Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Sumber Utama Devisa Negara

Artikel ini akan menjelaskan secara rinci perihal sumber-sumber devisa negara, perlu diketahui bahwa sebenernya TKI merupakan salah satu sumber devisa yang utama untuk negara, alasannya yakni TKI mendapatkan honor sesuai dengan mata uang masing-masing negara. Sebenarnya ada satu lagi sumber devisa negara yang hampir terlupa, dialah Blogger. Apa alasannya?

Devisa yang diperoleh suatu negara sanggup berasal dari hal-hal berikut.

1) Ekspor

Salah satu sumber devisa bagi Indonesia berasal dari aktivitas ekspor. Sebagai pembayaran barang ekspor, eksportir mendapatkan uang dalam bentuk rupiah atau mata uang asing.

Banyaknya mata uang gila yang masuk akan memilih besarnya pedoman devisa. Sampai ketika ini Indonesia terus-menerus menggalakkan komoditas ekspor terutama dari sektor nonmigas.

Komoditas tersebut antara lain udang, ikan tuna, tekstil, kopi, cokelat, kayu olahan, dan minyak kelapa sawit. Negara tujuan ekspor yakni Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura.

Untuk ekspor migas, penerimaan devisa dipengaruhi fluktuasi harga migas di pasar internasional. Ekspor Indonesia pada periode 1970–1980 didominasi oleh komoditas minyak.

Periode tersebut sering dikenal dengan istilah oil boom. Harga minyak yang tinggi menjadikan pedoman devisa dari ekspor minyak meningkat pesat.

Nilai ekspor Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini berdampak pada kenaikan jumlah cadangan devisa. Harga minyak dunia dan komoditas nonmigas yang bertambah banyak merupakan penyumbang kenaikan ekspor Indonesia.

Kegiatan ekspor merupakan sumber devisa negara, alasannya yakni negara akan mendapatkan pembayaran berupa valuta asing atau wesel. Apabila nilai ekspor melebihi impor, cadangan devisa negara akan bertambah.
Artikel ini akan menjelaskan secara rinci perihal sumber 3 Sumber Utama Devisa Negara
Perdaganan Luar Negeri

2) Pendanaan Luar Negeri

Pendanaan luar negeri sanggup berupa pinjaman atau pinjaman yang diterima pemerintah serta investasi swasta. Pinjaman pemerintah dan forum internasional biasanya mempunyai syaratsyarat yang lebih longgar dan jangka waktu pembayaran yang lebih usang dibanding pinjaman swasta.

Sumber pendanaan swasta terdiri atas beberapa jenis.

a) Investasi gila langsung yang dilakukan perusahaan multinasional di Indonesia.

b) Investasi portofolio, yaitu pembelian obligasi atau saham-saham oleh investor asing.

c) Pinjaman komersial, yang umumnya bersifat jangka pendek.

Besar bunga yang dibayar oleh peminjam tergantung pada asumsi risiko pasar. Oleh alasannya yakni itu, pinjaman komersial umumnya mempunyai bunga yang tinggi.

d) Tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Devisa juga sanggup bersumber dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

Mereka akan mendapatkan pembayaran atau honor dalam saham mata uang masing-masing negara tempat mereka bekerja. Devisa ini berasal dari TKI yang bekerja di daerah Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika, dan Eropa.

3) Kunjungan Wisatawan Asing

Indonesia dikenal sebagai negara tropis yang mempunyai objek wisata menarik. Belum lagi dengan keanekaragaman suku-suku daerah yang begitu banyak, juga menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan asing.

Kamu tahu bahwa tiap-tiap suku mempunyai watak dan kebiasaan berbeda. Hal inilah yang sanggup dijadikan sebagai daya tarik wisata.

Objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan gila contohnya Pulau Bali, Lombok, Tanah Toraja, Bunaken, Keraton Yogyakarta, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, dan masih banyak lagi.

Para wisatawan gila yang berada di Indonesia akan memakai jasa-jasa pariwisata ibarat hotel, restoran, transportasi, maupun tempat hiburan.

Mereka juga memakai dan membeli barang-barang produksi Indonesia ibarat baju, cendera mata, maupun sandal. Pengeluaran wisatawan gila akan menambah devisa bagi negara Indonesia.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "3 Sumber Utama Devisa Negara"