Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Rumus Bidang Miring Serta Pola Soal Bidang Miring

Pembahasan kali ini yakni perihal pengertian bidang miring, rujukan bidang miring, rumus bidang miring dan rujukan soal bidang miring beserta pembahasannya.

Pengertian Bidang miring

Salah satu rujukan pesawat sederhana yakni bidang miring. Dalam kehidupan sehari-hari, bidang miring dipakai sebagai alat bantu untuk menaikkan barang-barang ke atas truk.

Gaya yang dipakai untuk menaikkan barang-barang ke atas truk dengan bidang miring jauh lebih kecil dibandingkan jikalau mengangkatnya dengan tangan secara langsung. Bagaimana kekerabatan antara gaya kuasa dengan panjang bidang miring?

Rumus Bidang Miring

Pembahasan kali ini yakni perihal pengertian bidang miring Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring
Gambar: Prinsip Kerja Bidang Miring

Jika tinggi bidang miring h, panjang bidang miring s, berat benda yang dinaikkan melalui bidang miring w, dan gaya yang dipakai untuk memindahkan benda itu sebesar F maka laba mekanik bidang miring sanggup dihitung dengan rumus sebagai berikut.
KM = w/f = s/h
KM = laba mekanik

Contoh Soal Bidang Miring

Seseorang menaikkan drum minyak ke atas truk dengan memakai bidang miring yang panjangnya 3 meter. Jika tinggi kolam truk 120 cm, berapa laba mekanik bidang miring yang digunakan? Jika berat drum 2.400 N, berapa besar gaya untuk menaikkan drum itu?

Pembahasan

Diketahui:
w = 2.400 N
s = 3 m
h = 150 cm = 1,5 m

Ditanya:
KM = ...?
F = ...?

Jawab:
KM = s/h = 3m/1,2m = 2,5

KM = w/f
f = w/KM
  = 2.400 N/2,5
  = 960 N

Jadi, laba mekanik bidang miring yang dipakai untuk menaikkan drum ke atas kolam truk yakni 2 1/2 dengan gaya 960 N.

Contoh Bidang Miring dalam Kehidupan sehari-hari

Pembahasan kali ini yakni perihal pengertian bidang miring Pengertian dan Rumus Bidang Miring serta Contoh Soal Bidang Miring
Gambar: Macam-macam Contoh Bidang Miring

Demikian pembahasan perihal salah satu contoh pesawat sederhana tentang bidang miring, pengertian bidang miring, rujukan bidang miring, rumus bidang miring, rujukan soal bidang miring, dan rujukan penerapan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pengertian, Rumus dan Satuan Energi
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Pengertian Dan Rumus Bidang Miring Serta Pola Soal Bidang Miring"