Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Menciptakan Dan Langkah-Langkah Menulis Teks Berita

Pembahasan kali ini yaitu perihal pola teks berita, pola naskah gosip singkat, cara menulis teks berita, langkah-langkah menulis gosip dan cara menciptakan teks berita, serta pola teks gosip singkat.

Menulis gosip merupakan suatu upaya memberikan kabar atau sebuah informasi mengenai sesuatu hal atau insiden dalam bentuk tertulis. Seorang penulis gosip yang baik sanggup menuliskan sebuah gosip dengan lengkap dan komunikatif, sehingga pembaca gosip sanggup memahami segala sesuatu yang disampaikan dalam gosip tanpa kesulitan dan tanpa adanya kesalahan tafsir.

Apakah semua insiden sanggup atau layak untuk dijadikan sebuah berita? Seorang penulis gosip akan menentukan mana insiden atau perihal yang layak untuk dijadikan berita.

Hal ini bertujuan biar apa yang dituliskan benar-benar bermanfaat bagi orang atau masyarakat pembaca. Apakah kalian juga demikian? Tentu dalam menulis berita, kalian harus sanggup menentukan gosip yang sanggup menambah wawasan dan pengetahuan.

Contoh Ilustrasi Berita

Simaklah teks ilustrasi berikut sebagai materi tumpuan kalian!
Minggu ini, kelompok diskusi kau mendapat kiprah untuk mengisi kolom gosip pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin di aula kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya berlangsung pekan raya karya penemuan ilmiah sains dan teknologi tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Provinsi Irian Jaya. Pameran yang diadakan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.

Langkah-langkah Menulis Berita

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk meliput insiden tersebut menjadi sebuah gosip yaitu mencatat semua informasi berkaitan dengan unsur-unsur kelengkapan berita.

Adapun kelengkapan dalam sebuah gosip mencakup unsur-unsur pertanyaan (5W+1H) apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana, terkait isi berita.
Pembahasan kali ini yaitu perihal pola teks gosip Contoh Cara Membuat dan Langkah-langkah Menulis Teks Berita
Langkah-langkah menulis teks berita
Berkenaan dengan ilustrasi di atas, pola informasi-informasi yang sanggup kalian catat untuk memenuhi unsur kelengkapan gosip di antaranya berikut ini.

1. Apa insiden yang terjadi?
– Pameran karya penemuan ilmiah sains dan teknologi tingkat Sekolah Menengah Pertama se-Provinsi Irian Jaya.

2. Siapa sajakah yang terlibat dalam insiden tersebut?
– Siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama seluruh Provinsi Irian Jaya.
– Gubernur dan pejabat yang terkait.

3. Kapan insiden tersebut terjadi?
– Bertepatan dengan Hardiknas.

4. Di mana insiden itu berlangsung?
– Di Aula Kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya.

5. Mengapa insiden tersebut diperlukan?
– Sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antarsekolah, serta perkembangan iptek.

6. Bagaimana berlangsungnya insiden tersebut?
– Sangat menarik perhatian dan banyak mendapat respons konkret dari banyak pihak.

Selain memerhatikan unsur-unsur kelengkapan gosip di atas, dalam penulisan gosip perlu juga kalian perhatikan penggunaan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini juga bertujuan biar pembaca gampang memahami gosip yang kalian sampaikan.

Contoh Teks Berita Singkat

Berdasarkan beberapa informasi yang telah kalian catat, kalian sanggup menyusun informasi-informasi tersebut menjadi sebuah berita, ibarat berikut ini.

Peringatan Hardiknas di Provinsi Irian Jaya tahun ini benar-benar lain. Hampir seluruh perhatian manusia pendidikan se-Irian Jaya tertuju pada Aula Kantor Depdiknas Provinsi Irian Jaya. Ada apakah kiranya?

Momen Hardiknas di Provinsi Irian Jaya tahun ini dimanfaatkan oleh seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama se-Irian Jaya sebagai ajang sabung kreativitas sains dan teknologi. Sungguh luar biasa. Acara yang dibuka pribadi oleh Bapak Gubernur ini, bisa memberikan betapa besar tingkat kreativitas remaja-remaja Sekolah Menengah Pertama di provinsi ini. 

Beberapa karya yang dipajang di stan masing-masing sekolah benar-benar mengambarkan bahwa mereka layak mendapat acungan jempol. Beberapa hasil karya-karya mereka yang banyak menarik perhatian di antaranya rancangan dan miniatur kapal selam, teknologi mengolah limbah, pengolahan lahan modern, tips pengawetan ikan, dan beberapa karya lainnya. 

“Kegiatan semacam ini sangat perlu untuk terus digalakkan dan mendapat dukungan. Selain sanggup mengasah keterampilan para dewasa di bidang sains dan teknologi, acara ini sanggup menjadi wahana bertukar pengalaman antarsekolah. Hal yang jelas, acara ini sangat bermanfaat bagi perkembangan generasi muda, pendidikan, dan kemajuan bangsa,” komentar Gubernur seusai mengunjungi salah satu stan peserta.

Baca: Contoh Teks Berita Singkat
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Contoh Cara Menciptakan Dan Langkah-Langkah Menulis Teks Berita"