Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Otot

Otot Polos, Otot rangka, dan Otot Jantung, ialah topik pembahasan utama kita pada postingan kali ini. Langsung saja ya


Artikel ini menarikdanunik juga sob : Pengertian dan Fungsi Rangka

Ilmu yang mempelajari wacana otot dan struktur pendukungnya disebut miologi. Kita sanggup mempelajari wacana otot secara makroskopis (mata telanjang) dan juga mikroskopis (dengan menggunakan mikroskop). Setiap jaenteng otot mempunyai kemampuan untuk berkontraksi (memendek) dan untuk berelaksasi (memanjang), kemampuan ini sesuai dengan fungsi otot sebagai alat gerak aktif. Bersamaan dengan tulang dan stimulasi saraf, otot sanggup bergerak. Sel-sel Otot ini bekerja dalam kelompok tidak bekerja sendiri-sendiri, artinya sel-sel otot yang sama bergantian melaksanakan kontraksi ketika dilakukannya suatu pekerjaan.


Artikel Terkait : Pengertian, Fungsidan Bagian Mikroskop

Jenis-Jenis Otot 

A. OTOT POLOS
Otot polos yaitu otot yang bersifat ‘involunter’ yang berarti otot ini bekerja secara tidak sadar / tidak berdasarkan kehendak. Otot ini berkontraksi secara lambat, namun sanggup bekerja dalam waktu yang lama. Penggunaan energi ketika kontraksi pada otot polos ini sangat efisien.
Otot polos mempunyai 1 inti sel yang terletak di tengah. Serat otot polos berbentuk gelendong. Otot ini tersusun atas sel-sel yang berbentuk lancip dan memanjang. Dapat dilihat pada gambar.
Otot Polos
misal organ yang disusun oleh otot polos yaitu sebagian besar organ pencernaan ibarat esophagus, intestinum dan kolon.

Ada dua jenis otot polos berdasarkan cara serabut saraf otot distimulasi untuk berkontraksi, yaitu:
  • Otot Polos Unit Ganda, otot ini memerlukan stimulus saraf eksternal untuk melaksanakan kontraksi. misal otot ini terdapat pada otot mata yang memseriuskan lensa dan menyesuaikan ukuran pupil.
  • Otot Polos Unit Tunggal (viseral), otot ini tidak memerlukan stimulus saraf eksternal untuk melaksanakan kontraksi, rujukan otot ini terdapat pada lapisan dinding organ berongga (visera).


B. OTOT RANGKA / SKELET / LURIK
Otot rangka ini ialah kebalikan dari otot polos. Otot rangka bekerja secara sadar, artinya bekerja berdasarkan kehendak, setiap kerja dari otot rangka tergantung kepada cita-cita seseorang.

Otot rangka mempunyai banyak inti sel , itulah yang membuat nya bisa bekerja kuat, namun otot ini simpel lelah. cepatdangampang lelah disini artinya tidak bisa melaksanakan suatu pekerjaan secara terus menerus tanpa istirahat. Beda halnya dengan otot jantung. Otot ini mempunyai sel-sel berbentuk silinder yang sangat panjang. Disebut otot rangka alasannya yaitu menempel pada rangka tubuh. Strukturnya sanggup dilihat pada gambar di bawah.
Otot Lurik
misal organ yang disusun oleh otot polos yaitu sebagian besar wajah, anggota gerak, dan dinding perut.

C. OTOT JANTUNG
Otot jantung biasanya disebut juga myocardium, myo artinya otot, dan cardium artinya jantung. Makara ibarat namanya otot ini ialah yang otot yang terdapat di jantung. Secara garis besar sanggup dikatakan bahwa otot jantung ialah adonan dari otot polos dan otot rangka (otot lurik).

Bentuk dari otot jantung ini serupa dengan otot rangka (berbentuk silinder panjang namun mempunyai inti di tengah) tapi sifat nya serupa dengan otot polos (bekerja secara involunter). Otot ini bekerja secara terus menerus tanpa lelah dan tidak pernah diberistirahat, kerjanya tidak diatur oleh sistem persarafan, namun suatu sistem pengatur fatwa listrik jantunglah yang membuat otot ini bekerja tanpa henti.
Otot Jantung
Otot ini spesialuntuk terdapat di jantung, terutama membentuk dinding ventrikel jantung.

D. TABEL PERBEDAAN OTOT POLOS, OTOT RANGKA, DAN OTOT JANTUNG


















Referensi :
  • Firmansyah, Ricky, dkk. 2007. cepatdangampang dan Aktif Belajar Biologi. Jakarta : Grafindo Media Pratama
  • Slogua, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi Untuk Pemula. Jakarta : EGC
  • Bahan Ajar Neuro MUSCULOSKELETAL bab Anatomi Uneiversitas Syiah Kuala


Nah sekian dulu bahasan singkat kami terkena macam-macam otot, gampang-gampangan saja sanggup bermanfaa bagi teman akrab tiruananya. Jika ada hal yang belum dipahami bisa di tanyakan pada kotak komentar, kita akan mendiskusikannya, terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa like nya ya J.

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Macam - Macam Otot"