Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Kebudayaan Dan Agama Hindu Di Hindustan

Pada pembahasan kali ini yaitu khusus membahas perkembangan anutan hindu dari asalnya yaitu Hindustan, sebelum munculnya anutan budha dari daerah yang sama.

Perkembangan kebudayaan dan agama Hindu bermula dari terjadinya perpindahan bangsa Arya ke daerah Hindustan pada masa ke-15 SM secara bergelombang dalam kelompokkelompok besar melalui Celah Kaiber.

Karena perpindahan bangsa Arya tersebut, terjadilah percampuran kebudayaan antara bangsa Arya dengan bangsa Dravida. Kebudayaan yang gres tersebut kemudian dinamakan kebudayaan Weda.

Sumber anutan agama hindu

Sumber anutan agama Hindu terdapat pada kitab Weda yang ditulis dalam empat bab (samhitu), yaitu sebagai berikut.

1) Rigweda, berisi syair kebanggaan kepada dewa.

2) Samaweda, berisi nyanyian pada waktu melakukan upacara Rigweda.

3) Yajurweda, berisi doa-doa yang diucapkan pada waktu upacara dengan diiringi penyajian Rigweda dan nyanyian Samaweda.

4) Atharwaweda, berisi mantra-mantra yang dipakai untuk aneka macam keperluan, menyerupai sihir dan ilmu gaib.

Seiring dengan semakin banyaknya bangsa Arya yang pindah ke Hindustan, maka kebudayaan Weda berkembang pesat di daerah Sungai Indus. Kemudian, alasannya yaitu jumlah penduduk yang semakin bertambah, sebagian penduduk mulai berpindah ke daerah timur di sekitar Sungai Gangga dan Yamuna.

Bangsa Arya yang menguasai daerah tersebut berusaha keras menjaga kekuasaannya biar posisinya tetap berada di atas bangsa Dravida. Untuk kepentingan tersebut, mereka kemudian membagi masyarakat dalam kelas-kelas yang disebut kasta.

Sistem kasta membagi masyarakat menjadi beberapa kelas menurut pekerjaan dan kekayaan. Kasta seseorang memilih hak dan kewajiban mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh alasannya yaitu itu, sanggup dipastikan bangsa Arya akan menempatkan diri pada kasta-kasta yang tinggi, sedangkan bangsa Dravida ditempatkan pada kasta-kasta yang rendah.

Macam-macam kasta dalam anutan hindu

Semula, ada empat kasta dalam kehidupan masyarakat, yakni sebagai berikut.

1) Kasta brahmana, terdiri atas para pendeta dan orangorang pintar.

2) Kasta ksatria, terdiri atas orang-orang yang duduk di pemerintahan, tentara, raja, dan keluarga raja.

3) Kasta waisya, terdiri atas para petani dan pedagang.

4) Kasta sudra, terdiri atas para buruh, tukang, dan pelayan.
Pada pembahasan kali ini yaitu khusus membahas perkembangan anutan hindu dari asalnya yai Perkembangan Kebudayaan dan Agama Hindu di Hindustan
Gambar: 4 Kasta dalam anutan hindu

Dalam perkembangannya, orang-orang bangsa Dravida ternyata masih sanggup berpindah kasta ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu guna lebih memperkuat posisinya dalam masyarakat, bangsa Arya memunculkan kasta kelima untuk bangsa Dravida, yakni kasta paria (artinya kaum buangan).

Orang-orang yang ada dalam kasta paria tidak diberi hak apa pun dalam masyarakat dan mereka dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Adanya sistem kasta dalam masyarakat menandai lahirnya kebudayaan gres yang dinamakan kebudayaan Hindu.

Pemberlakuan sistem kasta ini kemudian diikuti oleh berkembangnya keyakinan yang menyembah banyak ilahi dan dewi (politeisme). Beberapa ilahi sesembahan mereka di antaranya yaitu Dewa Agni (dewa api), Dewa Surya (dewa matahari), Dewa Bayu (dewa angin), Dewa Indra (dewa perang), Dewi Laksmi (dewi keberuntungan), Dewi Saraswati (dewi kesenian), dan Dewa Ganesha (dewa pengetahuan).

Selain ilahi dan dewi di atas, masih banyak dewa-dewi lainnya. Namun, pada sekitar masa ke-7 SM, kebudayaan Hindu menempatkan tiga ilahi yang dianggap menempati posisi paling tinggi, yakni Dewa Brahma sebagai pencipta alam semesta, Dewa Wisnu sebagai pemelihara alam, dan Dewa Syiwa sebagai perusak alam. Ketiga ilahi itu disebut Trimurti.

Kepercayaan Hindu diajarkan secara bebuyutan melalui syair atau nyanyian yang berisi pemujaan pada ilahi dan aneka macam petunjuk kehidupan. Setelah berabad-abad, aneka macam anutan tersebut dihimpun menjadi sebuah buku yang dinamakan Weda yang artinya pengetahuan.

Kitab Weda ditulis dalam bahasa Sanskerta dengan aksara Pallawa. Bahasa Sanskerta dan aksara Pallawa hanya sanggup diucapkan dan dibaca oleh para brahmana. Karena itu, hanya brahmana yang berhak untuk membaca Weda.

Masyarakat Hindu melakukan anutan agamanya dengan aneka macam macam bentuk peribadatan. Ibadah yang paling utama yaitu menyembah ilahi di kuil-kuil dan perayaan hari-hari besar. Hari besar masyarakat Hindu antara lain Rakhsa-Bandhan dan Navaratri.

Seiring dengan perkembangan masyarakat Hindu yang pesat, kemudian terciptalah corak pemerintahan berbentuk kerajaan. Munculnya kerajaan-kerajaan Hindu di daerah Hindustan sangat memengaruhi rujukan interaksi masyarakat Hindu.

Karena negara berkewajiban menyejahterakan rakyatnya, maka kerajaan-kerajaan tersebut mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menggalakkan pertanian, peternakan, dan pembuatan barang-barang untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Pada akhirnya, hasil pertanian dan pembuatan barang, serta peternakan mengalami kelebihan (surplus). Surplus ini mendorong dilakukannya perdagangan dengan kerajaan-kerajaan lain, termasuk dengan daerah di luar Hindustan.

Diperkirakan dari perdagangan inilah awal tersebarnya kebudayaan dan agama Hindu ke daerah lain, termasuk Indonesia.


Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Perkembangan Kebudayaan Dan Agama Hindu Di Hindustan"