Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup

Hai sobat erat selamat hadir di Atap Ilmu, blog yang membuatkan dengan penuh keikhlasan.
Kali ini kami akan membuatkan ilmu ihwal pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Beberapa topik pembahasan kami kali ini adalah, Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan, Perbedaan Pertumbuhan dengan Perkembangan,dan Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

A. PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan adalah proses menambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh makhluk hidup yang biasanya bersifat kuantitatif (dapat dihitung dengan angka). Pertumbuhan ini kebanyakan sanggup dilihat dari fisik makhluk hidup itu sendiri. Proses pertumbuhan sanggup terjadi lantaran adanya pertambahan jumlah sel lantaran pembelahan sel. Umumnya pertumbuhan akan terbatas pada usia, artinya pada usia tertentu makhluk hidup akan terhenti pertumbuhannya. misal pertumbuhan ialah bertambahnya tinggi tubuh seseorang.
Artikel penunjang : Proses Pembelahan Sel
Perkembangan ialah proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak sanggup digambarkan dengan angka, lebih dilihat dari segi fungsionalnya) untuk menjadi makhluk yang tepat seutuhnya. Perkembangan, tidak terbatas pada usia, artinya makhluk hidup akan terus berkembang seiring pertambahan usianya. misal perkembangan ialah proses seorang insan dari lahir sampai bisa berbicara, berdiri, dan berjalan.

B. PERBEDAAN PERTUMBUHAN DENGAN PERKEMBANGAN
PERTUMBUHAN
PERKEMBANGAN
Bersifat Kuantitatif (bisa digambarkan dalam bilangan)
Bersifat Kualitatif (tidak sanggup digambarkan dengan bilangan)
Terlihat dari keadaan fisik
Terlihat dari sifat dan kemampuan
Memiliki batasan usia
Tidak terbatas oleh usia
Bersifat Irreversible (tidak sanggup balik)
Bersifat Reversible (Bisa balik)
Dipengaruhi pembelahan sel tubuh
Dipengaruhi pengalaman

C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Secara umum, faktor yang mempengaruhi makhluk hidup sanggup dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Faktor Internal (dalam Tubuh) 

a. Genetik
Gen ialah faktor pembawa sifat pada makhluk hidup yang akan menurun pada keturunan makhluk hidup tersebut. Gen akan mempengaruhi ciri fisik dan juga sifat makhluk hidup, oleh lantaran itu gen akan berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Disini setiap spesies dari makhluk hidup mempunyai sifat dan ciri tertentu yang akan diturunkan pada keturunannya. contohnya cukup sederhana, tidak ada burung yang melahirkan anak yang lalu akan tumbuh menjadi kucing, nah ini disebabkan adanya efek genetik terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

b. Hormon
Hormon ialah senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur banyak sekali aspek pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Meskipun jumlahnya sedikit didalam tubuh makhluk hidup, namun hormon mempunyai fungsi yang konkret terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. contohnya pada manusia, penyakit anak yang terganggu pertumbuhan dan perkembangannya lantaran belum sempurnanya Growth Hormon yang dihasilkan hipofisis anterior. Anak ini akan terganggu kecepatan pertumbuhannya.
Artikel Penunjang : Pengertian danFungsi Hormon Pada Manusia
c. Nutrisi (Makanan)
Kami rasa secara umum sobat erat sudah paham bahwa nutrisi memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. contohnya pada insan dan binatang yang belum sempurnanya nutrisi akan terlihat kurus dan terganggu pertumbuhan tingginya.
Ada 3 nutrisi yang harus terpenuhi semoga tubuh bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal, yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Untuk mengetahui bagaimana metabolisme karbohidrat lemak dan protein dalam tubuh silahkan sobat erat mengunjungi tiga artikel kami ini :

Artikel Penunjang :
Pengertian,Fungsi dan Metabolisme Karbohidrat
Pengertian,Fungsi, dan Metabolisme Lemak 
Pengertian,Fungsi, dan Struktur Protein

2. Faktor Eksternal (Luar Tubuh)

a. Suhu
Semua makhluk hidup membutuhkan lingkungan dengan suhu tertentu semoga pertumbuhan dan perkembangannya normal. Pertumbuhan dan perkembangan pada insan terlihat akan optimal apabila tubuhnya dalam kimasukan suhu 36,5-37,6 derajat celcius. Sedangkan flora membuktikan ketergantungan lebih terhadap suhu, contohnya flora akan kering pada terik matahari walaupun kebutuhan airnya tercukupi.

b. Cahaya
Cahaya sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, lantaran adanya proses fotosintesis.

c.Kelembaban, Air, dan Tanah
Intinya banyak sekali faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup ialah bagaimana keadaan lingkungan makhluk hidup tersebut.
Artikel Penunjang : Pengertian, Ciri, dan Klasifikasi Kingdom Plantae (Tumbuhan)
DAFTAR PUSTAKA :
  • Mikrajuddin, dkk. 2007. IPA TERPADU Untuk Kelas VIII Semester 1. Jakarta : Erlangga
  • Saktiyono.2006. IPA BIOLOGI Untuk Kelas VIII. Jakarta : Erlangga
  • Wasis; Yuli Irianto, Sugeng. 2008. Alam Kelas VIII  Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 


Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup"