Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Ideologi Terbuka Dan Ideologi Tertutup

Ideologi terbuka dan ideologi tertutup ialah pembagian terstruktur mengenai dari ideologi itu sendiri yang sudah kami jabarkan di postingan sebelumnya. Jika teman bersahabat masih belum mengerti apa itu ideologi silahkan saja klik link ini. Perbedaan yang akan di kaji dalam postingan kali ini yaitu terkena ciri-ciri yang saling bertolak belang . Langsung aja ya.


Ideologi sanggup diartikan suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (kejadian) yang mempersembahkan arah tujuan untuk kelangsungan hidup.Ideologi terbagi menjadi dua,yaitu ideologi Terbuka dan Ideolgi tertutup,Perbedaan ideologi terbuka dan ideologi tertutup ini sangat mencolok,sehingga sanggup dengan praktis dikelompokkan.
Indonesia yaitu negara yang menganggap pancaasila sebagai ideologi terbuka dan pancasila sebagai suatu sumber nilai.Nah, Setiap ideologi mempunyai sesuatu yang membuat ideologi sanggup bertahan dari waktu ke waktu, ini disebut daya tahan dan dimensi ideologi, dengan adanya itu maka ideologi sanggup mengikuti keadaan dengan perkembangan zaman. Ideologi juga mempunyai Hakekat dan Fungsi ideologi yang mempunyai macam-macam nilai tersendiri.


A.IDEOLOGI TERBUKA

Ideologi terbuka yaitu ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi ini mempunyai ciri sebagai diberikut.
  • Merupakan kekayaan rohani, budpekerti dan budaya masyarakat (falsafah). Makara bukan keyakinan ideologis sekelompok orang melainkan komitmen masyarakat.
  • Tidak diciptakan oleh negara, tetapi ditemukan dalam masyarakat sendiri, ia milik seluruh rakyat, dan sanggup digali serta ditemukan dalam kehidupan mereka.
  • Isinya tidak eksklusif operasional, sehingga setiap generasi gres sanggup dan perlu menggali kembali falsafah tersebut dan mencari implikasinya dalam situasi kekinian  mereka.
  • Tidak pernah membatasi kebebasan dan tanggung tanggapan masyarakat, melainkan menginspirasi masyarakat untuk berusaha hidup bertanggung tanggapan sesuai dengan falsafah itu.
  • Mengahargai pluralitas, sehingga sanggup diterima masyarakat yang berasal dari banyak sekali latar belakang budaya dan agama.


B.IDEOLOGI TERTUTUP

Ideologi tertutup yaitu ideologi yang bersifat mutlak, ideologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut:
  • Bukan ialah impian yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan impian sebuah kelompok yang dipakai sebagai dasar untuk mengubah masyarakat.
  • Apabila kelompok tersebut berhasil menguasai negara, ideologinya itu akan dipaksakan kepada masyarakat. Nilai-nilai, norma-norma dan banyak sekali segi masyarakat akan diubah sesuai dengan ideologi tersebut.
  • Bersifat Totaliter, artinya mencakup beberapa aspek / mengurusi tiruana bidang kehidupan. Karena itu ideologi tertutup ini cenderung cepat-cepat berusaha menguasai bidang warta dan pendidikan alasannya kedua bidang tersebut ialah masukana efektif untuk memengaruhi sikap masyarakat.
  • Pluralisme pandangan dan kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati.
  • Menuntut masyarakat untuk mempunyai kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
  • Isi ideologi tidak spesialuntuk nilai-nilai dan cita-cita, tetapi juga tuntutan faktual dan operasional yang keras,mutlak dan total.


Sumber : Buku PKN untuk Sekolah Menengan Atas dan MA kelas XII semester 1 oleh Tim Creative Maestro


Gimana nih teman dekat? Udah ngerti kan tentang perbedaan kedua ideologi ini, kalau masih ada yang kurang terperinci atau masih mencurigai yuk mari diungkapkan di kotak komentar, toh kita sama-sama masih mencar ilmu dan terus mencari ilmu pengetahuan, apabila saya sanggup menjawabannya, sesegera mungkin akan saya balas komentarnya. Terimakasih sudah berkunjung, dan tidakboleh lupa untuk singgah kembali di Atap Ilmu.blogspot.com. Sebelum pergi mohon di like ya FP kami, reload aja page nya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Perbedaan Ideologi Terbuka Dan Ideologi Tertutup"