Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membawakan Program Dan Pola Teks Pembawa Program (Mc)

Artikel kali ini merupakan pembahasan lengkap perihal teladan susunan program dan cara membawakan acara, teladan teks pembawa acara, naskah atau teladan teks pembawa program ulang tahun, susunan program pernikahan, teladan susunan program perpisahan, teks pembawa program pengajian atau program maulid Nabi.

Pernahkah kalian melihat seorang pembawa program yang tengah membawakan acara? Bagaimanakah cara dia membawakan acara? Dapatkah kalian membawakan sebuah program dengan baik, benar, serta memakai bahasa yang santun? Tentu kalian akan sanggup melakukannya, jikalau kalian mau mempelajari dan melatihnya.

Pengertian Membawakan Acara

Membawakan acara yakni memberikan susunan program kepada akseptor atau hadirin yang mengikuti acara. Dalam membawakan acara, kita harus sanggup menyesuaikan perilaku kita terhadap program yang sedang dijalani. Artinya, kita sanggup membedakan perilaku dikala membawakan program yang sifatnya gembira, sedih, dan khidmat.

Perhatikanlah ilustrasi berikut sebagai materi rujukan kalian dalam pembahasan materi mengenai membawakan program ini!
Pada bulan ini kepala sekolahmu menerima penghargaan sebagai guru teladan tingkat provinsi. Acara penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di sekolahmu. Acara tersebut dihadiri oleh kepala Depdiknas, wali kota, dan pejabat penting lainnya. Pada program tersebut, kau menerima kiprah menjadi pembawa acara. Susunan program dalam program tersebut mencakup pembukaan, sambutan ketua panitia, sambutan wali kota, penyerahan penghargaan guru teladan oleh kepala depdiknas provinsi, kesan dan pesan sang guru teladan, istirahat dan hiburan, serta penutup. Sebagai pembawa acara, kau harus sanggup membawakan program dengan baik dari awal hingga simpulan program tersebut.

Contoh Teks Pembawa Acara

Contoh bentuk membawakan program tersebut yakni berikut.
Artikel kali ini merupakan pembahasan lengkap perihal teladan susunan program dan cara membaw Cara Membawakan Acara dan Contoh Teks Pembawa Acara (MC)
Contoh Pembawa Acara (MC)
Assalamualaikum Wr. Wb.


Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan yang kami hormati, Bapak Wali Kota Kodya Palembang beserta seluruh tamu seruan yang saya muliakan, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala kebaikan yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita bersama, kita sanggup berkumpul di sini.

Pada kesempatan ini, kami atas nama panitia dan keluarga besar MTs Mulia Darma mengucapkan terima kasih setulusnya atas kehadiran Bapak, Ibu, dan hadirin semuanya di Aula MTs Mulia Darma, dalam rangka penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Sebelum menginjak program yang pertama, perkenankan kami, memberikan rangkaian program penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan.

Acara yang pertama yakni pembukaan, lalu dilanjutkan sambutan ketua panitia dan sambutan Wali Kota Kodya Palembang. Selanjutnya yakni program inti, yaitu penyerahan penghargaan Guru Teladan Provinsi Sumatra Selatan oleh Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan. Acara keempat, yaitu kesan dan pesan dari sang Guru Teladan. Acara kelima, yaitu lain-lain. Di pengujung program akan kita tutup dengan doa bersama.

(Selanjutnya, penyampaian program sanggup diperinci sebagai berikut.)

1. Untuk mengawali program kita kali ini, marilah program ini kita buka dengan doa bersama. Berdasarkan keyakinan kita masing-masing, berdoa mulai.

2. Acara selanjutnya yakni sambutan. Sambutan yang pertama yaitu dari ketua panitia, yang akan disampaikan oleh Bapak Ir. Anwar Simatupang. Kepada Bapak Anwar kami persilakan. (setelah sambutan selesai) Terima kasih kepada Bapak Anwar, dan sambutan yang kedua, yaitu oleh Wali Kota Kodya Palembang. Kepada Bapak Wali Kota Kodya Palembang kami persilakan.

3. Hadirin yang terhormat, sekarang tibalah saatnya kita pada program inti, yaitu penyerahan penghargaan guru teladan Provinsi Sumatra Selatan. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Bapak Kepala Depdiknas Provinsi Sumatra Selatan kepada Bapak Drs. Bahri Khaerudin, kepala MTs Mulia Darma Palembang. Kemudian program dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari sang guru teladan. Kepada dia Bapak Kepala Depdiknas dan Bapak Bahri Khaerudin kami persilakan.

4. Demikian tadi program penyerahan penghargaan serta kesan dan pesan yang disampaikan oleh guru teladan Provinsi Sumatra Selatan tahun ini, Bapak Drs. Bahri Khaerudin. Hadiran yang terhormat, menginjak program kita selanjutnya, yaitu lain-lain. Pada program ini kita akan beristirahat sejenak untuk menyaksikan penampilan band “Motivasi” MTs Mulia Darma. Kepada band “Motivasi” dan panitia yang bertugas kami persilakan.

5. Hadirin sekalian, tibalah saatnya kita hingga pada pengujung program ini, yaitu penutup. Sebelum program ini kita tutup, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin yang berkenan mengikuti program ini. Kami atas nama panitia mohon maaf atas segala kekurangan berkaitan dengan pelaksanaan program ini. Akhir kata, marilah program ini kita tutup dengan doa bersama. Hadirin yang terhormat, berdoa dimulai. (setelah doa selesai) Sekian dari kami,

Wassalamualaikum, Wr. Wb.

Cara Membawakan Acara

Membacakan program harus dilakukan dengan baik. Terkadang, sebuah kesuksesan program ditentukan oleh seorang pembawa acara. Maka itu, dalam membawakan sebuah program perlu memerhatikan beberapa hal.

Adapun hal yang perlu kita perhatikan dalam membawakan sebuah program antara lain berikut.

1. Penggunaan bahasa yang santun dan komunikatif.

2. Mengucapkan salam, ucapan terima kasih, serta sapaan dengan tepat.

3. Menyampaikan program sesuai urutan program dengan benar.

4. Menumbuhkan kesan berkomunikasi dengan hadirin atau peserta.

5. Menerapkan intonasi dan artikulasi yang tepat.

Dengan memerhatikan beberapa hal di atas, kalian tentu akan sanggup membawakan program dengan baik.

Baca juga: Cara Menulis Puisi
Sumber https://www.berpendidikan.com

Post a Comment for "Cara Membawakan Program Dan Pola Teks Pembawa Program (Mc)"