Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi, dimensi Ideologi, dan Klasifikasi Ideologi ialah Topik pembahasan kita pada hari ini. Ini ialah postingan yang termasuk label Ilmu sosial. Tentunya kata ini sudah sangat sering kita dengar, banyak orang sering melibatkannya dengan hal-hal politik yang kuat terhadap kemajuan suatu bangsa, termasuk bangsa kita. Bagaimana Menurut sobat erat wacana negara kita ketika ini? Nah, untuk mengetahui apa korelasi ideologi terhadap suatu bangsa, termasuk bangsa indonesia eksklusif saja disimak ya J

A.PENGERTIAN IDEOLOGI
Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata, yaitu idea dan logi. Ideaberarti melihat(idean), sedangkan logi berasal dari kata logos yang berarti pengetahuan atau teori. Jadi, ideologi sanggup diartikan hasil inovasi dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi sanggup juga diartikan suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (kejadian) yang mempersembahkan arah tujuan untuk kelangsungan hidup.Ideologi terbagi mencadi dua,yaitu ideologi Terbuka dan Ideolgi tertutp,perbedaan ideologi terbuka dan tertutup ini sangat mencolok,sehingga sanggup dengan praktis dikelompokkan.

Ideologi
Indonesia yaitu negara yang menganggap Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dan pancasila sebagai sumber nilai .Namun sebenarnya,Ideologi sering dipahami secara tidak sama-beda. Hal ini mengakibatkan banyak sekali pendapat terkena pengertian ideologi dari banyak sekali ahli, diantaranya:
a.Karl Marx

Karl Marx memahami ideologi berlawanan dengan pengertian ideologi berdasarkan Destutt de Tracy. Menurut Karl Marx, ideologi yaitu kesadaran tiruan. Mengapa disebut kesadaran tiruan? Karena ideologi ialah hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya, padahal kesadaran para pemikir tersebut intinya ditentukan oleh kepentingannya.Jadi ideologi berdasarkan Karl Marx yaitu pengandalan-pengandalan spekulatif yang berupa agama moralitas, atau keyakinan politik .Meskipun spekulatif ideologi tersebut dianggap sebagai kenyataan untuk menyembunyikan atau melindungi kepentingan kelas sosial pemikir tersebut.


Namun, ideologi negara sanggup diartikan sebagai alat untuk mensejahterakan masyarakat. Karena ideologi negara didasarkan atas kepentingan masyarakat jadi pemikiran tersebut bertujuan untuk kesejahteraan rakyatnya.

b.Louis Althuser

Louis Althuser yaitu anakdidik Karl Marx. Meskipun begitu, ia tidak oke dengan gagasan Karl Marx terkena Ideologi.Menurutnya, Ideologi yaitu gagasan spekulatif tetapi ideologi bukan gagasan tiruan alasannya yaitu gagasan spekulatif tersebut bukan dimaksudkan untuk menggambarkan realitas melainkan untuk mempersembahkan citra wacana bagaimana semestinya insan menjalani hidupnya. Sesungguhnya setiap orang membutuhkan ideologi, alasannya yaitu setiap orang perlu mempunyai keyakinan wacana bagaimana semestinya ia menjalankan kehidupannya.

c. Dr. Alfian

Ideologi yaitu suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam wacana bagaimana cara yang tepat, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laris bersama dalam banyak sekali segi kehidupan.

d.Soerjanto Poespowardoyo

Ideologi sebagai kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta memilih perilaku dasar untuk mengolahnya. Berdasarkan pemahaman yang dihayatinya itu, seseorang menangkap apa yang dilihat baik dan tidak baik.
e.Machiavelli
ideologi yaitu sistem tunjangan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

f.  M.Sastra Prateja

Ideologi sebagai seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur. Dalam hal ini, ideologi mengandung beberapa unsur, yaitu :
  • ·        Adanya suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan.
  • ·        Setiap Ideologi memuat seperangkat nilai atau suatu persepsi moral.
  • ·        Ideologi ialah suatu pemikiran acara untuk mewujudkan nilai-nilai di dalamnya.


g.Thomas H

Ideologi yaitu suatu cara untuk melindungi kekuasan pemerintah supaya sanggup bertahan dan mengatur rakyatnya.

h.Napoleon

Ideologi ialah keseluruhan pemikiran politik dan rival-rivalnya.

Dari banyak sekali pendapat di atas sanggup ditarik kesimpulan, yaitu:
  • Ideologi sanggup menjadi sesuatu yang baik ketika ideologi menjadi pendoman hidup menuju lebih baik.
  • Ideologi sanggup menjadi hal yang tidak baik ketika ideologi dijadikan alat untuk menyembunyikan kepentingan penguasa.


B.DIMENSI IDEOLOGI

Sebuah ideologi yang sudah menjdai keyakinan dalam kehidupan masyarakat sanggup menjadi luntur atau pudar seiring perkembangan zaman.Hal tersebut tergantung pada daya tahan Ideologi. Ideologi akan bisa bertahan menghadapi perubahan zaman,apabila mempunyai tiga dimensi,yaitu:

A.   Dimensi Realita

Dimensi ini menunjuk pada kemampuan ideologi untuk mencerminkan realita yang hidup dalam masyarakat, di mana ia muncul untuk pertama kalinya, paling kurang realita pada saat-saat awal kelahirannya

B.   Dimensi Idealisme

Dimensi Idealisme yaitu kadar/kualitas idealisme yang terkandung di dalam iseologi atau nila-nilai dasarnya. Kualitas itu memilih kemampuan ideologi dalam mempersembahkan impian kepada banyak sekali kelompok atau golongan yang ada dalam masyarakat untuk mempunyai dan membina kehidupan bersama secara lebih baik dan membangun suatu masa depan secara lebih cerah.

C.   Dimensi Fleksibilitas

Yaitu kemampuan ideologi dalam memengaruhi dan sekaligus mengikuti keadaan dengan pertumbuhan atau perkembangan masyarakat. Memengaruhi berarti ikut mewarnai proses pengembangan, sedangkan mengikuti keadaan berarti bahwa masyarakat berhasil menemukan tafsiran-tafsiran terhadap nilai-nilai daasar dari ideologi sesuai dengan realita-realita gres yang muncul dan yang harus mereka hadapi.
C.KLASIFIKASI IDEOLOGI

Ideologi sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu ideologi terbuka dan indeologi tertutup, nah jikalau sobat erat ingin tahu lebih lanjut terkena keduanya silahkan Lihat postingan melaluiataubersamaini Judul Perbedaan Ideologi terbuka dan Ideologi tertutup.

Sesudah membaca postingan di atas, sudah kah sobat erat dapatkan apa yang kurang dari ideologi indonesia? Atau spesialuntuk pengaplikasiannya saja yang tidak benar? Atau bagaimanalah, saya juga kurang tau :D, Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu.blosgspot.com yang sederhana ini, jikalau ada hal yang ingi ditanyakan eksklusif saja diisikan di kotak komentar ya J, tidakboleh lupa like nya.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Ideologi"