Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Proses Metabolisme


Selamat hadir di blog ini sobat dekat, kali ini saya akan mengulas sedikit ihwal metabolism, menyerupai biasa cakupannyayang pertama yakni Pengertian Metabolisme, nah bagi sobat bersahabat yang mencari-cari apa sih pengertian dari metabolism itu? Dan bagaimana proses nya terjadi? Silahkan temukan jawabanannya di postingan kami kali ini.

A.PENGERTIAN METABOLISME

Metabolisme yakni suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam badan tiruana makhluk hidup, proses ini ialah pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, sanggup kita katakana bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya.

Metabolisme Makanan

B.JENIS-JENIS METABOLISME

Metabolisme mempunyai dua arah lintasan metabolic, yaitu :
  • Katabolisme yang ialah penguraian suatu zat menjadi partikel yang lebih kecil untuk dijadikan energy.
  • Anabolisme yang ialah reaksi untuk merangkai senyawa organic dari molekul molekul tertentu biar sanggup diserap oleh tubuh.

C.PROSES METABOLISME

Didalam badan terjadi 3 proses metabolism utama yaitu :

1.Metabolisme Karbohidrat


Metabolisme Karbohidrat

Metabolisme ialah proses yang berlangsung dalam organisme,baik secara mekanis maupun kimiawi.Metabolisme itu sendiri terdiri dari 2 proses yaitu anabolisme(pembentukan molekul) dan Katabolisme(Penguraian molekul).Pada proses pencernaan makanan,karbohidrat mengalami proses hidrolisis(penguraian dengan memakai molekul air).Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida.

Ketika kuliner dikunyah,makanan akan bercampur dengan air liur yang mengandung enzim ptialin (suatu α amilase yang disekresikan oleh kelenjar parotis di dalam mulut).Enzim ini menghidrolisis pati(salah satu polisakarida) menjadi maltosa dan gugus glukosa kecil yang terdiri dari tiga hingga sembilan molekul glukosa.makanan berada di lisan spesialuntuk dalam waktu yang singkat dan mungkin tidak lebih dari 3-5% dari pati yang sudah dihidrolisis pada ketika kuliner ditelan.
Artikel Penunjang : Pengertian,Manfaat, dan Macam Macam Hidrolisis
Sekalipun kuliner tidak berada cukup usang dlaam lisan untuk dipecah oleh ptialin menjadi maltosa,tetapi kerja ptialin sanggup berlangsung terus menerus selama satu jam setalah kuliner memasuki lambung,yaitu hingga isi lambung bercampur dengan zat yang disekresikan oleh lambung.Selanjutnya kegiatan ptialin dari air liur dihambat oelh zat asam yang disekresikan oleh lambung.Hal ini dikarenakan ptialin ialah enzim amilase yang tidak aktif ketika PH medium turun di bawah 4,0.
Sesudah makan dikosongkan dari lambung dan masuk ke duodenum (usus dua belas jari),makanan kemudian bercampur dengan getah pankreas.Pati yang belum di pecah akan dicerna oleh amilase yang diperoleh dari sekresi pankreas.Sekresi pankreas ini mengandung α amilase yang fungsinya sama dengan α-amilase pada air liur,yaitu memcah pati menjadi maltosa dan polimer glukosa kecil lainnya.Namun,pati pada umumnya hampir sepenuhnya di ubah menjadi maltosa dan polimer glukosa kecil lainnya sebelum melewati lambung.
Artikel Penunjang : Pengertian,Fungsi dan Struktur Pankreas
Hasil simpulan dari proses pencernaan yakni glukosa,fruktosa,glaktosa,manosa dan monosakarida lainnya.Senyawa-senyawa tersebut kemudian diabsorpsi melalui dinding usus dan dibawa ke hati oleh darah.
  • Glukosa sebagai salah satu hasil dari pemecahan pati akan mengalami dau proses di dalam hati,yaitu:
  • Pertama,Glukosa akan beredar bersama anutan darah untuk memenuhi kebutuhan energi sel-sel tubuh
  • Kedua,jika di dalam hati terdapat kelebihan glukosa (gula darah),glukosa akan di ubah menjadi glikogen(gula otot) dengan menolongan hormon insulin dan secara otomatis akan menjaga keseimbangan gula darah.Glikogen di simpan di dalam hati,jika sewaktu-waktu dibutuhkan,glikogen di ubah kembali menjadi glukosa dengan menolongan hormon adrenaline.
2. Metabolisme Protein


Metabolisme Protein

Protein dalam kuliner hampir sebagian besar berasal dari daging dan sayur-sayuran.Protein dicerna di lambung oleh enzim pepsin,yang aktif pada pH 2-3 (suasana asam).
Artikel Penunjang : Pengertian, Sifat, Fungsi dan Macam Macam Enzim
Pepsin bisa mencerna tiruana jenis protein yang berada dalam makanan.Salah satu hal terpenting dari penceranaan yang dilakukan pepsin yakni kemampuannya untuk mencerna kolagen.Kolagen ialah materi daasar utama jaenteng ikat pada kulit dan tulang rawan.
Pepsin memulai proses pencernaan Protein.Proses pencernaan yang dilakukan pepsin mencakup 10-30% dari pencernaan protein total.Pemecahan protein ini ialah proses hidrolisis yang terjadi pada rantai polipeptida.

Sebagian besar proses pencernaan protein terjadi di usus.Ketika protein meninggalkan lambung,biasanya protein dalam bentuk proteosa,pepton,dan polipeptida besar.Sesudah memasuki usus,produk-produk yang sudah di pecah sebagian besar akan bercampur dengan enzim pankreas di bawah imbas enzim proteolitik,seperti tripsin,kimotripsin,dan peptidase.Baik tripsin maupun kimotripsin memecah molekul protein menjadi polipeptida kecil.Peptidase kemudian akan melepaskan asam-asam amino.

Asam amino yang terdapat dalam darah berasal dari tiga sumber,yaitu penyerapan melalui dinding usus,hasil penguraian protein dalam sel,dan hasil sintesis asam amino dalam sel.asam amino yang disintesis dalam sel maupun yang dihasilkan dari proses penguraian protein dalam hati dibawa oleh darah untuk dipakai di dalam jaenteng.dala hal ini hati berfungsi sebagai pengatur serius asam amino dalam darah.

Kelebihan protein tidak disimpan dalam tubuh,melainkan akan dirombak di dalam hati menjadi senyawa yang mengandung unsur N,seperti NH3 (amonia) dan NH4OH (amonium hidroksida),serta senyawa yyang tidak mengandung unsur N.Senyawa yang mengandung unsur N akan disintesis menjadi urea.Pembentukan urea berlangsung di dalam hati alasannya yakni spesialuntuk sel-sel hati yang sanggup menghasilkan enzim arginase.Urea yang dihasilkan tidak diharapkan oleh tubuh,sehingga diangkut bersama zat-zat lainnya menuju ginjal laul dikeluarkan melalui urin.sebaliknya,senyawa yang tidak mengandung unsur N akan disintesis kembali mejadi materi baku karbohidrat dan lemak,sehingga sanggup di oksidasi di dalam badan untuk menghasilkan energi.

3.Metabolisme Lemak


Metabolisme Lemak

Pencernaan lemak tidak terjadi di mulut dan lambung alasannya yakni di kawasan tersebut tidak terdapat enzim lipase yang sanggup menghidrolisis atau memecah lemak.Pencernaan lemak terjadi di dalam usus,karena usus mengandung lipase.

Lemak keluar daari lambung masuk ke dalam usus sehingga merangsang hormon kolesistokinin.Hormon kolesistokinin menjadikan kantung empedu berkontraksi sehingga mengeluarkan cairan empedu ke dalam duodenum(usus dua belaas jari).Empedu mengandung garam empedu yang memegang peranan penting dalam mengemulsikan lemak.Emulsi Lemak ialah pemecahan lemak yang berukuran besar menjadai butiran lemak yang berukuran lebih kecil.ukuran lemak yang lebih kecil (trigliserida) yang teremulsi akan megampangkan hidrolisis lemak oleh lipase yang dihasilkan dari penkreas.Lipase pankreas akan menghidrolisis lemak teremulsi menjadi adonan asam lemak dan monoligserida (gliserida tunggal).Pengeluaran cairan penkreas dirancang oleh hormon sekretin yang berperan dalam meningkatkan jumlah elektrolit (senyawa penghantar listrik) dan cairan pankreas,serta pankreoenzim yang berperan untuk merangsang pengeluaran enzim-enzim dalam cairan pankreas.
Artikel Penunjang : Pengertian danFungsi Hormon Pada Manusia
Absorpsi hasil pencernaan lemak sebagian besar (70%) terjadi di usus halus.Pada waktu asam lemak dan monogliserida di penyerapan melalui sel-sel mukosa pada dinding usus,keduanya di ubah kembali menjadi lemak (trigliserida dengan bentuk partikel-partikel kecil(jaenteng lemak.Saar dibutuhkam,timbunan lemak tersenit akan diangkut menuju hati.

Nah sobat dekat, itulah postingan kali ini di Atap Ilmu.blogspot.com, udah ngerti tentunya kan dengan pengertian dan proses Metabolisme di dalam tubuh, Semoga ilmunya sanggup terus bermanfaa ya, Kalau memang ada yang belum dipahami pribadi aja diisikan dikotak komentar, Terimakasih sudah berkunjung, Jangan lupa likenya ya J


Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Proses Metabolisme"