Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merasionalkan Penyebut Kepingan Bentuk Akar Beserta Pola Soalnya

Berikut ini ialah pembahasan lengkap wacana menyederhanakan penyebut kepingan bentuk akar, merasionalkan penyebut bentuk akar, cara merasionalkan bentuk akar, cara merasionalkan penyebut bentuk akar, cara menyederhanakan bentuk akar, merasionalkan penyebut kepingan bentuk akar, pola soal merasionalkan penyebut bentuk akar.

Cara Merasionalkan Penyebut Pecahan Bentuk Akar

Pada bab sebelumnya, kau telah mempelajari bilangan rasional. Masih ingatkah kau wacana bahan tersebut? Coba kau jelaskan dengan kata-katamu sendiri.

Di dalam matematika, selain bilangan rasional, terdapat bilangan irasional.
Bilangan irasional adalah bilangan yang tidak sanggup dinyatakan dalam bentuk a/b dengan a, b bilangan lingkaran dan b ≠ 0. 
Contoh bilangan irasional ialah bentuk akar, misalnya 2, 3, dan 5 . Pecahan yang penyebutnya bentuk akar juga termasuk bilangan irasional, misalnya:


Pada bab ini, kau akan mempelajari cara merasionalkan penyebut pecahan-pecahan tersebut.
Caranya yaitu dengan mengalikan pembilang dan penyebut pecahan-pecahan tersebut dengan pasangan bentuk akar sekawan penyebutnya. 
Secara umum, kepingan yang penyebutnya bentuk akar yang sanggup dirasionalkan adalah:


dengan a, b, dan c bilangan real. Untuk lebih jelasnya, pelajari uraian berikut.

a. Merasionalkan Benruk a/b

Cara merasionalkan bentuk a/b ialah dengan mengalikan pembilang dan penyebut kepingan tersebut dengan bentuk sekawan dari penyebutnya, yaitu;

Contoh Soal

Rasionalkan penyebut pecahan-pecahan berikut, lalu sederhanakanlah.



b. Merasionalkan Bentuk 

Untuk kepingan bentukcara merasionalkannya ialah dengan mengalikan pembilang dan penyebut dengan bentuk sekawan a ± b . Bentuk sekawan dari a + b ialah a – b , sedangkan bentuk sekawan dari a – b ialah a + b.


Contoh Soal

Rasionalkan penyebut pecahan-pecahan berikut.


c. Merasionalkan Bentuk

Sama ibarat dua bentuk sebelumnya, cara merasionalkan bentukadalah dengan mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan bentuk sekawan dari a ± b. Bentuk sekawan dari a + b ialah a – b, sedangkan bentuk sekawan dari a – b ialah a + b.


Contoh Soal



Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Cara Merasionalkan Penyebut Kepingan Bentuk Akar Beserta Pola Soalnya"