Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Dan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan Badan Manusia

Pembahasan kali ini yaitu ihwal ancaman rokok bagi kesehatan, efek rokok terhadap kesehatan manusia, dampak negatif merokok, tanggapan merokok, ancaman merokok bagi pelajar, imbas dan ancaman rokok serta ancaman asap rokok bagi ibu hamil.

Pengaruh Rokok terhadap Kesehatan Manusia

Tahukah kau bahwa menghisap asap rokok orang yang merokok lebih berbahaya bagimu daripada bagi si perokok itu sendiri?

Asap utama yaitu asap rokok yang terhisap eksklusif masuk ke paru-paru perokok, kemudian dihembuskan kembali. Asap sampingan yaitu asap rokok yang dihasilkan ujung rokok yang terbakar.

Baca juga: Sistem Pernapasan Pada Manusia

Kandungan Rokok

Udara yang mengandung asap rokok sanggup mengganggu kesehatan sebab asap rokok mengandung zat-zat berbahaya, yaitu diantaranya sebagai berikut.

1. Tar, mengandung materi kimia beracun yang sanggup merusak sel paru-paru dan meyebabkan kanker.

2. Karbon monoksida, gas beracun yang sanggup mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen.

3. Nikotin, salah satu jenis obat perangsang yang sanggup merusak jantung dan sirkulasi darah. Nikotin menjadikan pemakainya kecanduan.

Pembahasan kali ini yaitu ihwal ancaman rokok bagi kesehatan Dampak dan Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Gambar: Rokok dan Racun yang Dikandungnya

Para ilmuwan telah menerangkan bahwa zat-zat kimia dalam asap rokok sanggup menghipnotis orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif sanggup meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner.

Lebih dari itu, menghisap asap rokok orang lain sanggup memperburuk kondisi pengidap penyakit angina (nyeri dada tanggapan penyempitan pembuluh darah pada jantung), asma, dan alergi terhadap asap rokok. Gejala-gejala yang sering tampak, yaitu iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk, dan sesak napas.

Bahaya asap rokok bagi ibu hamil

Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif berarti menyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, nanah telinga, hidung, dan tenggorokan.

Merokok juga sanggup mengakibatkan kanker paru-paru dan kanal pencernaan, bronkitis, dan penyakit jantung yang berujung pada kematian.

Hasil penelitian mengatakan bahwa kebiasaan merokok sanggup mengurangi masa hidup seseorang kurang lebih 4 tahun. Data WHO menyebutkan bahwa tiga dekade lagi kurang lebih 10 juta orang akan mati setiap tahun tanggapan merokok.

Banyak orang tahu ancaman merokok, tetapi banyak yang tidak peduli. Melihat bahaya-bahaya yang sanggup ditimbulkan rokok, perlu dilakukan hal-hal berikut ini.

1. Mengkomunikasikan dan gosip ihwal ancaman merokok baik bagi si perokok eksklusif maupun perokok pasif;

2. Menyediakan tempat-tempat khusus bagi orang yang merokok biar yang bukan perokok tidak terkena dampak negatifnya.;

3. Jangan merasa segan untuk menegur perokok, kalau kalian merasa terganggu.

Baca juga: Gangguan Sistem Pernapasan
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Dampak Dan Ancaman Merokok Bagi Kesehatan Badan Manusia"