Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alat Reproduksi Perempuan Dan Fungsinya

Selamat hadir di Atap Ilmu, blog pengetahuan sederhana yang membuatkan ilmu tentang banyak sekali hal. Kali ini kami akan coba mengulas tentang Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya, biar ilmunya sanggup bermanfaa, pribadi saja ya...
Alat Reproduksi perempuan yaitu organ – organ yang berperan dalam serangkaian proses yang bertujuan untuk berkembangbiak atau memperbanyak keturunan. Agar insan sanggup mempunyai anak, maka harus mempunyai organ – organ reproduksi dengan fungsi dan dalam keadaan normal. Secara garis besar alat reproduksi perempuan terbagi kedalam dua kelompok, yaitu Alat Reproduksi (Genetalia) luar dan Alat Reproduksi (Genetalia) dalam.

1. ALAT REPRODUKSI (GENETALIA) LUAR
SUMBER GAMBAR KLIK DISINI
a. Mons Veneris
Mons veneris yaitu kepingan yang sedikit menonjol dan kepingan yang menutupi tulang kemaluan (simfisis pubis). Bagian ini disusun oleh jaenteng lemak dengan sedikit jaenteng ikat. Mons Veneris juga sering dikenal dengan nama pegunungan venus, ketika cukup umur kepingan mons veneris akan ditutupi oleh rambut – rambut kemaluan dan membentuk contoh menyerupai segitiga terbalik.

b. Labia Mayora (Bibir Besar Kemaluan)
Seperti namanya, Bagian ini berbentuk menyerupai bibir. Labia Mayora ialah kepingan lanjutan dari mons veneris yang berbentuk lonjok, menuju ke bawah dan bersatu membentuk perineum. Bagian Luar dari Labia Mayor disusun oleh jaenteng lemak, kelenjar keringat, dan ketika cukup umur biasanya ditutupi oleh rambut – rambut kemaluan yang ialah rambut dari mons veneris. Sedangkan selaput lemak yang tidak berambut, namun mempunyai banyak ujung – ujung saraf sehingga sensitif ketika melaksanakan kekerabatan seksual.

c. Labia Minora (Bibir Kecil Kemaluan)
Labia Minora ialah organ berbentuk lipatan yang terdapat di dalam Labia Mayora. Alat ini tidak mempunyai rambut, tersusun atas jaenteng lemak, dan mempunyai banyak pembuluh darah sehingga sanggup membesar ketika gairah seks bertambah. Bibir Kecil Kemaluan ini mengelilingi Orifisium Vagina (lubang Kemaluan). Labia Minora analog dengan Kulit Skrotum pada Alat Reproduksi Pria.

d. Klitoris
Klitoris yaitu organ bersifat erektil yang sangat sensitif terhadap rangsangan ketika kekerabatan seksual. Klitoris mempunyai banyak pembuluh darah dan terdapat banyak ujung saraf padanya, oleh sebab itu Organ ini sangat sensitif dan bersifat erektil. Klitoris Analog dengan Penis pada Alat Reproduksi Pria.

e. Vestibulum
Vestibulum yaitu rongga pada kemaluan yang dibatasi oleh labia minora pada sisi kiri dan kanan, dibatasi oleh klitoris pada kepingan atas, dan dibatasi oleh pertemuan dua labia minora pada kepingan belakang (bawah) nya.
  • Vestibulum ialah kawasan bermuaranya :
  • Uretra (saluran kencing)
  • Muara Vagina (liang Senggama)

Masing – Masing Dua Lubang Saluran Kelenjar Bartholini dan Skene (Kelenjar ini mengeluarkan cairan menyerupai lendir ketika penlampauan kekerabatan untuk megampangkan masuknya penis)
f. Himen (Selaput Dara)
Himen ialah selaput membran tipis yang menutupi lubang vagina. Himen ini simpel robek sehingga sanggup dijadikan salah satu aspek untuk menilai keperawanan. Normalnya Himen mempunyai satu lubang agak besar yang berbentuk menyerupai lingkaran. Himen ialah kawasan keluarnya cairan atau darah ketika menstruasi. Saat Melakukan kekerabatan seks untuk pertama kalinya himen biasanya akan robek dan mengeluarkan darah. Sesudah melahirkan spesialuntuk akan tertinggal sisa – sisa himen yang disebut caruncula Hymenalis (caruncula mirtiformis).
Artikel Penunjang : Alat Reproduksi Pria dan Fungsinya
2. ALAT REPRODUKSI (GENETALIA) DALAM
SUMBER GAMBAR KLIK DISINI
a. Vagina
Vagina yaitu muskulo membranasea (Otot-Selaput) yang menghubungkan rahim dengan dunia luar. Vagina mempunyai panjang sekitar 8 – 10 cm, terletak antara kandung kemih dan rektum, mempunyai dinding yang berlipat – lipat, lapisan terluarnya ialah selaput lendir, lapisan tengahnya tersusun atas otot-otot, dan lapisan paling dalam berupa jaenteng ikat yang berserat. Vagina berfungsi sebagai jalan lahir, sebagai masukana dalam kekerabatan seksual dan sebagai kanal untuk mengalirkan darah dan lendir ketika menstruasi.
Otot pada vagina ialah otot yang berasal dari sphingter ani dan levator ani (Otot anus/dubur), sehingga otot ini sanggup dikendalikan dan dilatih. Vagina tidak mempunyai kelenjar yang sanggup menghasilkan cairan, tetapi cairan yang selalu membasahinya berasal dari kelenjar yang terdapat pada rahim.

b. Uterus (Rahim)
Uterus yaitu organ berongga yang berbentuk menyerupai buah pir dengan berat sekitar 30 gram, dan tersusun atas lapisan – lapisan otot. Ruang pada rahim (Uterus) ini berbentuk segitiga dengan kepingan atas yang lebih lebar. Fungsinya yaitu sebagai kawasan tumbuh dan berkembangnya janin. Otot pada uterus bersifat lentur sehingga sanggup menyesuaikan dan menjaga janin ketika proses kehamilan selama 9 bulan.
Pada kepingan uterus terdapat Endometrium ( dinding rahim) yang terdiri dari sel –sel epitel dan membatasi uterus. Lapisan endometrium ini akan menebal pada ketika ovulasi dan akan meluruh pada ketika menstruasi. Untuk mempertahankan posisinya uterus disangga oleh ligamentum dan jaenteng ikat.
Uterus mempunyai beberapa kepingan :
  • Korpus Uteri, yaitu kepingan yang berbentuk menyerupai segitiga pada kepingan atas
  • Serviks uteri, yaitu kepingan yang berbentuk menyerupai silinder
  • Fundus Uteri, yaitu kepingan korpus yang terletak di atas kedua awal tuba fallopi

Pada ketika persalinan, rahim ialah jalan lahir yang penting sebab ototnya bisa mendorong janin untuk keluar, serta otot uterus sanggup menutupi pembuluh darah untuk mencegah terjadinya perdarahan pasca persalinan. Sesudah proses persalinan, rahim akan kembali ke bentuk tiruanla dalam waktu sekitar 6 minggu.

c. Tuba Fallopi (Oviduk)
Tuba Fallopi (Oviduk) yaitu organ yang menghubungkan Uterus (Rahim) dengan Indung Telur (Ovarium). Tuba Fallopi (Oviduk) juga sering disebut kanal telur sebab bentuknya menyerupai saluran. Organ ini berjumlah dua buah dengan panjang 8 – 20 cm. Tuba Fallopi berfungsi untuk :
  • Sebagai kanal spermatozoa dan ovum
  • Penangkap ovum
  • Bisa menjadi kawasan pembuahan (fertilisasi)
  • Sebagai kawasan pertumbuhan hasil pembuahan sebelum bisa masuk ke kepingan dalam Uterus (Rahim).

Tuba Fallopi (Oviduk)  terdiri atas 4 kepingan :
  1. Infundibulum, yaitu kepingan berbentuk menyerupai corong yang terletak di awal dan mempunyai Fimbriae. Fimbriae berfungsi untuk menangkap ovum
  2. Pars ampularis, yaitu kepingan agak lebar yang ialah kawasan bertemunya ovum dengan sperma (Pembuahan/fertilisasi)
  3. Pars Ismika, yaitu kepingan tengah tuba yang sempit
  4. Pars Interstitialis, yaitu kepingan tuba yang letak dan posisinya erat dengan uterus.

d. Ovarium (Indung Telur)
Ovarium yaitu kelenjar reproduksi utama pada perempuan yang berfungsi untuk menghasilkan ovum (Sel telur) dan penghasil hormon seks utama. Ovarium berbentuk oval, dengan panjang 2,5 – 4 cm.  Terdapat sepasang Ovarium yang terletak di kanan dan kiri, dan dihubungkan dengan rahim oleh tuba fallopi. Umumnya setiap Ovarium pada perempuan yang sudah pubertas mempunyai 300.000-an, dan sebagian besar sel telus ini mengalami kegagalan pematangan, rusak atau mati, sehingga benih sehat yang ada sekitar 300 - 400-an benih telur dan 1 ovum dikeluarkan setiap 28 hari oleh ovarium kiri dan kanan secara bergantian melalui proses menstruasi, sehingga ketika benih telur habis, terjadilah menopause . Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam proses Menstruasi.

DAFTAR PUSTAKA :
Bagus Gde Manuaba, Ida. 1998. Panyakit Kandungan dan Keluarga berencana untuk pendidikan bidang. Jakarta : EGC
Ayu Chandranida Manuaba, Ida, dkk. 2009. Memahami reproduksi wanita. Jakarta : EGC
Aryulina, Diah,dkk. 2008. BIOLOGI 2 Sekolah Menengah Pertama kelas XI. ESIS/Erlangga.
Furqonita, Deswati. 2007. Seri IPA BIOLOGI Sekolah Menengah Pertama kelas IX. Jakarta : Yudhistira Ghalia Indonesia.

Nah itulah artikel kami tentang Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya, biar sanggup bermanfaa ilmunya. Jika masih ada sesuatu yang membingungkan tentang topik artikel ini, silahkan menanyakannya pada kota komentar, kami akan berusaha menjawaban atau membalasnya dengan cepat dan tepat. Terimakasih sudah berkunjung tidakboleh lupa likenya. J



Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Alat Reproduksi Perempuan Dan Fungsinya"