Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fakta Perihal Gas Klorin Yang Perlu Anda Ketahui


Gas klorin yaitu gas yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam bidang industri khususnya industri kertas, gas klorin dipakai sebagai “Whiting Agent” atau sebagai biro pemutih. Sedangkan dalam kehidupan kita, gas ini terdapat dalam bentuk senyawa NaClO yang merupakan materi aktif pemutih pakaian yang biasa kita gunakan untuk menciptakan pakaian kita tetap terlihat putih dan bersih.

Gas klorin dalam tabel periodik dilambangkan dengan “CI” , lantaran gas klorin merupakan gas diatomik maka lebih umum dilambangkan dengan “Cl2”. Nah, tahukah anda ? gas klorin mempunyai fakta-fakta unik yang sebaiknya anda harus ketahui! Berikut ini fakta unik dari gas klorin……

1. Digunakan Sebagai Senjata Kimia Pada Perang Dunia I

Ya, ketika perang dunia I, jerman yang dipimpin oleh pasukan NAZI mempunyai armada militer yang sangat berpengaruh dan mempunyai aneka macam persenjataan yang modern. Nah, gas klorin pada ketika itu dipakai oleh pasukan NAZI untuk melumpuhkan pasukan sekutu. Efeknya luar biasa, puluhan tentara sekutu tewas dan ratusan lainya mengalami gangguan pernapasan dan iritasi kulit. Hal ini terjadi lantaran gas klorin yaitu gas yang sangat beracun khususnya untuk organ pernapasan manusia.
Selain itu, gas klorin juga merupakan gas yang bersifat korosif, lantaran bila gas klorin kontak dengan air maka akan dihasilkan suatu zat asam yang sanggup memperabukan dan membahayakan jaringan di dalam kulit. Wow!!


2. Merupakan Mineral Essensial Bagi Tubuh

Siapa sangka, meskipun gas klorin merupakan gas yang beracun, tetapi faktanya mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Nah, yang bermanfaat bukanlah gas klorin tersebut melainkan bentuk ion dari gas klorin yaitu dalam bentuk ion klorida. Ion klorida merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi kesehatan manusia.

Ion klorida bermanfaat untuk distribusi cairan tubuh,menjaga tekanan osmosis,serta juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan ion positif dan ion negatif dalam jaringan ekstra sel.Unik memang, unsur klorin dalam bentuk gas mempunyai sifat yang sangat beracun, tetapi dalam bentuk ion klorida ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Merupakan Salah Satu Gas yang Bersifat Sangat Reaktif

Dalam ilmu kimia, reaktif berarti gampang bereaksi. Artinya senyawa kimia yang bersifat reaktif berarti senyawa kimia tersebut sangat gampang bereaksi dengan senyawa/substansi lain di alam kita ini. Nah, ternyata sifat kereaktifan ini dimiliki oleh gas klorin,gas klorin sangat gampang bereaksi dengan substansi/senyawa lain. Contohnya kita tidak akan sanggup menemukan gas klorin di alam kita ini dalam keadaan bebas melainkan hanya dalam bentuk mineral yang terikat dengan unsur lain, Hal ini terjadi lantaran kereaktifan dari gas klorin itu sendiri.

Banyak demonstrasi kimia yang dilakukan untuk menerangkan kereaktifan dari gas klorin ini, salah satu misalnya yaitu reaksi antara alumunium dengan gas klorin , gas klorin sanggup dengan gampang bereaksi dengan alumunium untuk membentuk senyawa alumunium triklorida. berikut Ini persamaan reaksinya.

                   Al + Cl2 → AlCl3
                                                                             
Anda sanggup menemukan aneka macam eksperimen kimia di internet khususnya di youtube yang menerangkan kereaktifan dari gas klorin ini. So silahkan anda kunjungi youtube untuk melihat aneka macam eksperimen tersebut.


4. Merupakan Salah Satu Gas Yang Menyebabkan Kerusakan Lapisan Ozon

Gas klorin juga merupakan gas yang menjadikan rusaknya lapisan ozon, meskipun gas CO2 lebih dikenal sebagai penyebab utama rusaknya lapisan ozon. Nah, tahukah anda apakah bekerjsama lapisan ozon itu? Lapisan ozon bekerjsama didominasi oleh gas O3 yang mana gas O3 tersebut diberi nama “Gas Ozon”. Dalam hal ini gas klorin yang terdapat dalam senyawa CFC (kloroflourocarbon) sanggup bereaksi dengan ozon menghasilkan gas O2, usang kelamaan kalau terlalu banyak senyawa CFC yang bereaksi dengan ozon maka konsentrasi ozon makin usang makin berkurang, dan hal inilah yang menjadikan rusaknya lapisan ozon dan juga mendasari dilarangnya penggunaan CFC ketika ini.

berikut ini persamaan reaksi antara senyawa CFC dengan gas klorin....

                  CCl2F
2
+ UV → 2Cl + CF
2

         (senyawa CFC diuraikan oleh sinar UV dari matahari)

                  Cl + O3 → ClO2 + O2
         (Lalu gas klor bereaksi dengan ozon dan menjadikan rusaknya lapisan ozon tersebut)

                  ClO2 + O → Cl + O2
(lalu senyawa ClO2 yang dihasilkan sanggup berekasi dengan gas oksigen dan menghasilkan gas klor yang siap merusak kembali lapisan ozon)

Meskipun terdapat dalam bentuk senyawa CFC, ternyata gas klor sanggup dilepaskan lantaran senyawa CFC ini sanggup dengan gampang diuraikan oleh sinar UV ,dan dihasilkanlah gas klor yang merupakan musuh bagi lapisan ozon.

5. Biasa Digunakan Sebagai Disinfektan/Pembunuh Kuman

  Gas klorin yaitu gas yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari 5 Fakta Tentang Gas Klorin Yang Perlu Anda Ketahui
Meskipun gas klorin populer beracun, ternyata dalam bentuk senyawa kimia, gas klor mempunyai segudang manfaat dalam kehidupan kita, salah satunya yaitu sebagai disinfektan/pembunuh bakteri pada air. Nah, apakah anda mengetahui apa itu kaporit? Kaporit merupakan salah satu senyawa kimia dari klorin dengan rumus kimia Ca(ClO)2. Senyawa ini biasa dipakai sebagai disinfektan pada air bak renang .Selain sebagai pembersih air pada bak renang, kaporit juga biasa dipakai sebagai pembersih dan pembunuh bakteri pada air PAM.

Dan satu lagi senyawa klorin yang berfungsi sebgai disinfektan yaitu senyawa NaClO. Mungkin anda merasa tidak absurd lagi dengan senyawa yang satu ini, lantaran senyawa NaClO merupakan materi aktif pemutih pakaian yang biasa kita gunakan untuk menciptakan pakaian kita tetap putih dan bersih.

Nah,tahukah anda mengapa senyawa NaClO sanggup menciptakan pakaian putih serta sanggup menghilangkan noda pada pakaian? Hal ini disebabkan lantaran senyawa NaClO merupakan senyawa yang bersifat Strong Oxidator atau Agen Pengoksidasi yang berpengaruh sehingga noda-noda yang melekat pada pakaian akan dengan gampang dioksidasi oleh senyawa NaClO tersebut.dan pada jadinya pakaian kita pun menjadi bersih. Selain bersih, pakaian kita juga terlihat putih lantaran imbas pemutih dari gas klorin itu sendiri.

Nah, itulah kedua senyawa klorin yang berfungsi sebagai disinfektan,sebenarnya masih banyak lagi senyawa klorin yang mempunyai fungsi sebagai disinfektan,namun tidak memungkinkan rasanya untuk dijelaskan satu persatu , kesimpulanya gas klorin dalam bentuk senyawa kimia tertentu ternyata sanggup berfungsi sebagai disinfektan, tetapi yang perlu digaris bawahi tidak semua senyawa klorin yang mempunyai fungsi sebagai disinfektan, melainkan hanya senyawa klorin tertentu saja yang mempunyai fungsi sebagai disinfektan.

Nah, itulah kelima fakta mengenai gas klorin.Ternyata tiap senyawa kimia mempunyai manfaat dan kerugianya masing-masing. Seperti gas klorin, dalam bentuk gas, klorin bersifat toxic bagi insan namun dalam bentuk senyawa , klorin mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan kita.

Oke demikianlah postingan saya mengenai 5 fakta perihal gas klorin. Apakah teman punya Fakta Unik Lain??
 
Baca : Launching Blog Panduan Kimia


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "5 Fakta Perihal Gas Klorin Yang Perlu Anda Ketahui"