Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Pencernaan Ikan (Pisces)

Baiklah sobat dekat, kali ini kita akan mengulas wacana Sistem Pencernaan Ikan, di sini kita akan mengulas wacana Saluran pencernaan ikan, dan Kelenjar pencernaan ikan

1. Saluran Pencernaan Ikan

Saluran pencernaan ikan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus.

Pada rongga verbal terdapat pengecap dan gigi. Lidah pada ikan kurang berkhasiat untuk pencernaan, tetapi spesialuntuk untuk memmenolong ikan untuk bernapas [baca : Sistem Pernapasan Ikan]. Gigi runcing berbentuk kerucut sanggup tumbuh pada rahang atas, bawah maupun langit-langit. Rahang berfungsi untuk mengunyah makanan. Rongga verbal ikan bervariasi pada banyak sekali jenis ikan, bergantung pada jenis kuliner yang menjadi santapannya. Pada rongga verbal banyak terdapat kelenjar lendir, tetapi tidak mengandung kelenjar ludah. Sesudah kuliner dikunyah dan dilumasi lendir di dalam rongga mulut, kemudian kuliner akan masuk ke faring ikan yang dilengkapi dengan insang pada sisi kanan dan kirinya. Sesudah melewati faring, kuliner akan diteruskan ke esofagus (kerongkongan) ikan sampai mencapai lambung.
Sistem Pencernaan Ikan
(http://www.biokids.umich.edu/files/16679/digestive_system_medium.jpg)

Pada awal lambung yang berbatasan dengan usus terdapat katup yang memisahkannya dengan usus. Uniknya pada ikan mempunyai tidak sekum pilori (usus buntu) yang menempel pada usus dan berfungsi untuk menghasilkan sekret dan absorpsi. Makanan sehabis dari lambung akan masuk ke dalam usus dan terjadi penyerapan sari-sari makanan. Sesudah tiruana sari kuliner sudah diserap, sisa kuliner kemudian akan dimembuang melalui anus. [baca : Sistem Ekskresi Ikan]

Beberapa jenis ikan mempunyai panjang usus yang tidak sama-beda dan melekuk-lekuk untuk memperbesar luas permukaan semoga penyerapan sari kuliner lebih efisien dan tidak banyak termembuang.

2. Kelenjar Pencernaan Ikan

Kelenjar pencernaan pada ikan berupa hati yang bersatu dengan pankreas yang disebut hepatopankreas dan empedu yang terdiri atas kantong empedu dan susukan empedu yang bermuara pada usus.

Pada beberapa ikan kelenjar hati dan pankreas ada yang bersatu, atau pankreasnya melewati kelenjar hati tetapi tidak bersatu, dan ada juga kelenjar pankreas yang terpisah kecil-kecil di sepanjang usus ikan.

Umumnya empedu berfungsi untuk memecah lemak yang berstruktur kompleks menjadi lemak yang lebih sederhana semoga praktis diserap oleh usus.


Baiklah, pembahasan kita terkena Sistem Pencernaan Ikan sudah selesai, semoga bermanfaa dan memmenolong kawan-kawan tiruana untuk memahami bahan ini. Terima kasih sudah berkunjung ke log kami yang sederhana ini, kalau memungkinkan silakan share postingan ini ke sosial media yang kawan-kawan miliki. Doumo arigatou J


Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Sistem Pencernaan Ikan (Pisces)"