Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Klarifikasi Mengenai Larutan


Larutan merupakan suatu adonan homogen antara dua atau lebih jenis zat yang membentuk satu kesatuan fase. Kaprikornus sanggup dikatakan bahwa bila suatu adonan hanya membentuk satu fase maka ia sanggup dikatakan sebagai larutan. Banyak contoh-contoh larutan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari,contoh realnya ialah udara. Udara sanggup kita sebut sebagai larutan alasannya ialah udara mengandung aneka macam jenis gas ibarat Oksigen,Karbon Dioksida,Nitrogen Dioksida,Argon,Neon dll. Gas-gas tersebut bergabung dan bercampur membentuk udara, sehingga sesuai dengan defenisi larutan maka udara sanggup kita katakan sebagai larutan.Air bahari juga sanggup kita katakan sebagai larutan alasannya ialah air bahari mengandung garam-garam mineral ibarat NaCl,MgCl2 dan garam mineral lainya.

Campuran yang saling melarutkan satu sama lain dalam segala perbandingan disebut dengan larutan "miscible". Contoh larutan miscible contohnya larutan alkohol dan udara. Suatu larutan sanggup dikatakan sebagai larutan homogen bila struktur partikel-partikel zat terlarut berada dalam ukuran molekuler dengan diameter sekitar 1-5 Amstrong dan partikel tersebut tersebar secara acak dan merata pada medium pelarutnya. Contohnya ibarat larutan alkohol tadi, molekul-molekul dari alkohol akan menyebar merata di pelarut air dengan ukuran yang sangat kecil yaitu kurang dari 5 Amstrong. Molekul-molekul alkohol tersebut akan tersebar merata dan bergerak secara acak dalam medium air.


Dalam larutan cair, cairan sanggup dikatakan sebagai pelarut sedangkan zat padat atau gas sanggup dikatakan sebagai zat terlarut. Jika kedua-duanya merupakan cairan maka zat yang jumlahnya lebih banyak dan tidak mengalami perubahan struktur dikala dicampurkan maka ia sanggup dikatakan sebagai pelarut,sedangkan zat yang jumlahnya lebih sedikit dan mengalami perubahan struktur dikala dicampurkan maka ia sanggup dikatakan sebagai zat terlarut. Contohnya pada proses pengenceran HCl pekat, HCl pekat dan air sama-sama berada pada fase cairan,karena HCl mempunyai volume yang lebih sedikit serta mengalami perubahan struktur dikala dilarutkan ke dalam air,maka HCl sanggup kita sebut sebagai zat terlarut sedangkan air sanggup kita sebut sebagai pelarut.

Masih bersinggungan dengan problem larut melarut, Saya punya pertanyaan buat adik-adik, apakah sirup sanggup dikatakan sebagai larutan ? Ya sirup merupakan larutan alasannya ialah sirup mengandung gula yang bercampur secara homogen dengan air meskipun jumlah gula lebih banyak dibandingkan dengan air, tetapi struktur gula berubah dikala dicampurkan dengan air sehingga gula kita sebut sebagai zat terlarut.


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Pengertian Dan Klarifikasi Mengenai Larutan"