Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Transportasi Protozoa

Semua hewan, baik binatang tingkat rendah ataupun tingkat tinggi mempunyai sistem transportasi, namun caranya yang tidak sama-beda alasannya yaitu perbedaan struktur tubuhnya. Sistem transportasi pada binatang mengalami perkembangan secara bertahap, dimulai dari binatang bersel satu sampai binatang bersel banyak. Tentu saja sistem transportasi pada binatang tingkat rendah lebih sederhana kalau dibandingkan dengan sistem transportasi pada binatang tingkat tinggi.

Kali ini kita spesialuntuk akan mengulas terkena Sistem Transportasi Protozoa.

Protozoa berasal dari bahasa Yunani, yaitu protos artinya pertama dan zoon yang artinya hewan. Protozoa umumnya bersifat aerobik (memerlukan oksigen) nonfotosintetik, tetapi beberapa jenis protozoa sanggup hidup di lingkungan yang anaerobik, misalnya di dalam usus insan [baca : Protista Mirip Hewan (Protista)].

Protozoa mempunyai ukuran badan antara 3-1000 mikron. Bentuk tubuhnya bermacam-macam, ada yang menyerupai bola, bundar memanjang, atau menyerupai sandal. Bahkan ada yang bentuknya tidak karuan, juga ada yang mempunyai flagela atau bersilia.

Protozoa bahwasanya tidak termasuk kelompok hewan, melainkan tergolong ke jenis protista menyerupai binatang [baca : Sistem Pencernaan Burung (Aves)]. Protozoa tidak mempunyai alat transportasi khusus alasannya yaitu tubuhnya spesialuntuk tersusun atas satu sel. Akibatnya seluruh acara hidupnya dilaksanakan oleh sel itu sendiri, termasuk proses transportasinya. misal Protozoa yaitu Amoeba dan Paramecium.

Protozoa

Protozoa menyerap oksigen dan air melalui seluruh permukaan tubuhnya. Zat yang diserap tersebut kemudian akan masuk ke dalam plasma sel. Selanjutnya, zat-zat tersebut akan beredar di ala sitoplasma sel melalui proses difusi. Difusi yaitu perpindahan zat dari serius tinggi ke serius rendah [baca : Transpor Zat Melalui Membran Sel]

Senyawa makromolekul yang tidak sanggup berdifusi melalui membran, sanggup masuk melalui proses pinositosis. Proses pinositosis ini yaitu salah satu dari jenis endositosis yaitu molekul akan “ditelan” oleh sel dalam bentuk vakuola (mangkuk) yang kemudian akan dimasukkan ke dalam sitoplasma sel ataupun inti sel.

Zat-zat sisa yang dihasilkan diangkut oleh plasma sel ke membran sel untuk dikeluarkan. Jadi, membran sel berfungsi untuk sebagai daerah pertukaran zat. Zat-zat masuk dan keluar sel melalui membran plasma.


INI artikel kali ini terkena Sistem Transportasi Protozoa, agar sanggup memmenolong kawan-kawan tiruana dalam memahami bahan ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media umum kawan-kawan. Arigatou gozaimasu J

Sumber https://www.softilmu.com

Post a Comment for "Sistem Transportasi Protozoa"