Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Jenis Arus Maritim Dunia

Pengertian Arus Laut, Faktor penyebab terjadinya Arus Laut, Jenis-jenis Arus Laut, Persebaran arus bahari di seluruh dunia, dan pengamatan Arus Laut, nah sobat dekat, beberapa point tersebut akan menjadi bahasan kita dalam artikel kali ini. Arus Laut ialah tema dalam label geografi kita kali ini. Langsung saja ya.



A.PENGERTIAN ARUS LAUT
Arus laut ialah pergerakan massa air secara vertikal dan horizontal sehingga menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan di dunia. Arus juga ialah gerakan mengalir suatu massa air yang dikarenakan tipuan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang.

B.FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA ARUS LAUT
Terjadinya arus di lautan disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu :
  • Faktor internal, ibarat perbedaan densitas air laut, gradien tekanan mendatar dan goresan lapisan air.
  • Faktor eksternal ibarat gaya tarik matahari dan bulan yang dipengaruhi oleh tahanan dasar bahari dan gaya coriolis, perbedaan tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tektonik, dan angin.

C.JENIS-JENIS ARUS LAUT

a.Berdasarkan Proses Terjadinya:
  • Arus ekman: Arus yang dipengaruhi oleh angin.
  • Arus termohaline : Arus yang dipengaruhi oleh densitas dan gravitas.
  • Arus pasut : Arus yang dipengaruhi oleh pasut.
  • Arus Geostropik : Arus yang dipengaruhi oleh gradien tekanan mendatar dan gaya corolis.
  • Arus Wind driven current : Arus yang dipengaruhi oleh contoh pergerakan angin dan terjadi pada lapisan permukaan.


b.Berdasarkan Kedalamannya:
  • Arus permukaan : Terjadi pada beberapa ratus meter dari permukaan, bergerak dengan arah horizontal dan dipengaruhi oleh contoh sebaran angin.
  • Arus dalam : Terjadi jauh di dasar kolom peraran, arah pergerakannya tidak dipengaruhi oleh contoh sebaran angin dan membawa massa air dari tempat kutub ke tempat ekuator.


D.PERSEBARAN ARUS DI SELURUH DUNIA

a.Di Samudra Pasifik

1.Di Sebelah Utara Khatulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Utara, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa dan ditimbulkan serta di dorong oleh angin pasat timur laut.
  • Arus Kuroshio, ialah lanjutan arus khatulistiwa utara, lantaran sehabis hingga di bersahabat Filipina, arahnya menuju ke utara. Arus ini ialah arus gerah yang mengalir dari kepulauan Filipina, menyusur sebelah timur kepulauan Jepang dan terus ke pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini di dorong oleh Angin Barat.
  • Arus Kalifornia, mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara ke arah selatan menuju ke khatulistiwa. Arus ini ialah lanjutan arus kuroshio, termasuk arus menyimpang (pengaruh daratan) dan arus dingin.
  • Arus Oyashio, ialah arus hambar yang di dorong oleh angin timur dan mengalir dari selat Bering menuju ke selatan dan berakhir di sebelah timur kepulauan Jepang, lantaran di tempat ini arus tersebut bertemu dengan arus Kuroshio (terhambat oleh kuroshio). Di tempat pertemuan arus hambar Oyashio dengan arus gerah Kuroshio terdapat tempat perikanan yang kaya, alasannya plankton-plankton yang terbawa oleh arus Oyashio berhenti pada tempat pertemuan dengan arus pana Kuroshio yang menjadi hangat dan tumbuh rindang.

2.Di Sebelah Selatan Khaulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Selatan, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat tenggara.
  • Arus Humboldt atau Arus Peru, ialah lanjutan dari sebagian arus angin bbarat yang mengalir di sepanjang barat Amerika Selatan menyusur ke arah utara. Arus ini di dorong oleh angin sentra tenggara dan termasuk arus dingin.
  • Arus Australia timur, ialah lanjutan arus Khatulistiwa Selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur dari arah utara ke selatan (sebelah timur Great Barrier Reef).
  • Arus Angin Barat, ialah lanjutan dari sebagian arus Australia Timur yang mengalir menuju ke timur ( pada lintang 30 derajat-40 derajat LS) dan sejajar dengan garis ekuator. Arus ini didorong oleh Angin Barat.


b.Di Samudra Atlantik

1.Di Sebelah Utara Khatulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Utara, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat timur laut.
  • Arus Teluk Gulfstream, ialah arus menyimpang yang segera diperkuat oleh dorongan angin besar dan ialah arus gerah. Arus ini disebut arus teluk alasannya sebagian darinya keluar dari teluk meksiko.
  • Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur, ialah arus hambar yang mengalir dari laue Kutub Utara ke Selatan menyusur pantai timur tanah hijau. Arus ini didorong oleh angin Timur ( yang berasal dari tempat kutub).
  • Arus Labrador, berasal dari bahari kutub utara yang mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini didorong oleh angin timur dan ialah arus hambar yang pada umumnya membawa “pegunungan es” yang ikut dihanyutkan.
  • Arus Canari, ialah arus menyimpang dan termasuk arus dingin. Arus ini ialah lanjutan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya sehabis imbas daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusur pantai barat Afrika Utara.

2.Di Sebelah Setan Khatulistiwa
  • Arus Khatulistiwa Selatan, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke barat, sejajar dengan garis khatulistiwa. Sebagian dari arus ini masuk ke utara (yang tolong-menolong dengan arus khatulistiwa utara ke Laut Karibia) sedangkan yang sebagian lagi membelok ke selatan. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.
  • Arus Braziliia, ialah lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai timur Amerika Selatan (khususnya Brazilia). Arus ini termasuk arus menyimpang dan ialah arus gerah.
  • Arus Benguela, ialah lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah utara menyusuri pantai barat Afrika Selatan. Arus ini ialah arus dingin, yang karenanya kembali menjadi Arus Khatulistiwa selatan.
  • Arus Angin Barat, ialah lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur (pada lintang 30 derajat-40 derajat LS) sejajar dengan garis ekuator, arus ini didorong oleh angin barat dan ialah arus dingin.

c.Di Samudra Hindia

1.Di Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus bahari samudra ini keadaanya tidak sama dengan samudra lain, alasannya arah gerakan arus tak tetap dalam setahun, melainkan berganti arah dalam ½ tahun, sesuai dengan gerakan angin ekspresi dominan yang menimbulkannya. Arus-arus tersebut ialah sebagai diberikut:

  • Arus Musim Barat Daya, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke timur menyusuri bahari arab dan Teluk Benguela. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin ekspresi dominan barat daya. Arus ini berjalan kurang besar lengan berkuasa alasannya menerima kendala dari gerakan angin pasat timur laut.
  • Arus Musim Timur Laut, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke barat menyusuri teluk Benguela dan Laut Arab. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin ekspresi dominan timur laut. Arus yang terjadi bergerak agak besar lengan berkuasa alasannya di dorong oleh dua angin yang saling memperkuat, yaitu angi pasat timuur bahari dan angin ekspresi dominan timur laut.
2.Di Sebelah Selatan Khatulistiwa

  • Arus Khatulistiwa Selatan, ialah arus gerah yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa yang nnantinya pecah menjadi dua ( Arus Maskarena dan Aurs Agulhas sehabis hingga di timur madagaskar). Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.
  • Arus Maskarena dan Arus Agulhas, ialah arus menyimpang dan ialah arus gerah. Arus ini juga ialah lanjutan dari pecahan Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Maskarena mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai Pulau Madagaskar Timur. Arus Agulhas juga mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai pulau Madagaskar Barat.
  • Arus Angin Barat, ialah lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke sebelah utara menyusur pantai barat benua Australia. Arus ini termasuk arus menyimpang dan ialah arus hambar yang karenanya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.

E.PENGAMATAN ARUS LAUT
Dilakukan untuk mengetahui arah dan kecepatan air bahari pada kedalaman tertentu. Metode pengamatannya memakai Current Meter, yaitu dengan menempatkannya di beberapa stasiun pengamat di bawah permukaan laut.

Current Meter


Keuntungan Current Meter:

  • Dapat mengukur pada setiap kedalaman.
  • Pencatatanya secara otomatis.
  • Data Ukurannya relatif teliti.
Sistem Pengamatan
Pengukuran kecepatan arus air disebut dengan Water Current Meter yang secara prinsip dibagi dalam tiga sistem, yaitu:

Pengukuran Kecepatan Arus


  • Sistem Pencacah Putaran, yaitu current meter yang mengkonversi kecepatan sudut dari propeller atau baling-baling kedalam kecepatan linear. Biasanya jenis ini memiliki kimasukan pengukuran antara 0,03 – 10 m/s.
  • Sistem Elektromagnetik, pada sistem ini air dianggap sebagai konduktor yang mengalir melalui medan magnetik. Perubahan pada tegangan diterjemahkan kedalam kecepatan.
  • Sistem Akustik, pada sistem ini dipakai prinsip Dopler pada transduser, juga biasanya berperan sekaligus sebagai receiver, yang memancarkan pulsa-pulsa pendek pada frekuensi tertentu. Pulsa-pulsa dari yang diterima kembali oleh receiver dimana hal tersebut sanggup diukur sebagai kecepatan arus air.
Nah itulah postingan kali ini terkena Arus Laut sobat dekat, gimana nih pendapatnya, pribadi diisikan saja di kotak komentar. Terimakasih sudah berkunjung blog sederhana wacana pengetahuan Atap Ilmu.blogspot.com. Jangan lupa bagi jempolnya ya :D.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Jenis Arus Maritim Dunia"