Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Ciri, Dan Penjabaran Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Postingan kali ini mengulas tentang Tumbuhan Paku (Pteridophyta) dengan serius bahasan mencakup pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, dan manfaatnya. Mari simak uraian diberikut dengan seksama.

A. PENGERTIAN TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA)
Tumbuhan paku disebut juga Pteridophyta. Tumbuhan paku ialah tumbuhan dengan tingkatan lebih tinggi dari lumut alasannya yakni mempunyai akar, daun, dan batang sejati. Selain itu, meskipun habitat utama tumbuhan paku pada daerah yang lembab (higrofit), namun tumbuhan paku juga sanggup hidup diberbagai daerah menyerupai di air (hidrofit), permukaan batu, tanah, serta sanggup juga melekat (epifit) pada pohon.

B. CIRI – CIRI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA)
Berikut ini beberapa ciri-ciri tumbuhan paku, diantaranya meliputi:
  • Organisme multiseluler dan eukariotik
  • Sudah mempunyai akar, daun dan batang sejati, sehingga disebut kormophyta berspora.

a. Struktur Akar
Akar tumbuhan paku berbentuk serabut dengan kaliptra pada ujungnya. Jaenteng akarnya terdiri dari epidermis, korteks, dan silinder pusat.

b. Struktur Batang
Serupa halnya dengan jaenteng akarnya, struktur batang tumbuhan paku juga terdiri dari epidermis, korteks, dan silinder pusat. Pada silinder sentra tersebut terdapat berkas pembuluh angkut, yaitu xilem dan floem. Berkas pembuluh ini berperan dalam proses fotosintesis dan mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh pecahan badan tumbuhan.

c. Struktur Daun
Struktur daun tumbuhan paku terdiri atas jaenteng epidermis, mesofil, dan pembuluh angkut. Sedangkan jenis tumbuhan paku sendiri terdiri atas banyak sekali macam, meliputi:
Jika ditinjau dari ukuran daun, maka daun tumbuhan paku ada yang berukuran kecil (mikrofil) dan berukuran besar (makrofil). Daun mikrofil tidak bertangkai dan tidak bertulang, serta bebentuk rambut atau sisik. Sedangkan daun makrofil bertangkai, bertulang daun, jarngan tiang, bunga karang, dan juga mempunyai mesofil dengan stomata, serta bebentuk
Jika ditinjau dari fungsinya, daun tumbuhan paku ada yang menghasilkan spora (sporofil) dan tidak menghasilkan spora (tropofil). Daun tropofil disebut sebagai daun steril dan mempunyai klorofil sehingga berperan dalam proses fotosintesis dalam menghasilkan glukosa. Sedangkan daun sporofil disebut sebagai daun fertil alasannya yakni menghasilkan spora sebagai alat perkembangbiakan.
  • Umumnya habitat tumbuhan paku pada daerah yang lembab, bisa di darat, perairan, ataupun menempel.
  • Tumbuhan paku sanggup bereproduksi secara seksual maupun secara aseksual.
  • Tumbuhan paku bersifat fotoautotrof, alasannya yakni mempunyai klorofil sehingga sanggup berlangsungnya proses fotosintesis.
  • Dalam siklus hidup tumbuhan paku, pada fase metagenesis terdapat fase sporofit yaitu tumbuhan paku sendiri. Fase sporofit pada metagenesis mempunyai sifat yang lebih secara umum dikuasai dibandingkan fase gametofitnya.


C. KLASIFIKASI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA)
Tumbuhan paku (Pteridophyta) dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelas apabila ditinjau dari morfologi tubuh, diantaranya yaitu:
a. Psilophyta (paku kurba/paku telanjang)
Psilophyta (paku kurba/paku telanjang)
Tumbuhan paku kelas ini belum mempunyai daun dan akar, namun batangnya sudah mempunyai berkas pengangkut, bercabang-cabang dengan sporangium diujungnya. Sporofil mengandung satu jenis spora, dikenal dengan istilah homospora. misalnya, Rhynia Major dan Psylotum sp

b. Equisetophyta/ Sphenophyta
Equisetophyta/ Sphenophyta
Tumbuhan paku kelas ini memeiliki batang yang menyerupai dengan ujung kuda, mempunyai daun menyerupai kawat, dan daunnya tersusun dalam satu lingkaran. Tumbuhan paku kelas ini dikenal juga dengan sebutan paku ujung kuda.
misalnya, Equisetum debile.

c. Lycophyta (paku kawat/paku rambat)
Lycophyta (paku kawat/paku rambat)
Kelas Lycophyta, tumbuhan paku berdaun kecil, tersusun spiral, batang menyerupai kawat, sporangium terkumpul dalam strobilus dan muncul pada ujung ketiak.
misalnya, Lycopodium sp (paku rgua), Lycopodium clavatum (paku kawat), Selaginella sp.

d. Filicinae/Pterophyta (paku sejati)
Tumbuhan paku kelas ini sudah lebih tinggi tingkatannya dibanding kelas sebelumnya. Kelas Pterophyta sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati. Daun tumbuhan ini berukuran besar sehingga disebut megafil. Batangnya sanggup tumbuh di atas maupun di bawah tanah. Karakteristik klas kelas ini ialah daun mudanya menggulung (circinnatus) dan terdapat sorus di pecahan permukaan bawah daun.
misalnya, Asplenium nidus (paku masukang burung), Salvinia natans (paku sampan), Adiantum farleyense (ujung merak), dan lainnya.

 Berdasarkan jenis sporanya, tumbuhan paku sanggup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:
1. Paku Homospora
Tumbuhan paku homospora menghasilkan spora dengan ukuran yang sama  dan tidak sanggup dibedakan antara spora jantan dan spora betina. Tumbuhan jenis ini dikenal juga dengan sebutan paku isospora.
misalnya, Lycopodium sp (paku kawat).

2. Paku Heterospora
Tumbuhan paku jenis ini menghasilkan spora yang tidak sama ukuran sehingga disebut an-isospora. Spora jantan disebut mikrospora alasannya yakni berukuran kecil, sedangkan spora betina berukuran lebih besar sehingga disebut makrospora. misalnya, Selaginella sp (paku rgua).

3. Paku Peralihan
Paku peralihan ialah tumbuhan paku dengan jenis kelabuin yang tidak sama, namun ukuran sporanya sama.
misalnya, Equisetum debile (paku ujung kuda).

D. MANFAAT TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA)
Dalam kehidupan sehari-hari, tumbuhan paku cukup berperan penting meskipun masih banyak orang yang tidak mengetahui fungsi tumbuhan tersebut. Berikut ini beberapan fungsi tumbuhan paku, meliputi:

1. Tanaman Hias
Banyak tumbuhan paku yang dipakai sebagai tumbuhan hias dalam kehidupan. Misal, Adiantum Cuneatum (suplir), Asplenium nidus (paku masukang burung), dan Platycerium biforme (paku simbar mentidakboleh).

2. Sayuran
Tumbuhan paku yang dimanfaatkan sebagai sayuran contohnya Marsilea crenata (semanggi) dan Pteridium aquilinum (paku garuda).

3. Pupuk Hijau
Tumbuhan paku yang banyak dimanfaatkan sebagai pupuk hijau ialah Azolla pinnata yang bersimbiosis dengan Anabaena azolle yang bisa mengikat gas N2 bebas.

4. Obat-Obatan
Tumbuhan paku ada yang dipakai sebagai obat diuretik yaitu Equisetum (paku kuda) dan dipakai sebagai obat luka yaitu Selaginella.

5. Bahan Bangunan
Tumbuhan paku yang banyak dipakai untuk pembuatan tiang bangunan ialah Alsophila glauca.

6. Alat Penggosok/Pemmembersihkan
Equisetum sp banyak dimanfaatkan sebagai alat penggosok/ampelas.

7. Bahan Pembuatan Petasan
Bahan pembuatan petasan yang sering dipakai ialah spora Lycopodium sp dan Pyrotechnics.

8. Bingkai
Tumbuhan paku juga banyak dipakai sebagai bingkai dalam karangan bunga.

Meskipun tumbuhan paku mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan menyerupai yang sudah dipaparkan diatas bukan berarti tidak ada yang mengakibatkan kerugian. Sehingga, diharapkan pengetahuan tentang pembagian terstruktur mengenai tumbuhan paku dan peranannya sehingga tidak mengakibatkan kerugian yang tidak diinginkan dalam kehidupan.


Demikian pembahasan kali ini terkait dengan Tumbuhan Berbiji (Pterydophyta) dengan serius bahasan mencakup pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, dan manfaatnya. Semoga gosip yang kami sajikan bermanfaa. Terimakasih sudah berkunjung di Atap Ilmu, tidakboleh lupa like, follow, dan komentarnya ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pengertian, Ciri, Dan Penjabaran Tumbuhan Paku (Pteridophyta)"