Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Piramida Masakan Dan Contohnya

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog sederhana yang menyebarkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan, kali ini kami akan menyebarkan ilmu ihwal Piramida Makanan, supaya ilmunya sanggup bermanfaa, pribadi saja ya..

Dalam suatu ekosistem, flora sebagai produsen mempunyai jumlah populasi yang lebih besar dibanding tingkat trofik lainnya. Jumlah popolasi produsen lebih besar dari konsumen I, konsumen II, konsumen III dan seterusnya hingga konsumen puncak. Berdasarkan perbedaan tingkat populasi ini sanggup digambarkan sebuah diagram berbentuk piramida, dimana produsen menduduki tingkat terdasar sebagai organisme dengan populasi tertinggi. Selanjautnya diikuti oleh konsumen I, konsumen II dan seterusnya. Selain dari segi perbedaan jumlah populasi piramida kuliner juga sanggup berbentuk piramida biomassa dan piramida energi.

A. PENGERTIAN PIRAMIDA MAKANAN
Piramida kuliner yaitu jumlah massa zat dan energi dari produsen hingga dengan konsumen tertinggi yang digambarkan dalam berntuk piramida. Bedasarkan citra tersebut, maka jumlah produsen ialah yang paling banyak, konsumen 1 terbanyak kedua, konsumen 2 terbanyak ketiga, dan seterusnya hingga mencapai konsumen ke 3 yang jumlahnya paling sedikit.
PIRAMIDA MAKANAN
B. MACAM – MACAM PIRAMIDA MAKANAN
1. Piramida Populasi
Pada piramida ini digambarkan bahwa organisme yang menempati tingkat trofik lebih rendah mempunyai populasi lebih besar dibanding dengan organisme yang bertingkat trofik lebih tinggi. Dasar dari piramida ini ditempati oleh produsen yang mempunyai jumlah populasi yang lebih besar. Sedangkan, ujungnya dihuni oleh beberapa individu konsumen puncak. Dan diantara dasar dan ujungnya diduduki oleh beberapa tingkatan konsumen. Jumlah populasi konsumen I lebih besar dibanding konsumen II, dan konsumen II lebih besar dibanding konsumen III.

Piramida populasi sanggup disebut sebagai penyeimbang dari populasi setiap organisme. Sudah sewajarnya organisme yang menjadi mangsa lebih besar jumlahnya dibanding dengan organisme pemangsa. melaluiataubersamaini demikian sumber makanannya tak akan pernah habis. bila sebaliknya jumlah pemangsa lebih besar, maka yang akan terjadi yaitu kepunahan dari suatu organisme

2. Piramida Biomassa
Piramida biomassa menyerupai namanya menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di suatu lingkungan atau habitat tertentu. Kemudian berat dari setiap organisme diukur dalam gram. Pengukuran biomassa pada setiap tingkat trofik menurut berat rata-rata organisme dengan memperkirakan jumlahnya.     piramida ini lebih akurat dalam menawarkan korelasi kuantitatif biomassa   dalam   suatu  ekosistem.

Ada dua jenis piramida  biomassa  yaitu piramida tegak dan piramida terbalik. Piramida tegak yaitu piramida yang massa adonan dari seluruh produsen lebih besar daripada massa adonan dari setiap tingkatan konsumennya. Piramida tegak biasanya menggambarkan sebuah ekosistem darat. Sedangkan piramida terbalik yaitu piramida yang menggambarkan massa adonan dari produsen-produsennya yang lebih kecil dari massa adonan dari konsumennya. misal dari piramida ini yaitu ekosistem perairan.
Artikel Penunjang : Rantai Makanandan Jaring – Jaring Makanan
3. Piramida Energi
Pada piramida energi terjadi penurunan energi pada setiap tingkat trofik. Semakin tinggi tingkat trofiknya jumlah energi semakin mengecil. Artinya, produsen sebagai tingkat trofik pertama mempunyai energi yang lebih besar dibanding konsumen-konsumen ditingkat trofik yang lebih tinggi. Semakin mengecilnya jumlah energi pada setiap trofik dikarenakan oleh beberapa sebab. Diantaranya menyerupai :
Hanya sebagian kuliner tertentu saja yang dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya.
Sebagian kuliner yang dimakan tidak sanggup dicerna melainkan dikeluarkan menjadi kotoran.
Sebagian makanan   yang   dicerna   menjadi   bagian   dari   tubuh   organisme,
sedangkan sisanya sebagai sumber energi.

Piramida energi mempersembahkan citra yang akurat ihwal fatwa energi pada suatu ekosistem. Energi yang terukur pada piramida ini mempunyai satuan   (kal/m2/th).


Nah itulah pembahasan singkat kali ini ihwal Piramida Makanan, Semoga ilmunya sanggup bermanfaa, apabila masih ada yang belum dipahami silahkan ditanyakan melalui kotak komentar di bawah, terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa follow, komentar, dan likenya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Piramida Masakan Dan Contohnya"