Pantun Anak – Anak, yaitu pantun yang bekerjasama dengan kehidupan pada masa kanak – kanak. Pantun ini sanggup menggambarkan makna suka cita maupun sedih cita.
  • Pantun Orang Muda, yaitu pantun yang bekerjasama dengan kehidupan pada masa muda. Pantun ini biasanya bermakna tentang perkenalan, Hubungan Asmara dan rumah tangga, Perasaan (kasih akung, iba, iri, dll), dan nasib.
  • Pantun Orang tua, yaitu pantun yang bekerjasama dengan Orang Tua. Biasanya tentang Adat Budaya, Agama, Nasihat, dll.
2. Berdasarkan Isinya :
  • Pantun Jenaka, yaitu pantun yang mencakupkan tentang hal – hal lucu dan menarikdanunik.
  • Pantun Nasihat, yaitu pantun yang mencakupkan tentang nasihat, bertujuan untuk mendidik, dengan mempersembahkan hikmah tentang moral, kecerdikan perkerti, dll.
  • Pantun Teka – Teki , yaitu pantu yang mencakupkan teka teki, dan biasanya pendengar atau pembaca didiberi peluang untuk mengira teka – teki pantun tersebut.
  • Pantun Kiasan, Pantun yang mencakupkan tentang kiasan yang biasanya untuk memberikan suatu hal secara tersirat.

DAFTAR PUSTAKA
Trianto, Agus. 2007. Pembahasan Tuntas Bahasa Indonesia. Penerbit : Erlangga.
Waridah, Ernawati. 2012. Pedoman Umum EYD. Jakarta : Cmedia.
Tim Guru Indonesia. 2011. Target Menguasai Pelajaran SD Kelas 4. Jakarta : Cmedia.


Nah itulah pembahasan pada artikel kali ini tentang PANTUN, praktis – gampangan ilmunya sanggup bermanfaa. Apabila masih ada hal yang belum dimengerti, silahkan ditanyakan  pada kotak komentar. Kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih sudah berkunung. Sering – sering mampir di Softilmu. 

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Ciri, Dan Macam - Macam Pantun"