Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembentukan, Tata Nama Dan Manfaat Polimer

Baiklah teman dekat, kali ini kita akan mengulas ihwal Pembentukan, Tata Nama dan Manfaat Polimer, tanpa memmembuang waktu lagi eksklusif saja kita masuk ke dalam pembahasannya.

PEMBENTUKAN POLIMER

Pembentukan polimer ialah penggabungan beberapa monomer sampai dibuat suatu molekul raksasa/makromolekul (polimer). Reaksi pembentukan ini dikenal dengan polimerasi. Berdasarkan jenis reaksi yang terjadi, polimerasi ini dibedakan menjadi dua, meliputi:
Artikel Penunjang : Pengertian, Sifat, pembagian terstruktur mengenai dan struktur Polimer 
a. Polimerasi Adhisi
Polimerasi adhisi ialah suatu reaksi pemebentukan polimer dengan prinsip pemutusan ikatan rangkap (tidak jenuh) diikuti oleh adhisi (penggabungan) dari monomer-monomernya yang membentuk ikatan tunggal. Dalam reaksi ini, molekul molekul HO atau NH₃ sebagai hasil sampingan tidak terbentuk. Pada prinsipnya, polimerasi adhisi ini melibatkan reaksi rangkap menyerupai diberikut ini.


  1. Tahap Inisiasi, yaitu tahap pembentukan pusat-pusat aktif;
  2. Tahap Propagasi, yaitu tahap pembentukan rantai lewat adisi monomer secara berkelanjutan;
  3. Tahap Terminasi, yaitu tahap deaktivasi sentra aktif.


 Berikut ini teladan polimerasi adhisi, yakni pembentukan polietilena.





Jadi, sanggup dismpulkan bahwa pada reaksi adhisi, monomer-monomer yang mengandung ikatan rangkap akan bergabung, tiap monomer akan masuk ke monomer yang lain sampai membentuk rantai panjang. Produk yang dihasilkan dari reaksi polimerisasi adisi mengandung tiruana atom dari monomer awal.
Artikel Penunjang : Pengertian dan Jenis – Jenis Ikatan Kimia
b. Polimerasi Kondensasi
Polimerisasi kondensasi yaitu reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang mempunyai dua gugus fungsional baik pada monomer yang sama ataupun tidak sama ataupun monomernya mempunyai gugus fungsi -COOH,-OH,-NH2. Apabila monomer-monomer tersebut diberikatan, akan terjadi reduksi pada gugus fungsionalnya sehingga terjadi pelepasan molekul-molekul kecil menyerupai HO atau CHOH (metanol).
misal reaksinya sanggup kita pelajari pada pembentukan nylon 66 dari 1,6-diaminoheksana (heksametilen diamin) dengan asam 1,6-heksanadioat (asam adipat). Untuk lebih memahami reaksi tersebut, perhatikan reaksi diberikut ini. 





TATANAMA POLIMER

Apabila ditinjau dari strukturnya, jumlah polimer sangatlah banyak. Untuk megampangkan membedakan tiap-tiap polimer maka dibuatlah tata nama polimer. Tata nama polimer dibedakan antara polimer vinil dan polimer non vinil.

a. Tata nama polimer vinil
Tata nama polimer vinil didasarkan atas monomer (nama  sumber  atau umum),  taktisitas, dan isomer.

1) Monomer
Penamaan monomer satu kata yakni dengan melekatkan awalan poli- pada nama monomer. contohnya polistirena, polietilena.
Penamaan monomer lebih dari satu yakni dengan dilampaui sebuah karakter atau angka, kemudian diikuti nama monomer yang diletakkan dalam kurung. contohnya poli (asam akrilat), poli(1-pentena).


2) Taksisitas
Untuk taksisitas, penamaan polimer diawali karakter “i” untuk isotaktik atau “s” untuk sindiotaktik sebelum poli. contohnya seperti, i-polistirena (polimer polistirena dengan taktisitas isotaktik).

3) Isomer
Isomer suatu polimer ditunjukkan dengan memakai awalan cis atau trans dan 1,2- atau 1,4- sebelum poli. contohnya trans-1,4-poli (1,3 butadiena).

Menurut IUPAC tatanama polimer vinil diturunkan dari struktur unit dasar atau unit ulang konstitusi dan harus memenuhi tahapan diberikut ini.
  • Pengidentifikasian unit struktural terkecil (CRU).
  • Sub unit CRU diputuskan prioritasnya berdasarkan titik pengikatan dan ditulis prioritasnya menurun dari kiri ke kanan.
  • Substituen-substituen didiberi nomor dari kiri ke kanan.
  • Nama CRU (diletakkan dalam kurung biasa) dan diawali dengan poli.


Berikut ini tabel teladan tatanama polimer berdasarkan IUPAC.
Nama Sumber (Monomer)
IUPAC
Polietilena
Poli(metilena)
Politetrafluoroetilena
Poli(difluorometilena)
Poli(asam akrilat)
Poli(1-karboksilatoetilena)
Poli(1-pentena)
Poli[1-(1-propil)etilena]

b. Tata nama polimer non vinil
Tata nama polimer non vinil lebih sukar. Adapun prinsip tatanama ini yaitu polimer-polimer ini biasanya dinamai sesuai dengan monomer mula-mula. Contonya menyerupai nylon, umumnya disebut nylon-6,6 dan akan lebih deskriptif disebut poli(heksametilen adipamida) yang mengatakan poliamidasi heksametilendiamin (disebut juga 1,6-heksan diamin) dengan asam adipat.

Sedangkan untuk tata nama polimer yang diturunkan dari lebih satu jenis monomer atau dikenal dengan istilah kopolimer dinamai sesuai dengan rekomendasi IUPAC.  Teknik tersebut ialah dengan menggabungkan istilah konektif yang ditulis miring antara nama-nama monomer yang dimasukkan dalam kurung atau antara dua atau lebih nama polimer. contohnya sanggup dilihat dengan mengamati tabel diberikut ini.

Jenis Kopolimer
Konektif
IUPAC
Tak dikhususkan
        -co-
Poli[stirena-co-(metilmetakrilat)]
Statistik
       -stat-
Poli(stirena-stat-butadiena)
Random/acak
       -ran-
Poli[etilen-ran-(vinil asetat)
Alternating
       -alt-
Poli(stirena-alt-(maleat anhidrida)]
Alternating
      -blok-
Polistirena-blok-polibutadiena
Graft (cangkok/tempel)
     -graft-
Polibutadiena-graft-polistirena


PEMANFAATAN POLIMER

Dalam kehidupan sehari-hari, polimer sangatlah berkhasiat baik itu polimer alam maupun polimer sintetik . Adapun memanfaatkan polimer diantaranya, yaitu:

a. Polietilena
Monomer polietilena ialah etilena dengan rumus kimianya CH2=CH2. Sifat polimer ini ialah tidak berbau, tidak berwarna dan tidak beracun. Pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari ialah dipakai sebagai pembuatan kantong palastik dan pembungkus kabel plastik lembaran.

b. Poli Vinil chlorida (PVC)
PVC ialah polimer yang bersifat besar lengan berkuasa dan keras dengan monomer Vinil klorida (CH2=CHCI). Polimer ini dimanfaatkan dalam pembuatan pipa, pelapis lantai, dan selang.

misal PVC

c. Nilon
Nilon mempunyai monomer berupa asam adipat dan heksametilendianima. Polimer ini bersifat besar lengan berkuasa dan lentur dan banyak dipakai dalam pembuatan jala, jas hujan, tenda, dan lainnya.

d. Serat Akrilat/Orlon Sifat
Monomer polimer ini ialah akrilonitril (CH2=CH-CN). Karena sifat polimer ini yang lentur dan besar lengan berkuasa sehingga banyak dimanfaatkan dalam  pembuatan baju wol, kaos kaki, karpet, dan lainnya.

e. Polistirena
Polimer ini bersifat lebih besar lengan berkuasa dan keras dibandingkan polimer lainnya. Monomernya ialah stirena (C6H5-CH=CH2). Polimer ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan gelas minuman enteng, kemasan makanan dan lainnya.

f. Polipropilen
Polipropilen bersifat lebih besar lengan berkuasa daripada polietilena. Monomer polimer ini ialah propilena (CH2=CH-CH3). Kegunaan polimer ini ialah materi baku dalam pembuatan kantong plastik, tali, botol, dan lain sebagainya.

g. Teflon
Teflon banyak dipakai sebagai pelapis tangki di pabrik kimia, pelapis panci anti lengket, dan masih banyak lagi. Teflon ini bersifat kuat, tidak lengket, dan tahan gerah. Monomer polimer ini alah tetrafloroeten (CF2=CF2).

h. Flexiglass / Polimetilmetakrilat (PMMA)
Flexiglass mempunyai sifat bening, enteng dan keras dan banyak dipakai dalam pembuatan beling jendela pesawat terbang, lampu belakang mobil, dan lain sebagainya. Monomer PMMA yaitu metil metakrilat (CH2=CHCN).

Penggunaan polimer sintesis dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dibandingkan polimer alam. Adapun polimer sintesis yang dipakai tersebut kebanyakan ialah bahan-bahan yang tidak sanggup diuraikan oleh mikroorganisme. Sehingga barang-barang tersebut menumpuk dalam bentuk sampah yang tidak sanggup membusuk yang hasilnya sanggup mengakibatkan sumbatan pada akses air yang berdampak pada terjadinya banjir. Selain itu, barang-barang dengan materi baku polimer sintesis dilarang dibakar alasannya yaitu akan menghasilkan senyawa dioksin, yaitu suatu gas beracun yang bersifat karsiogenik sehingga meningkatkan faktor resiko terjadinya kanker.

melaluiataubersamaini demikian, sanggup disimpulkan bergotong-royong untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan menyerupai di atas, maka memanfaatkan barang-barang dengan materi baku polimer sintesis sanggup diminimalisir. Kemudian, barang barang yang sudah dipakai ada baiknya disimpan dan tidakboleh dimembuang sembarangan semoga sanggup di daur ulang sehingga lingkungan tidak tercemar.


Baiklah teman dekat, inilah postingan kali ini terkena Pembentukan, Tata Nama dan Manfaat Polimer, semoga bermanfaa bagi teman bersahabat tiruananya J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Pembentukan, Tata Nama Dan Manfaat Polimer"