Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Peredaran Darah Manusia

Beberapa gangguan yang menyerang peredaran darah sanggup disebabkan antara lain oleh kerusakan alat peredaran darah atau oleh kuman penyakit, ibarat kuman dan virus. Berikut ini ialah beberapa gangguan atau penyakit yang menyerang peredaran darah:

1. Anemia ialah penyakit kekurangan sel darah merah. Sel darah merah diproduksi terus-menerus tulang dandapat bertahan selama 120 hari. Produksi sel darah merah pada penderita anemia kurang dari jumlah normal. Penyebabnya ialah :

  1. Kekurangan zat besi atau kekurangan b12
  2. Ada ganguan di sum sum tulang
  3. Ada kelainan pada sel darah merah

Gejala-gejala penderita anemia ialah muka terlihat pucat, gampang lelah, sakit kepala, timbul bulat hitam di sekitar mata, jantung berdebar-debar, dan sesak nafas. Penderita anemia harus bnyak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung zat besi, serta vitamin b12. Pada penderita anemia yang parah, pengobatan dilakukan dengan tranfusi darah dan pembagian obat-obatan.

2. Leukimia atau kanker darah ialah penyakit kelebihan sel darah putih. Penyebab leukemia belum diketahui pasti. Beberapa kemungkinan penyebab leukemia, yaitu virus, terkena radiasi, atau kelainan pada sel. Gejala yang dialami penderita leukemia ialah yaitu kekurangan sel darah merah, kelelahan, berat bdan berkurang, gampang lecet, dan merasa nyeri pada tulang.
Penderita leukemia sanggup sembuh, meskipun pengobatan pada leukemia memerlukan perawatan yang intesif dan biaya yang cukup tinggi.

3. Hipertensi (tekanan darah tinggi), Penyakit yang ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah bila diukur dengan alat pengukur tekanan darah yaitu Tensimeter. Gejalanya : terasa nyeri di kepala, jantung berdebar-debar, sesak napas ketika melaksanakan pekerjaan berat dan tubuh lemah. Hipertensi kemungkinan disebabkan oleh faktor keturunan, kurang berolahraga, atau kelebihan berat tubuh (obesitas)

4. Wasir (ambeyen), yaitu pelebaran pada pembuluh darah akrab anus yang disebabkan lantaran duduk lama.

5. Varises, yaitu pembesaran/pembengkakan pembuluh darah balik dibagian kaki.

6. Hemofilia, yaitu darah sukar membeku ketika luka.

7. Penyakit jantung bawaan. yaitu kelainan pada jantung semenjak lahir sehingga darah dari serambi kiri mengalir ke serambi kanan.

8. Pembuluh nadi mengeras, Penyebabnya : kelebihan zat kapur, lemak, kolesterol, dan gula dalam tubuh.

Cara Memelihara Kesehatan Alat Peredaran Darah

1. Olahraga yang teratur, namun tidak berlebihan. Olahraga akan bermanfaat kalau sesuai dengan kondisi tubh dan usia. Olahraga yang sesuai menjadikan jantung bekerja dengan baik dan peredaran darah lebih lama.

2. Tidak memakan makanan yang berlemak.

3. Istirahat yang cukup

4. Makan makanan yang bergizi. Kurangi makanan yang mengandung lemak. Beberapa jenis lemak sanggup menjadikan menyumbatkan pembuluh darah. Usahakan selalu mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengadung serat. Serat membantu mencegah penyumbatan lemak dipembuluh darah.

5. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri lingkungan rumah tangga, sekolah, atau daerah kerja.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Gangguan Peredaran Darah Manusia"