Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Angkatan Kerja

Setelah mengertahui pengertian tenaga kerja dan macam-macam jenis tenaga kerja, maka sebaiknya kita juga mengetahui apa yang dimaksud dengan bukan angkatan kerja, atau pengertian angkatan kerja yang menganggur dan angkatan kerja yang bekerja.

Coba bandingkan dua rujukan berikut ini.

a. Sitompul ialah anak yang berusia 19 tahun. Ia tidak lagi sekolah alasannya ialah keterbatasan biaya. Kemudian Sitompul bekerja menjadi buruh pabrik untuk membantu orang tuanya.

b. Arif gres lulus sekolah Sekolah Menengan Atas tahun kemarin. Ia ingin sekali bekerja namun hingga ketika ini ia belum mendapat pekerjaan. Ia telah memasukkan lamaran pekerjaan di banyak sekali perusahaan tetapi belum ada satu pun yang memanggilnya.

 maka sebaiknya kita juga mengetahui apa yang dimaksud dengan bukan angkatan kerja Pengertian Angkatan Kerja
Foto: Contoh angkatan kerja

Berdasarkan rujukan di atas, manakah yang termasuk angkatan kerja? Kedua rujukan di atas termasuk angkatan kerja.

Pengertian Angkatan Kerja

Dengan demikian, angkatan kerja sanggup didefinisikan sebagai penduduk yang berada dalam usia kerja yang bekerja ataupun belum bekerja namun siap untuk bekerja maupun sedang mencari pekerjaan.

Besarnya jumlah angkatan kerja dipengaruhi oleh jumlah penduduk, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan usia kerja.

Angkatan kerja terdiri atas orang yang bekerja dan menganggur. Penduduk yang bekerja ialah penduduk yang melaksanakan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa untuk memperoleh penghasilan.

Adapun pengangguran adalah orang yang tidak bekerja dan sedang mencari pekerjaan. Pengangguran merupakan duduk perkara yang sering dihadapi oleh pemerintah.

Baca juga: Macam-macam Sistem Ekonomi
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Angkatan Kerja"