Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Pernapasan Hewan

Hewan-hewan mempunyai alat pernapasan yang berbeda. Ada binatang yang bernapas dengan paru-paru. Ada binatang yang bernapas dengan insang. Beberapa jenis binatang mempunyai alat pernapasan khusus yang tidak dimiliki binatang lain Antara lain :

1. CACING
Mengapa cacing ditempat lembab dan berair ? Hal ini bekerjasama dengan pernapasan cacing. Cacing bernapas dengan seluruh permukaan kulit. Kulit cacing ini harus selalu lembap biar pertukaran udara sanggup terjadi. Inilah yang menimbulkan cacing lebih suka tinggal di kawasan yang lembab dan berair.

2. SERANGGA
Serangga misalanya lalat, nyamuk, belalang, kupu-kupu dan rayap, bernapas dengan system trakea. Sistem trakea ini terdiri dari spirakel , tabung trakea dan trakeol. Spirakel yakni lubang-lubang kecil pada tubh serangga. Pada belalang, Kamu sanggup melihatnya dibagian sebelah kiri dan kanan tubuhnya. Funfsi spirakel yakni kawasan udara masuk dan keluar badan serangga. Tabung trakea yakni jalan masuk udara yang punya bentuk ibarat tangga. Treakeol adlah saluran-saluran yang sangat kecil dan merupakan ujung trakea. Udara yang masuk ke spirakel mengalir melalui trakea, trakeol gres kemudian masuk ke sel-sel tubuh. Serangga berukuran besar yang aktif mempunyai alat pernapasan khusus kantong hawa. Kantong hawa berfungsi untuk meningkatkan kecepatan masuk dan keluar udara.

3. IKAN
Ikan bernapas memakai insang yang tersusun atas empat pasang lengkung insang. Masing-masing lengkung mempunyai dua baris filamen yang tersusun atas lempengan pipih disebut dengan lamela. Lamela meningkatkan luas permukaan respirasi yang tersusun atas membran tipis dan banyak mengandung jaringan kapiler pembuluh darah sempurna dibawahnya.

Sebagian besar ikan mempunyai insang internal, alasannya yakni ditutupi oleh operkulum sehingga tak tampak dari luar. Semua jenis ikan bertulang keras (ikan mas, gurame, dll) mempunyai operkulum. Sedang beberapa ikan mempunyai tipe insang eksternal alasannya yakni tidak mempunyai epilog insang (operkulum) sehingga celah insangnya tampak dari luar, ibarat pda hiu, pari.

4. KATAK
Diantara semua binatang yang ada, sistem pernapasan pada katak yakni yang paling menarik, itu pendapat langsung sih. Secara binatang yang satu ini mempunyai beberapa pergantian sistem. Kata muda atau biasa di sebut berudu bernapas dengan memakai insang di dalam air. Setelah lebih kurang berumur 12 hari, Insang luar di ganti dengan insang dalam. Sementara sesudah dewasa, kata bernapas dengan memakai selaput rongga mulut, paru - paru dan kulit. Lebih terperinci perihal prosedur pernapasan pada katak akan di jelaskan secara singkat ibarat berikut ini:
Selaput rongga mulut
Selaput rongga verbal pada katak sanggup berfungsi sebagai alat pernapasan alasannya yakni tipis dan terdapat banyak kapiler. Saat faring dan rongga verbal bergerak, lubang hidung terbuka tertutup sehingga udara sanggup masuk mulut.

Baca Lainnya:


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Alat Pernapasan Hewan"