Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Indonesia

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang menyebarkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan menyebarkan mengulas ihwal Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, bahasannya cukup singkat, semoga saja sanggup bermanfaa bagi teman dekat. Langsung saja ya..

A. PERSEBARAN FLORA DI INDONESIA
Flora yakni kumpulan suatu jenis tumbuh-tumbuhan yang terdapat dalam suatu daerah tertentu. Flora Indonesia termasuk daerah Malesiana. Yang terdiri dari Indonesia, Filipina, Semenanjung Malaya, dan Papua Nugini.
Artikel Penunjang : Persebaran Flora dan Fauna Di Dunia
Tumbuh-tumbuhan yang hidup disuatu tempat ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor menyerupai iklim, jenis tanah, relief atau tinggi rendah permukaan bumi, biotik (pengaruh makhluk hidup).

Iklim mempunyai efek yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi mempunyai hutan yang lebat dan juga jenis tanamannya lebih bervariasi, contohnya menyerupai di Pulau Kalimantan, dan Sumatera. Sedangkan daerah yang curah hujannya rendah tidak mempunyai hutan yang lebat dan juga keguakaragaman tumbuhan menyerupai di Nusa Tenggara.
Artikel Penunjang : Tumbuhan Tumbuhan Langka di Indonesia
Suhu udara suatu tempat juga menjadi faktor penting untuk penyebaran tumbuhan disuatu tempat. Zonasi (pembatasan wilayah) tumbuh-tumbuhan di Indonesia yakni sebagai diberikut :
  • Daerah gerah (0-650 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini yakni kelapa, padi, jagung, karet, tebu
  • Daerah sedang (650-1500 meter),  tumbuhan yang cocok di daerah ini yakni kopi, tembakau, teh, sayuran
  • Daerah sejuk (1500-2500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini yakni teh, kina, pinus, sayuran
  • Daerah hambar (diatas 2500 meter) tidak ada tumbuhan budidaya

Penyebaran tumbuhan di Indonesia terbagi menjadi empat, yaitu :
1. Hutan hujan tropis
Indonesia diberiklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa sehingga indonesia banyak memperoleh sinar matahari setiap tahun. Hutan hujan tropis terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan sedikit di Jawa (di kepingan selatan). Daerah ini mempunyai ciri-ciri hutan lebat, heterogen, dan lembab. Hutannya ditumbuhi banyak sekali jenis pohon besar dan kecil dengan ketinggian mencapai 60m. Jenis pohon yang sanggup dijumpai antara lain pohon kamper, meranti, damar, eboni, kemenyan, dan rotan.
HUTAN HUJAN TROPIS

2. Sabana
Terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit, sabana berupa padang rumput yang diselingi rumpun pohon rendah atau semak-semak yang berkelompok. Sabana kebanyakan terdapat di Madura dan Dataran Tinggi Gayo (Aceh).
SABANA
3. Stepa
Adalah padang rumput yang sangat luas, ditempat yang curah hujannya rendah. Stepa  terdapat di Pulau Sumba, Sumbawa, Flores,dan Timor. Daerah ini mempunyai trend kemarau yang panjang dan berpotensi untuk peternakan sapi, kuda sandel, dan kuda bima. Daerah terkering yakni Palu, yang spesialuntuk ditumbuh kaktus.
STEPA
4. Hutan musim
Hutan ini mempunyai ciri spesialuntuk dihuni oleh satu jenis tumbuhan (homogen) dengan daun-daunnya yang gugur di trend kemarau. Jenis tumubuhannya yakni menyerupai jati dan cemara. Hutan trend terdapat di Pulau Jawa (dari Jawa Barat hingga Jawa Timur).
HUTAN MUSIM
B. PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA
Fauna atau dunia binatang dipengaruhi oleh keadaan alam, gerakan binatang dan rintangan alam. Fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga tipe menurut pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhel Carl Weber, yaitu :
PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

1. Fauna tipe asiatis
Berada dibagian Indonesia hingga Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Selat Makassar dan Selat Lombok. Di daerah ini terdapat banyak sekali jenis binatang yang menyusui dan berukuran besar serta bermacam monyet dan ikan air tawar. misal jenis fauna yang ditemukan yakni gajah, badak, harimau, beruang matahari, burung heron, burung merak dan orang utan.
Artikel Penunjang : Hewan Hewan Langka Di Indonesia
2. Fauna peralihan (australia-asiatik)
Terdapat dibagian tengah Indonesia, yaitu Sulawesi dan daerah Nusa Tenggara. Karakteristik hewannya menyerupai dengan Asia maupun Australia. Di daerah ini juga terdapat jenis binatang menyerupai kera, babi rusa, burung maleo, anoa, dan kuskus.

3. Fauna tipe australis
Berada dibagian timur Indonesia, menyerupai Papua dan Kepulauan Aru (bagian timur). Jenis binatang di daerah ini yakni binatang yang menyusui dan berukuran kecil, tidak ada kera, sedikit ikan air tawar, dan banyak jenis burung berwarna. Di daerah ini terdapat binatang menyerupai kangguru, burung kasuari, kakaktua, dan cenderawasih.

Nah itulah ia pembahasan singkat ihwal Persebaran Flora dan Fauna Di Indonesia. Silahkan di share ilmunya semoga lebih bermanfaa bagi orang lain. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, sering sering mampir ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Persebaran Tanaman Dan Fauna Di Indonesia"