Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Optik Kamera, Lup (Kaca Pembesar) Dan Mikroskop Beserta Jenis-Jenis Mikroskop

Berikut ini merupakan pembahasan wacana artikel alat optik, mulai dari alat optik kamera, alat optik lup (kaca pembesar), alat optik mikroskop, bagian-bagian mikroskop dan fungsinya, alat optik teleskop, mikroskop binokuler dan mikroskip optik.

1. Kamera (alat pemotret)

Pernahkah kau memakai kamera? Kamera terdiri atas sebuah lensa cembung, diafragma, dan film. Lensa pada kamera sanggup diubah-ubah letaknya sedemikian biar bayangan yang dibuat lensa selalu terletak sempurna pada film. Kertas film terbuat dari cellulose yang dilapisi perak bromina (AgBr).

AgBr mempunyai sifat jikalau terkena sinar matahari atau sinar lampu akan menjadi hitam sehabis diproses. Jadi, sehabis film diproses, benda berwarna putih akan menjadi hitam. Sebaliknya, benda hitam akan menjadi putih. Oleh alasannya ialah itu, film dikatakan negatifnya.

Untuk menciptakan positifnya atau gambar potret, negatif film dicetak pada kertas potret. Untuk mengatur banyak sinar yang masuk ke dalam kamera dipakai diafragma, yaitu semacam celah yang sanggup diatur besar kecilnya. Sifat bayangan yang dibuat kamera ialah nyata, terbalik, dan diperkecil.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana artikel alat optik Alat Optik Kamera, Lup (Kaca Pembesar) dan Mikroskop beserta Jenis-jenis Mikroskop
Gambar: Bagian-bagian Kamera

Kamera Digital

Kamera digital adalah kamera yang mengoperasikannya dengan sistem digital. Kamera ini tidak memakai film dalam bentuk rol, melainkan memakai kartu memori (memory card).

Gambar-gambar yang sudah terbentuk dalam kamera sanggup dihapus secara otomatis alasannya ialah pada kamera ini dilengkapi dengan banyak sekali sarana.

Misalnya, mendekatkan gambar, menghapus gambar, dan menggerakkan gambar. Untuk mencetak gambar foto yang dihasilkan, kamera ini dihubungkan dengan komputer. Di dalam komputer, gambar foto sanggup diperbesar atau diperkecil sesuai dengan yang dikehendaki.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana artikel alat optik Alat Optik Kamera, Lup (Kaca Pembesar) dan Mikroskop beserta Jenis-jenis Mikroskop
Gambar: Kamera Digital Tercanggih di Dunia

Tokoh "Louis Daguerre" Penemu Kamera

Tahun 1787, Daguerre dilahirkan di kota Cormeilles, Prancis Utara. Profesi seniman pernah digelutinya sewaktu muda. Ketika berumur 30-an, beliau merancang “dioragma” barisan lukisan pemandangan yang dipertunjukkan dengan santunan efek cahaya. 

Pada dikala penggarapan pekerjaan tersebut, beliau tertarik untuk melukiskan pemandangan tanpa memakai kuas atau cat. Kamera, itu yang dimaksudnya.

Menjelang tahun 1837, beliau berhasil menyebarkan sebuah sistem simpel fotografi yang disebutnya “daguerreotype”. Penemuannya tersebut dipublikasi pada tahun 1839. Dia meninggal di kota asalnya bersahabat Paris pada tahun 1851.

2. Lup (Kaca Pembesar)

Pernahkah kau memakai lup? Lup atau yang sering disebut surya kanta atau beling pembesar tersusun dari sebuah lensa cembung. Biasanya, lup dipakai untuk mengamati benda-benda yang kecil. Salah satu pola orang yang memakai lup ialah tukang reparasi jam.

Benda yang diamati dengan lup diletakkan di antara fokus dan lensa sehingga bayangan yang terbentuk bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Jika mata mengamati benda dengan berakomodasi maksimum, bayangan terletak di titik dekatnya. Jika mata tidak berakomodasi, bayangan terletak di titik jauhnya.

3. Mikroskop

Mikroskop adalah alat untuk mengamati benda-benda yang sangat kecil. Mikroskop mempunyai dua lensa cembung, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.

Lensa objektif ialah lensa yang bersahabat dengan objek atau benda yang akan diamati. Lensa okuler ialah lensa yang bersahabat dengan mata pengamat. Jarak antara lensa objektif dan lensa okuler disebut panjang mikroskop.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana artikel alat optik Alat Optik Kamera, Lup (Kaca Pembesar) dan Mikroskop beserta Jenis-jenis Mikroskop
Gambar: Bagian-bagian Mikroskop

Bayangan benda yang dibuat lensa objektif akan menjadi benda untuk lensa okuler. Perbesaran yang diperoleh ialah perbesaran lensa objektif dikalikan perbesaran okuler. Lensa okuler merupakan lup dalam pengamatannya.

Benda yang akan diamati diletakkan bersahabat dengan lensa objektif yang membentuk bayangan nyata, diperbesar, dan terbalik. Bayangan yang dibuat lensa objektif merupakan benda untuk lensa okuler dan bayangan yang dibuat okuler akan dilihat oleh mata.

Jika pengamatan dilakukan mata normal tidak berakomodasi, bayangan yang dibuat lensa objektif harus terletak di titik api lensa okuler.

Jika pengamatan dilakukan mata normal berakomodasi, bayangan yang dibuat lensa objektif jatuh di antara titik optik dan titik fokus lensa okuler. Bayangan selesai yang dilihat mata ialah maya, terbalik, dan diperbesar.

Tahukah kamu, pada dikala ini banyak dipakai mikroskop elektron? Mikroskop elektron memakai elektron sebagai alat bantunya sehingga dihasilkan perbesaran jutaan kali.

Baca juga: Teropong sebagai alat optik
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Alat Optik Kamera, Lup (Kaca Pembesar) Dan Mikroskop Beserta Jenis-Jenis Mikroskop"