Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi

Pembahasan kali ini yakni wacana menarasikan teks wawancara, rujukan mengubah teks wawancara menjadi narasi, rujukan narasi wawancara, rujukan teks wawancara menjadi narasi, dan rujukan wawancara dalam bentuk narasi, serta rujukan teks narasi.

Teks wawancara merupakan bentuk penyajian info berupa tanya jawab antara pewawancara dan narasumber. Untuk menceritakan atau memberikan kembali hasil wawancara kepada orang lain, teks wawancara perlu diubah dalam bentuk narasi. Narasi merupakan bentuk karangan pengisahan suatu dongeng atau kejadian.

Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi

Agar kau sanggup menarasikan teks wawancara dengan baik, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Bacalah teks wawancara dengan cermat.

2. Catatlah pokok-pokok isi wawancara.

3. Buatlah pengantar ke arah isi wawancara.

4. Narasikan isi wawancara dengan berbagi pokok-pokok isi.

5. Lengkapilah narasi dengan pecahan penutup.

Contoh Teks Narasi

Perhatikan rujukan berikut!

Operator AS Tawarkan Layanan Pencari Lokasi
Penelepon pun Terdeteksi
Oleh R Bambang Aris S

"Hei, halo kau lagi di mana sih?" Begitu pertanyaan yang sering terlontar ketika kita bertelepon dengan teman. Pertanyaan yang sebetulnya sangat biasa itu sepertinya bakal segera jadi tak biasa lagi.

Hal ini sanggup menjadi kenyataan bagi sementara pengguna ponsel di AS karena salah satu operator di sana sudah merintis layanan gres berupa pelacak posisi lawan bicara. Operator tersebut, Sprint, menggandeng Loopt, sebuah perusahaan yang berbasis di California untuk menyediakan layanan pelacak posisi itu.

Layanan ini memanfaatkan fitur GPRS yang ada di sejumlah ponsel resmi dari Sprint. Pada prinsipnya, layanan ini secara otomatis memperlihatkan lokasi orang-orang yang sudah dimasukkan ke dalam data jaringan langsung pengguna telepon di mana lokasi itu ditunjukkan pada peta yang ditampilkan di ponsel. Bahkan, layanan Loopt ini akan memperlihatkan sinyal kalau orang yang dicari berada dalam posisi yang sangat dekat. Pengguna juga sanggup menambahkan gambar atau video sebagai suplemen penanda.


Pembahasan kali ini yakni wacana menarasikan teks wawancara Contoh Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi
Gambar: Pendeteksi Lokasi Penelpon

Muncul juga kekhawatiran, apakah pengungkapan lokasi ini sanggup mengakibatkan kerawanan? Namun layanan ini tetap berdasarkan kesepakatan. Pengungkapan lokasi ini hanya akan berada di lingkup jaringan langsung khusus korelasi atau sobat dekat. Layanan ini juga sanggup dinonaktifkan untuk orang-orang tertentu atau untuk semuanya.

Meski layanan menyerupai ini sebetulnya bukan hal yang terlalu baru, namun berdasarkan Chris Hazelton dari forum riset industri IDC, sanggup benar-benar memperlihatkan perubahan pada cara berkomunikasi alasannya yakni melibatkan pemain telekomunikasi kelas besar, yaitu Sprint." Segmen yang akan dicapai melalui layanan ini akan lebih luas dan kuat di pasar," katanya. "Jadi, model gres jaringan sosial yang berbasis identifikasi lokasi lewat ponsel akan sanggup tersebar lebih luas," imbuhnya.

Hazelton menilai pula, ketika ini kalangan muda pengguna ponsel dan gadget sudah cukup digemari acara berdasarkan indentifikasi lokasi sehingga mereka sanggup jadi pasar yang elok untuk layanan ini. Lagi pula ponsel CDMA yang merupakan bidang layanan Sprint juga semuanya sudah dilengkapi sensor GPS, begitu juga dengan ponsel yang digunakan operator lain menyerupai Alltel dan Verizon." Kalangan bisnis juga niscaya akan banyak mengambil manfaat dari layanan ini untuk memantau tim yang ada di lapangan," katanya.

Tapi Chris mengingatkan pula bahwa tidak semua orang ingin diketahui keberadaannya setiap saat. "Memang layanan ini sanggup dinonaktifkan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, tapi apakah orang jadi tidak terganggu juga dengan itu?" ujarnya.

Di Amerika Serikat, layanan ini akan terasa sangat penting bagi para orang renta yang ingin terus memantau posisi bawah umur mereka. Mereka pun bekerja sama dengan sejumlah forum pemerhati keamanan teknologi info di AS macam Famili Online Safety.org dan Cyber Safety Advisor Board.

Solopos, 22 Juli 2007 (dengan pengubahan)

Berdasarkan teks Bacaan di atas, paragraf pertama merupakan paragraf pengantar, paragraf kedua hingga selanjutnya merupakan paragraf inti, dan pragraf terakhir merupakan paragraf penutup.

Baca juga: Mengubah Tabel menjadi Narasi
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Cara Mengubah Teks Wawancara Menjadi Narasi"