Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Daftar Sajian Buka Puasa Sederhana Tapi Istimewa Dan Populer

Anda wajib tahu minimal sekedar tahu apa saja yang termasuk sajian buka puasa Istimewa bagi anda dan keluarga serta orang-orang terdekat anda.

Salah satu momen di bulan ramadhan yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang yaitu momen saat berbuka puasa. Berbuka puasa merupakan momen yang paling dinanti-nanti sehabis kita menahan lapar, minum dan hawa nafsu selama kurang lebih 12 jam.

Sebagai ibu rumah tangga, kita niscaya dipusingkan dengan sajian apa yang akan kita hidangkan untuk keluarga tercinta. Dalam artikel berikut ini, saya akan mencoba membagikan beberapa resep masakan yang sangat cocok untuk sajian buka puasa.

Menu buka puasa yang akan saya bagikan ini akan mengakibatkan puasa anda lebih berwarna dan menyenangkan, apalagi kalau berbuka puasa dengan keluarga tercinta. Biasanya 1-2 jam sebelum adzan maghrib, saya dan anak bungsu saya sudah stay di dapur dan siap menghidangkan sajian buka puasa untuk keluarga tercinta.

20 Daftar Menu Buka Puasa

Semua resep berikut ini tergolong sederhana, alasannya proses pembuatan beserta bahan-bahannya mudah anda dapatkan di pasar maupun di dapur. Lansung deh, yuuk simak aneka resep untuk hidangan buka puasa berikut ini :
Anda wajib tahu minimal sekedar tahu apa saja yang termasuk sajian buka puasa Istimewa bagi a 20 Daftar Menu Buka Puasa Sederhana tapi Spesial dan Populer
Gambar: Menu Buka Puasa

1. Sayur asem

Sayur asem merupakan masakan khas Indonesia yang dibilang cukup sederhana. Meskipun tergolong masakan yang sederhana, sayur asem ini selalu menjadi sahabat banyak orang saat menjelang buka puasa. Mengingat materi dan cara membuatnya yang sangat simpel, tidak salah jikalau sayur asem sangat cocok dijadikan sajian buka puasa.

2. Perkedel kentang

Salah satu lauk yang sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran kita yaitu perkedel kentang. Lauk yang satu ini banyak digemari oleh banyak orang, terutama menjelang buka puasa. Selain itu, materi untuk menciptakan perkedel kentang amat murah dan mudah anda sanggup di dapur maupun dipasar, sehingga menciptakan perkedel kentang ini tidak merogoh kocek terlalu dalam.

3. Bakwan jagung

Sama halnya dengan perkedel kentang, bakwan jagung ini menjadi lauk favorit banyak orang menjelang puasa. Saya seringkali menyajikan bakwan jagung ini sebagai sajian buka puasa untuk keluarga saya. Selain bahannya yang mudah didapat, bakwan jagung ini pembuatannya tidak memerlukan sentuhan koki profesional loh, hehehe tangan ibu rumah tangga ibarat saya pun sanggup kok.

4. Tempe bacem

Tempe merupakan materi masakan yang sudah tidak abnormal lagi di indera pendengaran kita. Tempe sanggup diolah menjadi banyak sekali varian makanan, salah salah satunya yaitu tempe bacem. Bacem merupakan salah satu metode memasak yang khas, dimana materi masakan yang sering dibacem yaitu tempe dan tahu.

5. Pepes tongkol

 Pepes, salah satu metode memasak yang tak kalah uniknya dengan bacem. Metode memasak ini dilakukan dengan membakar/ merebus masakan yang terlebih dahulu telah dibungkus oleh daun pisang. Pepes tongkol mungkin sudah tidak abnormal lagi bagi kita. Yuup, hidangan yang berbahan dasar ikan tongkol dengan balutan bumbu yang enak ini sudah tentu sangat cocok untuk sajian berbuka puasa.

 6. Ikan bakar

Ikan mempunyai banyak kandungan yang baik bagi badan kita. Banyak sekali hidangan yang memakai ikan sebagai materi utamanya, salah satunya yaitu ikan bakar. Seperti namanya, masakan ini dimasak dengan cara dibakar di atas arang layaknya sate.

Dengan ditemani kecap pedas atau sambal tomat, anda bakalan ketagihan saat menyantap ikan bakar ini. Tidak heran jikalau banyak orang yang mengakibatkan ikan bakar sebagai sajian buka puasa mereka.

7. Soto

Hidangan berkuah khas Indonesia ini sudah banyak dikenal, bahkan di mancanegara. Saya biasanya menyajikan soto ini pada sajian buka puasa pertama. Saya dan keluarga sangat antusias menyantap hidangan berkuah ini, apalagi suami saya yang memang suka sekali dengan yang namanya soto. Silakan anda coba sendiri bagaimana kenikmatan soto untuk sajian berbuka puasa bersama keluarga.

8. Sayur lodeh

Sama halnya dengan soto, hidangan berkuah yang cocok untuk sajian buka puasa yaitu sayur lodeh. Dengan pelengkap sedikit kecap pedas, citarasa dari sayur lodeh ini tidak perlu diragukan lagi.

Kalau soal materi dan cara pembuatan sayur lodeh ini sih berdasarkan saya gampang. Mungkin anda sanggup melihat resepnya yang sudah pernah saya tulis dibawah.

9. Sambal bajak

Selain pas untuk sajian sahur, jenis sambal yang satu ini sungguh sangat disayangkan jikalau anda tidak menjadikannya sebagai sajian berbuka puasa. Sambal bajak ini sudah berkali-kali saya hidangkan untuk keluarga selama bulan pahala alasannya memang sambal ini mempunyai citarasa yang khas dan sanggup disandingkan dengan banyak masakan ibarat ayam goreng, tempe bacem dan lain sebagainya.


10. Bakwan udang

Tidak hanya bakwan jagung yang menjadi favorit banyak orang saat hendak berbuka puasa. Bakwan udang juga turut serta menjadi hidangan yang tak kalah lezatnya dengan bakwan jagung.

Dengan berbahan dasar udang yang dibalut tepung yang sudah dibumbui, bakwan udang ini mempunyai tekstur krenyes-krenyes yang bakalan memanjakan pengecap anda. Silakan anda coba sendiri untuk membuktikannya.


11. Sambal tomat

Sama halnya dengan sambal bajak, sambal tomat ini mempunyai citarasa pedas yang sangat khas. Yang saya sukai dengan sambal tomat ini adalah, bahwa sambal tomat sanggup disandingkan dengan banyak sekali hidangan lain ibarat ayam goreng.

Dengan materi dan cara pembuatannya yang simpel dan mudah menciptakan sambat tomal ini menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan salah satu hidangan untuk berbuka puasa.

12. Tahu Telur

Hidangan khas Jawa Timur yang satu ini niscaya sudah tidak abnormal lagi bagi anda. Biasanya anda sanggup menemukan hidangan ini di warung tenda khas Lamongan atau Sidoarjo.

13. Sop Buah

Hidangan segar yang pertama kali muncul di kota Bandung ini sanggup menjadi hidangan pembuka puasa yang menarik. Rasa segar dari kuah bagus yang terbuat dari es, sirup vanili, dan susu kental bagus berpadu dengan segar dan asamnya buah-buahan.

14. Capcay Kuah

Resep capcay kuah yang disesuaikan dari resep masakan chinese ini kaya akan banyak sekali jenis sayuran. Kata “cap” dalam bahasa cina berarti angka 10, alasannya memang ada 10 jenis sayuran yang dipakai dalam masakan ini.

15. Perkedel

Perkedel yaitu olahan kentang yang disesuaikan dari masakan khas negeri Belanda frijkadel. Jika pada resep asalnya lebih banyak memakai daging cincang dibandingkan kentang, resep perkedel di Indonesia justru kebalikannya, penggunaan kentang lebih besar porsinya dibanding daging cincang.

16. Plecing Kangkung Lombok

Plecing kangkung merupakan masakan khas kawasan Nusa Tenggara Barat. Jika anda berkunjung ke Pulau Lombok, masakan ini sangatlah terkenal.

17. Pepes Ayam

Pepes merupakan masakan khas kawasan sunda. Resep pepes ayam yang kami sajikan ini sanggup menjadi hidangan lauk sahur yang mudah dan sehat. Diolah dengan cara dikukus mengakibatkan hidangan ini sehat alasannya minim penggunaan minyak goreng.

18. Sayur Daun Singkong

Di dalam daun singkong terkandung banyak vitamin B dan C, juga mineral lain yang penting bagi badan ibarat zat besi (Fe), Kalsium, dan Fosfor. Karena kandungan vitamin dan mineralnya inilah maka daun singkong sangat pas dijadikan hidangan santap sahur.

19. Tempe Mendoan

Tempe mendoan yaitu olahan khas kawasan Purwokerto, Banjarnegara dan sekitarnya. Jika anda melintasi jalan lintas Jawa melalui jalur Purwokerto, anda akan dengan mudah menemukan barisan kios penjual tempe mendoan dan tape goreng, buah tangan khas kota tersebut.

20. Buntil

Buntil merupakan masakan yang sangat populer di tanah Jawa, terutama Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk menciptakan resep buntil, biasanya dipakai daun pepaya atau daun singkong sebagai pembungkus buntilnya.

Dengan menu-menu yang saya bagikan di atas, saya berharap momen Ramadhan anda bersama keluarga menjadi lebih berwarna dan menyenangkan. Semoga puasa kita berjalan lancar dan mendapat pahala dari-Nya. (Sumber: bacaresepdulu.com, indirania.com)

Baca juga: Cara menciptakan Tempe Lengkap
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "20 Daftar Sajian Buka Puasa Sederhana Tapi Istimewa Dan Populer"