Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Komputer (Pc)

Selamat hadir di Atap Ilmu blog sederhana yang membuatkan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan mengulas tentang Jenis Jenis Komputer, Semoga ilmunya sanggup bermanfaa. Langsung saja ya.

Ditinjau dari beberapa hal, komputer mempunyai kelompok tersendiri dalam dukungan jenisnya. Terdapat komputer yang dikelompokkan menurut generasi, cara kerja, penerapan, kapasitas memori dan menurut ukuran fisik. Berikut klarifikasi singkatnya :

a. Komputer analog
Komputer analog ialah komputer yang bekerja secara kontinu, dipakai untuk mendapatkan sinyal analog yang sifatnya kontinu berbentuk gelombang dan tidak berbentuk angka serta tidak memerlukan bahasa perantara. Komputer ini dipakai untuk mempresentasikan suatu keadaan. contohnya seismograf yang merekam gelombang yang menjalar di bawah permukaan bumi secara kontinu.

b. Komputer digital
Komputer digital ialah komputer yang mendapatkan data digital yang berbentuk angka atau huruf. Fungsinya untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Komputer digital biasanya dipakai pada aplikasi bisnis dan aplikasi metode.

c. Komputer hybrid
Komputer jenis ini sanggup mendapatkan dan mengolah data secara kuantitatif maupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakn adonan dari komputer analog dan digital. Komputer jenis ini dipakai di rumah sakit dan dipakai untuk menilik keadaan badan pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.
JENIS JENIS KOMPUTER
2. Komputer menurut penerapannya
a. Komputer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk menuntaskan suatu problem khusus atau satu problem saja. Komputernya sanggup berupa digital maupun analog. Sekali special purpose computer sudah diprogram untuk problem yang khusus maka tidak bisa lagi dipakai untuk hal-hal lainnya tanpa diubah ulang. contohnya SPC dipakai untuk simulasi interaksi sistem partikel.

b. Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk pemecahan banyak hal untuk keperluan umum, sanggup dipakai aktivitas yang tidak sama-beda dalam satu komputer. contohnya personal computer.

3. Komputer menurut kapasitas memori dan ukurannya
Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data ibarat kapasitas main memory, konfigurasi dari operand regiter, kecepatan mengolahnya, jumlah dan macam alat-alat input dan outputnya, dan ukuran fisik komputer dan ruangan yang dibutuhkan.

a. Komputer mikro (Micro computer)
Komputer dengan mikroprosesor sebagai sentra pengendali utamanya. Komputer ini khususnya dipakai untuk single user bisa juga disebut dengan komputer dekstop atau personal komputer. Ukuran komputer mikro memorinya berkisar 16 MB hingga lebih dari 128 MB. Pengguna yanag sangat terkenal pada rumah atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.

b. Komputer mini (Mini computer)
Komputer mini sanggup bersifat multi user mempunyai beberapa terminal yang sanggup dipakai bantu-membantu oleh banyak pemakai. Komputer mini ialah komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.

c. Komputer kecil (Small computer)
Komputer kecil disebut juga small-scale mainframe computer, kebanyakan memakai sistem multi programming, multi process dan virtual storage dengan jumlah terminal hingga dengan ratusan.

d. Komputer menengah (Middle computer)
Komputer menengah disebut juga medium-scale mainframe computer. Biasanya komputer menengah dipakai untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari sentra komputer. Pusatnya memakai komputer menengah dan terminalnya memakai mini computer atau mikro yang diosebut penerapan konsep Distribusi Data Processing (DDP), yaitu terminal selain sanggup berafiliasi dengan komputer pusat, tetapi sanggup juga bangkit sendiri.

e. Komputer besar (Large computer)
Komputer ini disebut juga mainframe computer atau large scale mainframe computer sebab bentuk fisiknya besar ibarat lemari. Komputer mainframe mempunyai kecepatan hingga 400 MIPS. Perusahaan-perusahaan besarlah yang sering kali menggunakannya. Ratusan pengguna sanggup mengoperasikan komputernya dalam waktu bersamaan.

f. Komputer super (Supercomputer)
Komputer ini disebut juga parallel processor dan ialah komputer yang powerfull atau sangat luar biasa. Aplikasi yang dipakai biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya mempunyai beberapa prosesor sekaligus secara paralel untuk menjalankan tugasnya. Umumnya dipakai untuk pemrosesan data besar, ibarat sensus, statistikkonsumen dan industri, Enterprise Resource Planning, risel ilmiah.
Artikel Penunjang : Sejarah Perkembangan Komputer
4. Komputer menurut bentuk dan ukuran fisik.
a. Tower (menara)
Biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, sebab ukurannya besar sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak mempunyai ruang di dalamnya dan banyak mempunyai expansion slot (tempat card tambahan).

b. Dekstop (meja)
Komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Harganya yang murah memungkinkan banyak orang menggunakannya dibanding komputer bentuk lain.

c. Portable
Komputer ini sedikit lebih kecil dari Dekstop, sebab baian-baiannya sanggup dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga praktis dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pengguna yang sering bertugas di lapangan. Komputer ini tidak terkenal sebab relatif besar dan berat.

d. Notebook
Komputer dengan ukuran sebesar buku. Tebalnya berkisar 1 hingga 1 setengah inci dan beratnya antara 4 hingga 6.

e. Subnotebook
Ukuran laptop ini dipertengahan antara notebook dengan palmlaptop. Ukurannya sedikit lebih kecil dari notebook sebab ada perangkat yang tidak dimiliki oleh sub notebook yaitu disk drive.

f. Palmtop
Komputer genggam satu ini sangat kecil dan sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan ajaran listrik melainkan baterai kecil biasa. Kelemahannya ialah terlalu kecil sampai-sampi menyulitkan pengguna

5. Berdasarkan perkembangan hardware
  • Generasi pertama (Colossus, MarkI, ENIAC, EDVAC, UNIVAC I)
  • Generasi kedua ( Strech and LARC)
  • Generasi ketiga (menggunakan transistor)
  • Generasi keempat (menggunakan IC)
  • Generasi kelima
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Macam Jaenteng Komputer
6. Berdasarkan perkembangan software
a. Era Pioner
Pada masa ini, perangkat lunak satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara pribadi dan hasil yang simpulan dikerjakan komputer berupa print out. contohnya ENIAC.

b. Era Stabil
Pada masa ini dikenal sistem basis data yang memisahkan antara aktivitas dengan data.

c. Era Mikro
Perangkat lunak sudah bisa dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang dipakai secara pribadi oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.

d. Era Modern
Tidak spesialuntuk komputer, peralatan lainnya hingga mesin basuh dan microwave sudah ditanamkan sistem perangkat lunak untuk mengatur pengoperasiannya. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak pun ditunjukkan oleh perangkat lunak yang semakin banyak dan mulai bisa mengenal bunyi dan gambar.


Nah itulah pembahasan kali ini tentang Jenis – Jenis Komputer, Semoga ilmunya sanggup bermanfaa. Apabila masih ada yang belum terang silahkan sobat erat tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah berkunjung, tidakboleh lupa like, follow dan komentarnya ya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Jenis - Jenis Komputer (Pc)"