Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Jenis Pengangguran Menurut Sifatnya

Pembahasan pada artikel kali ini yaitu wacana pengannguran. Berbicara wacana pengangguran, sebaiknya anda juga mengetahui pengertian tenaga kerja, macam-macam tenaga kerja, dan macam-macam pengangguran.

Pembahasan ini merupakan klarifikasi wacana macam-macam pengangguran, pengangguran friksional, pengangguran struktural, pengangguran voluntry, pengangguran terbuka, pengangguran siklis, jawaban pengangguran, pengangguran musiman, pengangguran deflasioner dan sebab-sebab terjadinya pengangguran.

Jenis Pengangguran Berdasarkan Sifatnya

Pengangguran menurut sifatnya terdiri atas pengangguran terbuka, setengah menganggur, dan pengangguran terselubung.

1 ) Pengangguran terbuka

Pengangguran terbuka adalah angkatan kerja yang benar-benar tidak memiliki pekerjaan. Pengangguran jenis ini terjadi lantaran kurangnya lapangan pekerjaan, tidak mau bekerja, atau adanya ketidakcocokan antara lowongan pekerjaan dengan latar belakang pendidikan.
Pembahasan pada artikel kali ini yaitu wacana pengannguran Macam-macam Jenis Pengangguran menurut Sifatnya
Gambar: Contoh pengangguran

2 ) Setengah menganggur

Setengah menganggur yaitu angkatan kerja yang bekerja di bawah jam kerja normal. Ada juga yang mendefinisikan setengah menganggur sebagai angkatan kerja yang kurang dari 35 jam seminggu.

3 ) Pengangguran terselubung

Pengangguran terselubung adalah angkatan kerja yang bekerja tidak optimal sehingga terjadi kelebihan tenaga kerja.

Misalnya Pak Nyoman membuka perjuangan bengkel sepeda motor. Pak Nyoman dibantu oleh 1 orang anaknya. Sebenarnya tenaga kerjanya sudah cukup.

Namun ada anak pamannya belum bekerja, maka dia ikut membantunya. Anak pamannya Pak Nyoman disebut pengangguran terselubung.
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Macam-Macam Jenis Pengangguran Menurut Sifatnya"