Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode - Metode Sosiologi

Metode – Metode dalam sosiologi ialah topik pembahasan kali ini di Atap Ilmu. Sebelum mulai membaca postingannya, lebih baik teman akrab sudah mengerti wacana sosiologi, jikalau belum, mari kunjungi :

1. METODE – METODE SOSIOLOGI SECARA UMUM
Secara garis besar, Sosiologi membagi metode penelitiannya kedalam 2 kategori, yaitu :
A. METODE KUALITATIF
Metode Kulitatif yakni metode yang memprioritaskan banyak sekali susah untuk diukur dengan angka, walaupun insiden tersebut secara konkret terjadi dalam masyarakat. Pengelompokkan suatu hasil penelitian kedalam Metode Kualitatif apabila hasil tersebut tidak bisa dijabarkan secara matematis

B. METODE KUANTITATIF
Metode Kuantitatif yakni metode yang memprioritaskan penelitian menurut penelitian menurut kepada angka atau gejala-gejala yang sanggup diukur dengan skala matematis menyerupai tabel, grafik, dan uji statistik. Pengukuran data secara matematis tidak mengharuskan peneliti sosiologi menguasai ilmu statistik yang tinggi, alasannya yakni pengamatan spesialuntuk memakai ilmu matematis sederhana menyerupai mencari rata-rata, melihat tabel, frekuensi, dll, serta topik yang dibahas tetaplah wacana masyarakat.
SUMBER GAMBAR KLIK DISINI
2. METODE – METODE SOSIOLOGI SECARA KHUSUS
Dalam Sosiologi suatu pengantar edisi kedua, Soerjono Soekanto, 1986 dikatakan bahwa sosiologi yakni ilmu untuk mengungkap dan meninjau realitas sosial yang ada dalam masyarakat. Sebagai ilmu pengetahuan, tentunya sosiologi memakai metode Ilmiah semoga hasil penelitian sanggup dipertanggungjawabankan secara ilmiah. Nah diberikut ini yakni metode – metode yang dipakai :

a.  METODE STATISTIK
Metode Statistik yakni metode yang dipakai untuk menerangkan korelasi atau efek kualitas, dan memperkecil prasangka pribadi dari suatu pihak. contohnya yakni penerapan tabel ketika melaksanakan pengamatan semoga memperoleh hasil secara kuantitatif.

b. METODE EKSPERIMEN
Metode eksperimen yakni metode yang dipakai untuk membandingkan hasil percobaan dari dua kelompok. Satu kelompok sebagai eksperimen dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol.

c. METODE INDUKTIF
Metode Induktif yakni metode yang dipakai dengan mempelajari suatu hal yang khusus untuk mendapat hasil atau kesimpulan yang lebih luas dan bersifat umum.

d. METODE DEDUKTIF
Metode Deduktif yakni metode yang dipakai untuk mempelajari suatu hal yang bersifat umum untuk mendapat suatu hasil atau kesimpulan yang lalu dipelajari pada keadaan lebih sempit atau lebih khusus.

e. METODE STUDI KASUS
Metode Studi Kasus yakni metode yang dipakai untuk mereview kebenaran insiden yang terjadi dengan melaksanakan pengamatan terhadap suatu keadaan, individu, dan banyak sekali kelompok. Alat – alat yang dipakai dalam studi masalah yakni wawancara, pertanyaan – pertanyaan kuesioner, dan metode keterlibatan peneliti dalam suatu masalah.

f. METODE SURVEI LAPANGAN
Metode Survei Lapangan yakni metode yang dipakai dengan cara turun secara pribadi kedalam lingkungan masyarakat untuk mendapat data.

g. METODE PARTISIPASI
Metode Pertisipasi yakni metode yang dipakai untuk melaksanakan suatu penelitian secara mendalam terhadap suatu kelompok tertentu. Agar mendapat data dengan metode ini, Peneliti harus berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat / kelompok yang diamati.

h. METODE EMPIRIS DAN RASIONALISTIS
  • Metode Empiris yakni metode yang memakai fakta yang sudah terjadi dalam masyarakat untuk mendapat data.
  • Metode Rasionalistis yakni metode yang memakai nalar sehat untuk menemukan dan meninjau masalah-masalah yang berkaitan dengan kemasyarakatan.


i. METODE FUNGSIONALISME
Metode Fungsionalisme yakni metode yang dipakai untuk menilai bagaimana fungsi suatu forum kemasyarakatan dan struktur sosial dalam masyarakat.

j. METODE STUDI PUSTAKA
Metode Studi Pustaka yakni metode yang memanfaatkan banyak sekali literatur dan buku untuk mendapat suatu data. Metode ini tidak memerlukan banyak biaya alasannya yakni sanggup memanfaatkan perpustakaan untuk mendapat banyak sumber. Namun peneliti harus mempunyai kemampuan untuk mencari buku – buku yang memang sesuai dengan topik yang akan dibahas.

DAFTAR PUSTAKA :
Soewinto, dkk. Sosiologi Kelas X Semester Ganjil. Solo : Trijaya Utama.
Bagja, waluya. 2007. Sosiologi menyelami fenomena sosial di masyarakat untuk Kelas X. Bandung : PT Setia Purna Inves.
Maryati, Kun; Suryawati, Juju. 2007. Sosiologi Untuk Kelas X 1. Jakarta : Esis.

Nah, itulah postingan kali ini dengan topik METODE – METODE DALAM SOSIOLOGI, semoga sanggup bermanfaa bagi teman dekat. Jika masih ada hal yang belum dimengerti, silahkan pertanyaannya diisi di kotak komentar, kami akan berusaha merespon secepat mungkin. Terimakasih atas kunjungannya J



Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Metode - Metode Sosiologi"