Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Nama Senyawa Benzena Dan Turunanya

Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini kita akan berguru bagaimana caranya memperlihatkan nama pada senyawa benzena dan turunanya.

Senyawa Benzena merupakan suatu senyawa kimia yang mempunyai rumus molekul C6H6,senyawa ini mempunyai titik didih sebesar 80 C dan titik leleh sebesar 5 C. Senyawa benzena mempunyai 3 ikatan rangkap dan 3 ikatan tunggal pada struktur molekulnya. Ikatan rangkap pada senyawa benzena terletak selang seling sehabis ikatan tunggal. Berikut ini struktur molekul dari senyawa benzena.


Nah,sobat sudah tahukan bahwa ikatan rangkap pada senyawa alkena sanggup diubah menjadi ikatan tunggal dengan melalui reaksi adisi ? "Ya sudah tau dong kak !!" Nah, pada senyawa benzena hal tersebut tidak sanggup dilakukan sebab ikatan rangkap pada senyawa benzena sangat berpengaruh dan kokoh. Selain itu, ikatan rangkap pada senyawa benzena akan mengalami resonansi ketika diadisi, Resonansi merupakan suatu proses berpindahnya ikatan rangkap pada struktur senyawa benzena.

Kaprikornus ikatan rangkap pada senyawa benzena tidak sanggup diganggu gugat oleh reaksi adisi. Ketika diadisi,ikatan rangkap pada senyawa benzena hanya akan mengalami resonansi.

Oke,setelah kita membahas mengenai klarifikasi dari senyawa benzena,sekarang barulah kita masuk ke bahan penamaan senyawa benzena.Materi penamaan senyawa benzena ini saya bagi menjadi 3 diantaranya :

1. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki Satu Subtituen
2. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki 2 Subtituen Sejenis dan Tidak Sejenis
3. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki 3 Subtituen Sejenis dan Tidak Sejenis

Khusus untuk panduan kali ini, kita akan bahas bahan pertama ialah Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki Satu Subtituen. Ok , kini Lets Study it!!

1. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki Satu Subtituen

Atom H yang terikat pada senyawa benzena bergotong-royong sanggup di subtitusi atau diganti dengan senyawa atau atom lainya,proses pensubtitusian atom H ini merupakan reaksi satu-satunya dari senyawa benzena, proses pensubtitusian atom H pada senyawa benzena sanggup kita lihat pada teladan reaksi dibawah ini :

A. Reaksi subtitusi atom H dengan atom Cl pada reaksi benzena dengan gas Klorin

B. Reaksi antara benzena dengan Asam Nitrat

Jadi, atom C pada senyawa benzena tidak sanggup disubtitusi ya kak ? ya tidak sanggup sob ! ( doain saya ya supaya sanggup menemukan cara mensubtitusi atom C pada senyawa benzena hehehe ), Kaprikornus atom C pada senyawa benzena tidak sanggup disubtitusi sebab efek kekuatan ikatan rangkap tadi sob,dan juga efek terjadinya resonansi juga menjadi alasan mengapa atom C pada senyawa benzena sulit untuk disubtitusi, jadi hanya atom H nya lah yang sanggup disubtitusi oleh molekul/atom unsur lain.

Oke deh berikut ini teladan turunan senyawa benzena yang mempunyai 1 subtituen beserta nama IUPAC dan trivialnya, saya sarankan teman supaya sanggup menghapal teladan turunan senyawa benzena berikut ini !





 Ok, Kaprikornus itulah teladan senyawa benzena yang mempunyai 1 subtituen. Di panduan selanjutnya kita akan lanjutkan membahas Penamaan Senyawa Benzena Yang Memiliki 2 Subtituen Sejenis Dan Tidak Sejenis ! Terima Kasih Dan Salam CHEMISTRY !!!


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Tata Nama Senyawa Benzena Dan Turunanya"