Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Materi Penyedap Rasa Alami Tanpa Msg (Monosodium Glutamat) Dan Penyedap Buatan Pada Makanan

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan ihwal materi penyedap makanan, baik penyedap rasa alami tanpa MSG dan penyedap kuliner buatan, ibarat Monosodium Glutamat (MSG) dll.

Bahan Penyedap Makanan

Mengapa kuliner sering kurang sedap meskipun telah diberi bumbu? Untuk memberi rasa lebih sedap pada makanan, komplemen materi penyedap kuliner perlu diberikan. Ada 2 jenis materi penyedap makanan, yaitu penyedap rasa dan aroma (flavour) serta penguat rasa (flavour enhancer).

Bahan Penyedap dan Penguat Rasa Alami

Bahan penyedap rasa dan aroma terdiri dari materi alami dan sintetis. Bahan penyedap alami, contohnya aroma apel dan nanas yang merupakan senyawa amil kaproat. Senyawa ini banyak dipakai pada kue-kue kering, ibarat kuliner ringan anggun nastar.

Bahan penguat rasa alami, ibarat terasi, garam dapur sebagai penguat rasa asin, dan asam jawa sebagai penguat rasa asam yang merupakan bahan-bahan yang mengandung asam asetat (cuka).

Senyawa benzaldehid menghasilkan aroma cherry dan almond. Senyawa vanilin menjadikan aroma vanili, senyawa diasetil menjadikan aroma mentega, senyawa mentol menjadikan aroma mint, senyawa eugenol menjadikan aroma cengkeh, senyawa sitronela menjadikan aroma bunga-bungaan, ester amilasetat menjadikan aroma pisang, dan benzalsetat menjadikan aroma stroberi.

Bahan Penyedap dan Penguat Rasa Buatan

Senyawa-senyawa tersebut merupakan materi penyedap aroma buatan atau sintetis. Beberapa pola lainnya, yaitu asam butinat, etil laktat, dan metil salisilat. Penyedap aroma apa yang sering dipakai ibumu?

MSG (Monosodium Glutamat)

Bahan penguat rasa yang banyak digunakan, yaitu monosodium glutamat (MSG) atau dikenal dengan nama bumbu masak atau vetsin. MSG dibentuk dari sari tetes tebu yang difermentasi oleh basil khusus.

MSG mempunyai sifat tidak berbau, rasanya anggun campur asin, terasa enak di mulut, sanggup menekan aroma bawang, dan mempunyai rasa sayuran atau rasa pahit pada kuliner kalengan. Apakah ibumu memakai MSG sebagai penguat rasa pada masakannya?

MSG tidak terlalu berbahaya asalkan pemakaiannya terbatas. Pemakaian yang berlebihan sanggup menjadikan gejala-gejala pusing, sakit perut, sakit pada persendian terutama leher dan punggung, serta sesak napas. Ambang batas pemakaian MSG yang diijinkan yakni 50 mg/kg per hari. Beberapa pola materi penyedap buatan yang lain, yaitu asam guanilat dan asam inosinat.
Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan ihwal materi penyedap kuliner Macam-macam Bahan Penyedap Rasa Alami Tanpa MSG (Monosodium Glutamat) dan Penyedap Buatan pada Makanan
Monosodium Glutamat (MSG)

Penemuan MSG

Prof. Kikunae Ikeda yakni seorang guru besar di Universitas Kerajaan Tokyo Jepang yang berjasa menemukan MSG. Pria kelahiran 8 Oktober 1864 ini terusik pikirannya oleh rasa makanan.

Menurutnya, ada satu rasa yang umum terdapat pada asparagus, tomat, keju, dan daging, tetapi bukan salah satu dari empat rasa yang telah dikenal, yaitu manis, asam, pahit, dan asin.

Prof. Kikunae Ikeda menemukan bahwa monosodium glutamate (MSG) mempunyai sifat sebagai benda yang abadi disimpan dan memberi rasa yang berpengaruh dan lezat.

MSG menjadi bumbu yang ideal sebab tidak berbau atau bentuk teksturnya yang spesifik sehingga menjadikannya sanggup dipakai untuk banyak sekali menu yang berbeda dan secara alami bisa meningkatkan selera makan.

Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Macam-Macam Materi Penyedap Rasa Alami Tanpa Msg (Monosodium Glutamat) Dan Penyedap Buatan Pada Makanan"